Cara Membuat Pesawat Sederhana IPA

Halo Sobat Sederhana, apakah kamu pernah berpikir untuk membuat pesawat sederhana sendiri? Jangan khawatir, dalam artikel ini kita akan belajar cara membuat pesawat sederhana IPA yang mudah dan menyenangkan. Siapkan bahan dan alat-alatmu dan mari kita mulai!

Bahan-bahan

Untuk membuat pesawat sederhana IPA, kamu membutuhkan bahan-bahan berikut:

Nama Bahan
Jumlah
Kertas karton
1 lembar
Stik es krim
4 buah
Kawat
30 cm
Peniti
2 buah
Lem
secukupnya

Dengan bahan-bahan di atas, kamu sudah siap untuk membuat pesawat sederhana IPA. Tapi sebelum mulai, ada baiknya juga jika kamu mempersiapkan alat-alat berikut:

  • Gunting
  • Pensil
  • Penggaris
  • Alat pemotong kawat

Langkah-langkah

1. Siapkan pola

Langkah pertama dalam membuat pesawat sederhana IPA adalah membuat pola pesawat pada kertas karton. Buatlah pola secara manual dengan menggunakan pensil dan penggaris atau gunakan template pola yang bisa kamu temukan di internet. Setelah itu, potong pola pesawat dengan gunting.

2. Buat sayap

Untuk membuat sayap pesawat, ambil stik es krim dan potong setiap stik menjadi dua dengan alat pemotong kawat. Gunakan empat stik es krim ini sebagai kerangka sayap dan rekatkan dengan lem. Kemudian, berikan lapisan lem di atas kerangka sayap dan tempelkan potongan kertas karton pada setiap sisi sayap. Potong kertas yang menonjol di luar dari sayap menggunakan gunting.

3. Buat badan pesawat

Untuk membuat badan pesawat, ambil kawat dan bengkokkan hingga membentuk kerangka badan pesawat. Tempelkan pola badan pesawat dari kertas karton pada kerangka badan pesawat. Gunakan lem untuk merekatkan kertas karton pada kerangka badan pesawat. Setelah itu, tempelkan sayap pada badan pesawat dan rekatkan dengan lem.

TRENDING 🔥  Cara Menghias Nasi Tumpeng Sederhana

4. Buat ekor pesawat

Untuk membuat ekor pesawat, potong stik es krim menjadi dua dan gabungkan dengan bentuk huruf V. Tempelkan potongan kertas karton pada kerangka ekor pesawat dan rekatkan dengan lem. Setelah itu, pasang ekor pada badan pesawat dan rekatkan dengan lem.

5. Selesai!

Sekarang kamu telah berhasil membuat pesawat sederhana IPA dari bahan yang mudah didapat. Kamu bisa mencoba menghias pesawat dengan cat atau spidol untuk membuatnya lebih menarik.

FAQ

1. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat pesawat sederhana IPA?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat pesawat sederhana IPA tergantung pada pengalaman dan kecepatan kamu dalam membuatnya. Namun, sekitar satu jam sudah cukup untuk membuat pesawat sederhana IPA.

2. Apakah saya perlu pengalaman dalam membuat pesawat sebelum mencoba membuat pesawat sederhana IPA?

Tidak, kamu tidak perlu pengalaman dalam membuat pesawat. Pesawat sederhana IPA adalah proyek yang cocok untuk pemula yang ingin mencoba membuat pesawat sendiri.

3. Apakah saya bisa mengubah desain pola pesawat?

Tentu saja! Kamu bisa mencoba membuat pola pesawat dengan desain yang berbeda sesuai dengan kreativitasmu.

4. Apakah bahan-bahan untuk membuat pesawat sederhana IPA mudah didapat?

Ya, bahan-bahan untuk membuat pesawat sederhana IPA bisa dijumpai dengan mudah di toko-toko serba ada atau bahkan di rumahmu sendiri seperti karton bekas dan stik es krim.

5. Apakah saya bisa menggunakan pesawat sederhana IPA untuk terbang?

Sebenarnya, pesawat sederhana IPA tidak dirancang untuk terbang jauh atau tinggi. Namun, kamu bisa mencobanya dengan melemparkan pesawat secara lembut di udara dan mengamati bagaimana pesawat terbang.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Membuat Pesawat Sederhana IPA