Cara Membuat Perkedel Sederhana untuk Sobat Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Apakah kamu suka dengan kuliner? Berbicara soal masakan, siapa yang tidak kenal dengan perkedel? Perkedel adalah salah satu makanan khas Indonesia yang sudah sangat terkenal. Ada banyak cara untuk membuat perkedel, tapi pada artikel kali ini, kita akan membahas cara membuat perkedel sederhana. Simak terus ya!

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum kita memulai membuat perkedel, tentunya kita harus menyiapkan bahan-bahan terlebih dahulu. Berikut ini bahan-bahan yang perlu Sobat Sederhana sediakan:

Bahan
Qty
Kentang
500 gram
Daging cincang
250 gram
Bawang merah iris
5 butir
Bawang putih iris
3 siung
Telor ayam
2 butir
Tepung terigu
2 sendok makan
Garam
secukupnya
Merica bubuk
secukupnya

Setelah Sobat Sederhana menyiapkan semua bahan-bahan di atas, kita bisa mulai ke tahap selanjutnya.

Langkah Membuat Perkedel Sederhana

1. Membuat Adonan Kentang

Langkah pertama yang harus Sobat Sederhana lakukan adalah membuat adonan kentang. Caranya cukup mudah, yaitu dengan memasak kentang hingga matang, lalu haluskan menggunakan tangan atau alat penghalus makanan. Setelah itu, masukkan tepung terigu ke dalam adonan kentang, aduk hingga rata.

2. Membuat Adonan Isi

Langkah berikutnya adalah membuat adonan isi. Pertama-tama, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Setelah itu, masukkan daging cincang ke dalam tumisan bawang, aduk hingga daging berubah warna. Tambahkan garam dan merica bubuk secukupnya. Setelah itu, masukkan telur ayam ke dalam adonan, aduk hingga rata.

3. Membuat Perkedel

Selanjutnya, kita bisa mulai membuat perkedel. Ambil sejumput adonan kentang, pipihkan hingga berbentuk bulat. Letakkan adonan isi di atasnya, lalu rapatkan adonan kentang ke atas dan ke bawahnya hingga berbentuk bulat. Ulangi proses ini hingga adonan habis.

TRENDING 🔥  Cara Buat Inverter Mini Sederhana

4. Menggoreng Perkedel

Terakhir, kita akan menggoreng perkedel yang sudah dibentuk tadi. Panaskan minyak goreng dalam wajan, lalu masukkan perkedel ke dalam minyak goreng. Goreng hingga kuning kecokelatan. Angkat dan tiriskan.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah perkedel sederhana bisa disajikan untuk makan sehari-hari?

Tentu saja bisa. Perkedel sederhana cocok disajikan untuk makan sehari-hari. Bahannya mudah ditemukan dan cara membuatnya juga cukup sederhana.

2. Apakah perkedel sederhana lebih enak daripada perkedel yang biasa?

Rasa enak atau tidaknya perkedel bukan terletak pada rumit atau sederhana cara membuatnya. Namun, itu tergantung pada selera masing-masing. Ada yang lebih suka perkedel sederhana, ada juga yang lebih suka perkedel yang biasa.

3. Apakah kentang bisa diganti dengan sayuran lain saat membuat perkedel?

Bisa. Selain kentang, Sobat Sederhana juga bisa menggunakan sayuran lain seperti ubi atau wortel sebagai bahan dasar perkedel. Namun, perlu diperhatikan bahwa tekstur dan rasa perkedel akan berbeda jika menggunakan bahan yang berbeda.

Penutup

Sekarang, Sobat Sederhana sudah tahu cara membuat perkedel sederhana yang mudah dan enak. Sajikan perkedel ini sebagai lauk pendamping nasi atau sebagai camilan di waktu senggang. Selamat mencoba!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Perkedel Sederhana untuk Sobat Sederhana