Cara Membuat Pesawat Aeromodelling Sederhana dari Gabus

Halo sobat sederhana! Apakah kamu suka dengan dunia aeromodelling? Kalau iya, maka kamu pasti ingin mencoba membuat pesawat aeromodelling sendiri. Nah, kali ini kita akan belajar cara membuat pesawat aeromodelling sederhana dari gabus.

1. Material dan Alat yang Dibutuhkan

Sebelum memulai pembuatan pesawat aeromodelling, kamu perlu menyiapkan beberapa material dan alat. Berikut ini adalah daftar material dan alat yang perlu disiapkan:

Material
Alat
Gabus
Gunting
Styrofoam
Pensil
Kertas kalkir
Gunting kuku
Plastik tipis
Lem kayu
Stick kayu kecil
Spidol

Setelah semua material dan alat sudah disiapkan, maka langkah selanjutnya adalah mulai membuat pesawat aeromodelling sederhana dari gabus.

2. Membuat Pola Pesawat

Langkah pertama adalah membuat pola pesawat pada gabus. Kamu bisa membuat pola pesawat sendiri atau mencari referensi pola pesawat di internet. Setelah pola pesawat sudah jadi, guntinglah gabus menggunakan gunting dengan hati-hati mengikuti pola yang sudah dibuat.

3. Membuat Sayap Pesawat

Setelah gabus sudah dipotong sesuai dengan pola pesawat, langkah selanjutnya adalah membuat sayap pesawat. Caranya adalah dengan menggunakan styrofoam sebagai bahan untuk sayap. Buatlah pola sayap yang sesuai dengan ukuran pesawat dan potong menggunakan gunting. Setelah itu, tempelkan sayap pada gabus menggunakan lem kayu.

4. Membuat Buntut Pesawat

Langkah selanjutnya adalah membuat buntut pesawat. Sama seperti sayap, bahan yang digunakan untuk membuat buntut pesawat juga styrofoam. Buatlah pola buntut yang sesuai dengan ukuran pesawat dan potong menggunakan gunting. Setelah itu, tempelkan buntut pada gabus menggunakan lem kayu.

5. Menambahkan Roda pada Pesawat

Setelah sayap dan buntut sudah terpasang, selanjutnya adalah menambahkan roda pada pesawat. Kamu bisa menggunakan stick kayu kecil sebagai roda dan plastik tipis sebagai roda pesawat. Potong stick kayu kecil menjadi dua dan tempelkan di bawah pesawat pada bagian depan dan belakang menggunakan lem kayu. Setelah itu, buatlah roda pesawat dari plastik tipis dan tempelkan pada ujung stick kayu yang sudah dipotong.

TRENDING 🔥  Cara Membatik Tulis Sederhana

6. Membuat Rangka Pesawat

Setelah semua bagian sudah terpasang, maka langkah selanjutnya adalah membuat rangka pesawat menggunakan stick kayu kecil. Buatlah rangka pesawat dengan mengukur gabus dan stick kayu kecil yang akan digunakan sebagai rangka. Tempelkan rangka pesawat pada gabus menggunakan lem kayu.

7. Membuat Bilah Elang pada Pesawat

Langkah terakhir adalah membuat bilah elang pada pesawat. Kamu bisa membuat bilah elang dengan cara membuat pola bilah pada kertas kalkir dan memotong gabus menggunakan pola kertas kalkir tersebut. Tempelkan bilah elang pada pesawat menggunakan lem kayu.

FAQ

1. Apa yang harus dilakukan jika pesawat tidak terbang dengan baik?

Jika pesawat tidak terbang dengan baik, maka kamu bisa mencoba untuk memperbaiki bagian sayap atau membawa pesawat ke ahli aeromodelling untuk diperbaiki.

2. Apakah gabus bisa diganti dengan bahan lain?

Ya, gabus bisa diganti dengan bahan lain seperti styrofoam atau kertas karton tipis.

3. Apakah pesawat ini cocok untuk anak-anak?

Ya, pesawat ini cocok untuk anak-anak yang sudah terbiasa dengan dunia aeromodelling.

4. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat pesawat ini?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat pesawat ini tergantung pada tingkat kesulitan dan keahlian kamu dalam dunia aeromodelling. Namun, rata-rata waktu yang dibutuhkan adalah sekitar 2-3 jam.

5. Apakah pesawat ini bisa dipakai untuk kontes aeromodelling?

Ya, pesawat ini bisa dipakai untuk kontes aeromodelling jika sudah terbiasa dan sudah dilengkapi dengan peralatan tambahan yang dibutuhkan.

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Pesawat Aeromodelling Sederhana dari Gabus