Cara Membuat Perkedel Kentang Kornet Keju Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Siapa yang tidak suka dengan perkedel kentang? Makanan yang terbuat dari kentang yang dihaluskan dan dicampur dengan bahan lainnya ini memang punya rasa yang gurih dan nikmat. Apalagi, jika perkedel kentang kami tambahkan dengan kornet dan keju.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Sebelum kami menjelaskan cara membuat perkedel kentang kornet keju, mari persiapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan
Jumlah
Kentang
500 gram
Kornet
1 kaleng
Keju parut
100 gram
Tepung terigu
50 gram
Tepung maizena
50 gram
Bawang putih
3 siung
Garam
secukupnya
Lada
secukupnya
Telur
2 butir
Minyak goreng
secukupnya

Cara membuat

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat perkedel kentang kornet keju yang sederhana:

1. Mengolah kentang

Kupas dan cuci bersih kentang. Potong-potong kentang menjadi bagian yang lebih kecil, kemudian tambahkan air dalam panci dan rebus kentang selama kurang lebih 15 menit hingga empuk. Saring kentang hingga airnya hilang, lalu haluskan dengan garpu atau blender.

2. Membuat adonan perkedel

Setelah kentang halus, campurkan kentang dengan kornet yang sudah dipotong kecil-kecil serta keju parut. Tambahkan tepung terigu dan maizena ke dalam campuran tersebut. Aduk hingga tercampur rata.

3. Membuat perkedel

Tambahkan bawang putih yang sudah dihaluskan ke dalam adonan. Aduk rata kembali. Tambahkan sedikit garam dan lada secukupnya untuk menyesuaikan rasa. Setelah itu, tambahkan telur satu per satu sambil diaduk rata.

Setelah adonan siap, ambil satu sendok makan adonan dan bentuk perkedel seperti bola. Ulangi hingga adonan habis. Setelah itu, panaskan wajan dengan minyak goreng yang cukup banyak. Goreng perkedel hingga kecoklatan dan matang.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Spaghetti Sederhana Tanpa Daging

FAQ

1. Apakah perkedel bisa disimpan dalam kulkas?

Tentu saja bisa. Anda bisa menyimpan perkedel dalam kulkas selama 2-3 hari. Namun, pastikan untuk menggoreng kembali perkedel sebelum dikonsumsi agar tetap garing dan enak.

2. Apakah bisa mengganti kornet dengan daging sapi atau ayam?

Ya, tentu saja bisa. Anda bisa mengganti kornet dengan daging sapi atau ayam yang sudah dihaluskan. Namun, pastikan daging sudah dimasak terlebih dahulu sebelum dicampurkan dengan kentang.

3. Bisakah tepung maizena diganti dengan tepung jagung?

Ya, bisa. Tepung maizena dan tepung jagung memiliki fungsi yang sama dalam adonan perkedel. Jadi, tidak masalah jika anda mengganti maizena dengan jagung.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Membuat Perkedel Kentang Kornet Keju Sederhana