Cara Membuat Pepes Tongkol Sederhana

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan berbicara tentang cara membuat pepes tongkol sederhana. Pepes adalah hidangan tradisional Indonesia yang biasanya terbuat dari ikan atau daging yang dibungkus dengan daun pisang dan kemudian dipanggang. Namun kali ini kita akan menggunakan tongkol sebagai bahan utamanya.

1. Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai, pastikan bahwa kita sudah menyiapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan, diantaranya:

Bahan
Jumlah
Tongkol
500 gram
Bawang bombay
1 buah
Bawang putih
5 siung
Cabe merah
10 buah
Kunyit
1 ruas jari
Jahe
1 ruas jari
Garam
secukupnya
Gula
secukupnya
Air
secukupnya
Daun pisang
secukupnya

2. Cara Membuat

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat pepes tongkol sederhana:

a. Siapkan Bahan

Pertama-tama, bersihkan dan potong-potong tongkol sesuai dengan selera. Kemudian, iris bawang bombay dan cabai merah agar lebih mudah untuk dihaluskan. Setelah itu, kupas kulit kunyit dan jahe dan cuci bersih. Selanjutnya, haluskan bawang putih, kunyit, jahe, garam, dan gula dengan blender atau ulekan dan campurkan dengan air secukupnya.

b. Tumis Bahan Halus

Setelah bahan halus siap, tumis bawang bombay hingga harum. Kemudian, tambahkan bahan yang sudah dihaluskan tadi dan tumis hingga matang. Jangan lupa untuk terus diaduk agar tidak gosong.

c. Masukkan Tongkol

Setelah bumbu matang, masukkan potongan tongkol dan aduk rata hingga bumbu meresap ke dalam daging tongkol. Masak selama 5-10 menit hingga daging tongkol matang dan empuk.

d. Bungkus dengan Daun Pisang dan Panggang

Setelah daging tongkol matang, siapkan daun pisang dan letakkan setiap potong daging tongkol di atasnya. Bungkus dengan rapi dan panggang di atas api kecil selama kurang lebih 30-40 menit atau hingga matang sempurna.

TRENDING 🔥  Cara Buat 3 Dimensi Sederhana

e. Sajikan

Pepes tongkol siap disajikan. Nikmati hidangan ini bersama nasi putih dan sambal terasi.

3. FAQ

a. Apa saja manfaat dari tongkol?

Tongkol mengandung protein yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, tongkol juga mengandung omega-3 yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan memperbaiki fungsi otak.

b. Apakah bisa menggunakan bahan lain selain tongkol?

Tentu saja. Kita bisa menggunakan ikan atau daging ayam sebagai bahan utama pepes ini.

c. Apakah harus menggunakan daun pisang?

Iya, daun pisang digunakan agar aroma daunnya ikut meresap ke dalam pepes dan memberikan rasa khas pepes yang enak.

4. Kesimpulan

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat Sederhana yang ingin mencoba membuat pepes tongkol sederhana sendiri di rumah. Dengan bahan-bahan yang mudah didapat dan langkah-langkah yang sederhana, kita bisa menikmati hidangan tradisional Indonesia ini dengan mudah. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Pepes Tongkol Sederhana