Cara Membuat Petticoat Sederhana

Halo Sobat Sederhana, sudahkah kamu memiliki petticoat? Jika belum, jangan khawatir karena kali ini kita akan membahas cara membuat petticoat sederhana yang bisa kamu praktekkan sendiri di rumah. Petticoat adalah salah satu jenis rok dalam yang berfungsi sebagai penyangga atau pemberi volume pada rok utama. Dengan menggunakan petticoat, rok utama akan terlihat lebih penuh dan indah. Yuk, simak caranya di bawah ini.

1. Persiapan Bahan

Sebelum memulai membuat petticoat, ada beberapa bahan yang harus kamu siapkan terlebih dahulu, yaitu:

Nama Bahan
Jumlah
Tulle
3 meter
Karet gelang
1 meter
Kain katun
1 meter
Benang
Sesuai kebutuhan
Spidol
1 buah
Gunting
Sesuai kebutuhan
Pita
Sesuai kebutuhan

Pastikan semua bahan sudah tersedia sebelum memulai membuat petticoat. Selain itu, kamu juga perlu menyiapkan meja kerja yang cukup luas dan bersih untuk memudahkan proses pembuatan.

2. Membuat Bagan Pola

Langkah selanjutnya adalah membuat bagan pola untuk petticoat. Caranya adalah sebagai berikut:

2.1. Mengukur Lingkar Pinggang

Ukur lingkar pinggangmu dengan menggunakan pita meteran. Kemudian tambahkan 5 cm pada hasil pengukuran tersebut dan bagi hasilnya dengan 6. Contoh: lingkar pinggangmu adalah 80 cm, maka (80 + 5) / 6 = 14,1 cm. Bulatkan hasilnya menjadi 15 cm.

2.2. Membuat Pola Lingkaran

Untuk membuat pola lingkaran, siapkan kertas koran atau kertas pembungkus yang cukup besar. Tempelkan spidol di satu ujung kertas dan buat lingkaran dengan jari kaki sebagai pusatnya. Ukur jari kaki untuk menentukan diameter lingkaran. Misalnya: jari kaki = 20 cm. Maka diameter lingkaran = 40 cm.

2.3. Menggambar Pola Petticoat

Tempatkan kertas pola di meja kerja. Lukis lingkaran pada kertas tersebut dengan menggunakan spidol. Kemudian, dari titik tengah lingkaran, buat garis lurus ke bawah sepanjang 65 cm. Garis tersebut akan menjadi panjang petticoat. Setelah itu, buat garis mendatar pada titik 15 cm dari tepi lingkaran. Garis tersebut akan menjadi pinggiran atas petticoat.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Antena Penguat Sinyal HP Sederhana

2.4. Membuat Bagan Pola

Gunting kertas pola sesuai dengan garis yang telah dibuat tadi. Kemudian, buat lubang pada tepi pinggiran atas petticoat dengan jarak sekitar 2 cm. Lubang tersebut akan digunakan untuk menyisipkan karet gelang yang berfungsi sebagai penyangga pada petticoat. Setelah itu, lipat kain katun menjadi empat bagian dan tempelkan kertas pola pada salah satu sisinya. Potong kain katun sesuai dengan bentuk bagan pola tadi. Kamu akan memiliki dua potongan kain katun yang sama.

3. Membuat Pinggiran Atas Petticoat

Setelah memiliki bagan pola, langkah selanjutnya adalah membuat pinggiran atas petticoat. Caranya adalah sebagai berikut:

3.1. Menjahit Potongan Kain Katun

Jahit dua potongan kain katun dengan pola bagan yang sudah kamu buat tadi. Pastikan jahitan benar-benar rapi dan kuat sehingga tidak mudah rusak jika digunakan.

3.2. Memasukkan Karet Gelang

Setelah itu, ambil karet gelang yang sudah disiapkan. Masukkan karet gelang melalui lubang yang ada pada pinggiran atas petticoat. Pastikan karet gelang yang kamu gunakan cukup elastis namun tidak terlalu ketat.

3.3. Menutup Lubang

Setelah karet gelang terpasang pada pinggiran atas petticoat, tutup lubang dengan menjahitnya menggunakan jarum dan benang. Pastikan jahitan benar-benar rapi dan kuat serta tidak mudah terlepas.

4. Membuat Lapisan Tulle

Setelah membuat bagan pola dan pinggiran atas petticoat, langkah selanjutnya adalah membuat lapisan tulle yang akan menjadi penyangga pada petticoat. Caranya adalah sebagai berikut:

4.1. Mengukur Panjang Tulle

Mulailah dengan mengukur panjang tulle yang akan kamu gunakan. Panjang tulle yang dibutuhkan tergantung pada panjang petticoat yang ingin kamu buat. Misalnya: panjang petticoat = 60 cm. Maka panjang tulle yang dibutuhkan adalah (60 + 10) x 3 = 210 cm.

TRENDING 🔥  Cara Sederhana Mengukur Tensi Darah

4.2. Menjahit Tulle

Jahitkan tulle menjadi sebuah lingkaran dengan menggunakan mesin jahit atau tangan. Pastikan jahitan benar-benar rapi dan kuat. Setelah itu, jahitkan tulle pada pinggiran atas petticoat yang sudah kamu buat sebelumnya. Pastikan jahitan benar-benar rapi dan kuat serta tidak terlalu ketat.

5. Finishing

Setelah seluruh tahap pembuatan selesai dilakukan, langkah terakhir adalah melakukan finishing pada petticoat. Caranya adalah sebagai berikut:

5.1. Menjahit Pinggiran Bawah

Jahit pinggiran bawah petticoat dengan menggunakan mesin jahit atau tangan. Pastikan jahitan benar-benar rapi dan kuat serta tidak terlalu ketat.

5.2. Memasukkan Pita

Setelah itu, masukkan pita pada pinggiran bawah petticoat. Pita tersebut berfungsi untuk memberikan sentuhan feminin pada petticoat.

5.3. Menjahit Pita

Akhirnya, jahit pita dengan menggunakan mesin jahit atau tangan. Pastikan jahitan benar-benar rapi dan kuat serta tidak terlalu ketat.

FAQ

1. Apa itu petticoat?

Petticoat adalah salah satu jenis rok dalam yang berfungsi sebagai penyangga atau pemberi volume pada rok utama.

2. Apa bahan yang dibutuhkan untuk membuat petticoat sederhana?

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat petticoat sederhana antara lain tulle, karet gelang, kain katun, benang, spidol, gunting, dan pita.

3. Bagaimana cara membuat bagan pola petticoat?

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk membuat bagan pola petticoat, yaitu mengukur lingkar pinggang, membuat pola lingkaran, menggambar pola petticoat, dan membuat bagan pola.

4. Bagaimana cara membuat pinggiran atas petticoat?

Untuk membuat pinggiran atas petticoat, kamu perlu menjahit potongan kain katun, memasukkan karet gelang, dan menutup lubangnya dengan menjahitnya menggunakan jarum dan benang.

5. Bagaimana cara membuat lapisan tulle pada petticoat?

Untuk membuat lapisan tulle pada petticoat, langkah yang perlu dilakukan adalah mengukur panjang tulle dan menjahit tulle menjadi sebuah lingkaran, kemudian menjahitkan tulle pada pinggiran atas petticoat.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Olahan Tahu Sederhana

6. Apa yang harus dilakukan setelah semua tahap pembuatan petticoat selesai dilakukan?

Setelah semua tahap pembuatan petticoat selesai dilakukan, langkah terakhir adalah melakukan finishing pada petticoat dengan menjahit pinggiran bawah dan memasukkan serta menjahitkan pita.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Petticoat Sederhana