Cara Membuat Peredam Suara Ruangan Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Pernahkah kamu merasa terganggu dengan suara bising dari luar atau dalam ruangan? Mungkin kita sering mengalami hal tersebut, terutama jika kita tinggal di daerah yang ramai atau di rumah yang memiliki desain interior yang minim peredam suara. Nah, dalam artikel ini, kita akan membahas cara membuat peredam suara ruangan sendiri dengan mudah dan sederhana.

1. Mengapa Penting Membuat Peredam Suara Ruangan?

Sebelum kita belajar cara membuat peredam suara ruangan, penting untuk mengetahui mengapa peredam suara itu penting. Peredam suara berfungsi untuk mengurangi kebisingan yang berasal dari dalam maupun luar ruangan. Dengan adanya peredam suara, kita dapat menciptakan suasana yang tenang dan nyaman di dalam ruangan. Selain itu, peredam suara juga dapat membantu memperbaiki kualitas suara di dalam ruangan, misalnya untuk keperluan rekaman musik atau podcast.

2. Bahan-Bahan untuk Membuat Peredam Suara Ruangan

Untuk membuat peredam suara ruangan sederhana, kita membutuhkan beberapa bahan yang mudah didapatkan, antara lain:

Bahan
Jumlah
Keterangan
Busa Telur
10 lembar
Ukuran 30×30 cm
Kain Perca
10 lembar
Ukuran 30×30 cm
Lem Kayu
1 botol
Paku
10 buah
Tali Rafia
10 meter

3. Cara Membuat Peredam Suara Ruangan

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat peredam suara ruangan sederhana:

Langkah 1: Membuat Bingkai

Buatlah bingkai dari kayu atau triplek dengan ukuran sesuai dengan ukuran busa telur. Pasang paku pada sisi-sisi bingkai untuk menjaga agar busa telur tetap pada posisinya.

Langkah 2: Memotong Busa Telur

Potong busa telur sesuai dengan ukuran bingkai yang telah dibuat.

Langkah 3: Menempelkan Busa Telur ke Bingkai

Oleskan lem kayu pada bagian bingkai yang akan menjadi tempat meletakkan busa telur. Tempelkan busa telur pada lem kayu dan tekan-tekan hingga rapat.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Kartu Ucapan Sederhana

Langkah 4: Memotong Kain Perca

Potong kain perca dengan ukuran yang sama dengan ukuran bingkai.

Langkah 5: Menutup Bingkai dengan Kain Perca

Letakkan bingkai yang telah diberi busa telur di atas kain perca. Lipat kain perca ke dalam bingkai dan rekatkan dengan lem kayu. Tekan-tekan hingga rapat.

4. Frekuensi Pertanyaan Umum

1. Bisakah Busa Telur Diganti dengan Bahan Lain?

Tentu saja. Selain busa telur, kita juga bisa menggunakan bahan-bahan lain yang memiliki kemampuan untuk meredam suara, seperti busa akustik atau karpet peredam suara.

2. Apakah Peredam Suara Ruangan Berpengaruh pada Desain Interior?

Tidak perlu khawatir. Peredam suara ruangan dapat disesuaikan dengan desain interior ruangan agar tidak terlihat mencolok. Kain perca yang digunakan juga dapat dipilih dengan warna-warna yang sesuai dengan tema ruangan.

3. Berapa Biaya yang Dibutuhkan untuk membuat Peredam Suara Ruangan?

Biaya untuk membuat peredam suara ruangan cukup terjangkau. Untuk membuat satu buah peredam suara ruangan sederhana, kita hanya membutuhkan biaya sekitar Rp50.000 hingga Rp100.000, tergantung dari bahan yang digunakan.

4. Apakah Peredam Suara Ruangan dapat Mencegah Kebocoran Suara?

Peredam suara ruangan dapat mengurangi kebisingan yang berasal dari dalam maupun luar ruangan, namun tidak dapat sepenuhnya mencegah kebocoran suara. Untuk mencegah kebocoran suara, kita membutuhkan bahan-bahan dan teknik yang lebih khusus, seperti insulasi suara.

5. Apakah Peredam Suara Ruangan Berbahaya untuk Kesehatan?

Tidak, peredam suara ruangan tidak berbahaya untuk kesehatan. Namun, jika menggunakan busa telur, sebaiknya menggunakan masker saat menggunting atau memotong busa telur untuk menghindari partikel-partikel yang terhirup.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Itulah cara membuat peredam suara ruangan sederhana yang dapat kita coba sendiri di rumah. Selain membuat suasana ruangan menjadi lebih tenang dan nyaman, membuat peredam suara ruangan juga dapat menjadi salah satu alternatif pekerjaan sampingan yang menguntungkan. Selamat mencoba dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

TRENDING 🔥  Cara Bikin Faktur Sederhana di Access 2013

Cara Membuat Peredam Suara Ruangan Sederhana