Cara Membuat Periskop Sederhana dari Kardus

Halo Sobat Sederhana, pada kesempatan kali ini kita akan belajar cara membuat periskop sederhana dari bahan kardus yang mudah ditemukan di sekitar kita. Periskop sendiri merupakan alat optik yang digunakan untuk melihat objek di tempat yang sulit dijangkau oleh penglihatan manusia.

Bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai membuat periskop, pastikan kamu sudah menyiapkan bahan-bahan berikut:

Jenis Bahan
Jumlah
Kardus tebal
2 lembar
Kertas kado
1 lembar
Isolasi warna hitam
1 rol
Lem tembak
Secukupnya
Pisau cutter
1 buah

Langkah Pembuatan

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat periskop sederhana dari kardus:

Langkah 1: Potong Kardus

Pertama-tama, potong dua lembar kardus dengan ukuran 30 cm x 15 cm. Potong sisi atas dan sisi bawah kardus sepanjang 2 cm. Setelah itu, lipat kedua sisi kardus yang sudah dipotong dengan sudut 45 derajat seperti pada gambar di bawah ini:

Setelah itu, jepit kedua kardus tersebut dan rekatkan dengan lem tembak. Pastikan kedua kardus saling berhadapan dan membentuk sudut 90 derajat.

Langkah 2: Potong Kertas Kado

Potong kertas kado dengan ukuran 15 cm x 15 cm. Rekatkan ke sisi bawah salah satu kardus yang sudah dilipat tadi dengan lem tembak atau lakban. Pastikan kertas kado menutupi seluruh sisi bawah kardus.

Langkah 3: Beri Isolasi Warna Hitam

Beri isolasi warna hitam pada sisi dalam kedua kardus dengan lebar 2 cm dari tepi sisi dalam. Gunakan pisau cutter untuk memotong isolasi tersebut dengan tepat.

Langkah 4: Pasangkan Isolasi Warna Hitam

Saat sudah menyelesaikan potongan isolasi warna hitam pada kedua kardus, tempelkan kedua sisi dalam kardus yang sudah diberi isolasi warna hitam tersebut pada saat yang bersamaan. Pastikan isolasi tersebut saling bersinggungan dan menempel pada kedua kardus, sehingga tidak ada cahaya yang masuk.

TRENDING 🔥  Cara Pembuatan Es Krim Sederhana

Langkah 5: Tes Periskop

Setelah selesai merakit periskop, tes periskop yang kamu buat dengan memegang periskop tersebut dan melihat objek di sekitarmu. Pastikan periskop yang kamu buat dapat memperlihatkan objek secara jelas.

FAQ

1. Apa kegunaan periskop?

Periskop digunakan untuk melihat objek yang berada di tempat yang sulit dijangkau oleh penglihatan manusia.

2. Apa bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat periskop sederhana?

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat periskop sederhana antara lain kardus, kertas kado, isolasi warna hitam, lem tembak, dan pisau cutter.

3. Apa fungsi isolasi warna hitam pada periskop?

Isolasi warna hitam pada periskop berfungsi untuk menghindari cahaya masuk pada periskop sehingga memperjelas pandangan objek yang terlihat melalui periskop.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Membuat Periskop Sederhana dari Kardus