Cara Membuat Peyek Kacang Sederhana

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas cara membuat peyek kacang sederhana. Peyek kacang adalah salah satu makanan ringan yang sangat disukai oleh banyak orang. Rasanya yang renyah dan gurih membuat peyek kacang menjadi camilan yang cocok disantap kapan saja. Nah, untuk Sobat Sederhana yang ingin mencoba membuat peyek kacang di rumah, berikut adalah langkah-langkahnya.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan :

Sebelum membuat peyek kacang, pastikan Sobat Sederhana sudah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan, antara lain :

Bahan
Jumlah
Tepung terigu
250 gram
Kacang tanah
200 gram
Bawang putih (haluskan)
3 siung
Ketumbar bubuk
1 sendok teh
Garam
secukupnya
Air matang
100 ml
Minyak goreng
secukupnya

Cara Membuat Peyek Kacang :

Langkah 1 – Membuat adonan :

Pertama-tama, siapkan wadah yang cukup besar untuk membuat adonan peyek kacang. Campurkan tepung terigu, bawang putih yang sudah dihaluskan, ketumbar bubuk, dan garam. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.

Langkah 2 – Membuat adonan :

Selanjutnya, tambahkan air matang sedikit-sedikit ke dalam adonan tepung terigu sambil diuleni hingga adonan kalis dan tidak lengket di tangan. Setelah adonan siap, diamkan selama 10-15 menit.

Langkah 3 – Membuat kacang goreng :

Panaskan minyak goreng dalam wajan. Setelah minyak panas, masukkan kacang tanah dan goreng hingga matang dan berubah warna menjadi kuning kecoklatan.

Langkah 4 – Membuat peyek kacang :

Setelah kacang matang, tiriskan dan angkat dari minyak goreng. Campurkan kacang goreng ke dalam adonan tepung terigu dan aduk hingga kacang terbalut rata oleh adonan.

Langkah 5 – Memanggang peyek kacang :

Panaskan minyak goreng dalam wajan. Setelah minyak panas, ambil satu sendok makan adonan kacang dan letakkan di atas wajan. Goyangkan wajan hingga adonan menyebar dan membentuk bulatan. Goreng hingga peyek kacang matang dan berwarna kecoklatan. Setelah matang, angkat dari wajan dan tiriskan.

TRENDING 🔥  Cara Masak Ceker Ayam Sederhana

FAQ :

1. Apakah bahan-bahan yang digunakan bisa diubah?

Tentu saja, Sobat Sederhana bisa menyesuaikan bahan-bahan yang digunakan sesuai selera. Misalnya, mengganti tepung terigu dengan tepung jagung atau menambahkan bumbu lain seperti merica atau paprika.

2. Apa yang harus dilakukan jika adonan lengket dan sulit diuleni?

Jika adonan terlalu lengket, tambahkan sedikit tepung terigu. Jangan tambahkan terlalu banyak karena akan membuat peyek kacang terlalu keras.

3. Berapa lama peyek kacang bisa disimpan?

Untuk hasil yang terbaik, peyek kacang sebaiknya langsung disajikan setelah matang. Namun, jika ingin menyimpannya, simpan dalam wadah kedap udara dan jauhkan dari udara lembab agar tidak mudah lembek.

Kesimpulan :

Nah, itulah cara membuat peyek kacang sederhana yang bisa Sobat Sederhana coba di rumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Peyek Kacang Sederhana