Cara Membuat Penyaringan Air di Rumah Secara Sederhana dengan Gambar

Halo Sobat Sederhana! Menjaga kesehatan dan kebersihan air yang kita gunakan sehari-hari sangatlah penting. Salah satu cara untuk memastikan air kita bersih adalah dengan membuat penyaringan air di rumah. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara membuat penyaringan air di rumah dengan cara yang sederhana dan mudah untuk diikuti. Simak baik-baik ya!

1. Membuat Rangkaian Penyaringan Air

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat rangkaian penyaringan air. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan
Jumlah
Air Pipa
1 buah
Penyaring Pasir
1 buah
Penyaring Karbon Aktif
1 buah
Wadah Transparan
1 buah
Pipa PVC
beberapa batang
Elbow PVC
beberapa buah
Tee PVC
beberapa buah

Setelah semua bahan tersedia, langkah-langkah selanjutnya adalah:

1.1. Buat rangkaian pipa PVC

Buat rangkaian pipa PVC dengan menggunakan elbow dan tee PVC. Pastikan rangkaian pipa tersebut memiliki ukuran yang sama dengan wadah transparan yang akan digunakan sebagai media penyaringan air.

1.2. Isi penyaring pasir

Isi penyaring pasir ke dalam wadah transparan. Pastikan lapisan pasir tersebut cukup tebal untuk menyaring air dengan baik.

1.3. Isi penyaring karbon aktif

Isi penyaring karbon aktif di atas lapisan pasir. Karbon aktif bertujuan untuk menghilangkan bau dan rasa yang tidak diinginkan pada air.

1.4. Pasang rangkaian pipa PVC

Pasang rangkaian pipa PVC ke dalam wadah transparan dengan menggunakan elbow dan tee PVC. Pastikan pipa tersebut terpasang dengan rapat.

1.5. Cek kebocoran

Cek apakah ada kebocoran pada rangkaian pipa PVC tersebut. Pastikan tidak ada lubang yang bocor agar air tidak keluar dari jalur penyaringan.

2. Memasang Penyaringan Air ke Saluran Pipa

Setelah rangkaian penyaringan air selesai, langkah selanjutnya adalah memasangnya ke saluran pipa. Berikut adalah langkah-langkahnya:

TRENDING 🔥  Cara Pembuatan Jus Jeruk Sederhana

2.1. Pilih tempat yang tepat

Pilih tempat yang tepat untuk memasang penyaringan air. Biasanya, penyaringan air dipasang setelah meteran air atau pada awal jalur pipa masuk ke dalam rumah.

2.2. Potong pipa air

Selanjutnya, potong pipa air dengan ukuran yang sesuai dengan rangkaian pipa yang sudah dibuat sebelumnya. Pastikan potongan pipa tersebut terpasang dengan rapat pada rangkaian pipa PVC penyaringan air.

2.3. Pasang katup

Pasang katup pada pipa air yang sudah dipotong. Hal ini bertujuan untuk memudahkan ketika kita ingin membersihkan penyaringan air di kemudian hari.

2.4. Cek kebocoran

Cek kembali apakah ada kebocoran pada rangkaian pipa penyaringan air yang sudah terpasang pada saluran pipa. Pastikan tidak ada lubang yang bocor agar air tidak keluar dari jalur penyaringan.

3. Cara Menggunakan Penyaringan Air

Setelah penyaringan air sudah terpasang pada saluran pipa, maka langkah selanjutnya adalah menggunakannya. Berikut adalah cara menggunakan penyaringan air:

3.1. Buka katup

Buka katup yang sudah dipasang pada pipa air. Hal ini bertujuan untuk mengalirkan air ke dalam jalur penyaringan.

3.2. Tunggu beberapa menit

Tunggu beberapa menit hingga air mengalir ke dalam wadah transparan penyaringan air. Pastikan air tidak langsung digunakan agar proses penyaringan berjalan dengan baik.

3.3. Gunakan air yang sudah disaring

Setelah beberapa menit, air sudah disaring dan siap digunakan. Gunakan air tersebut untuk keperluan sehari-hari seperti untuk mandi, cuci piring, dan lain-lain.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah penyaringan air bisa menghilangkan bakteri dan virus pada air?

Penyaringan air hanya bisa menghilangkan partikel-partikel besar seperti pasir dan karat pada air. Untuk menghilangkan bakteri dan virus, Anda perlu menggunakan metode penyaringan lain seperti pemakaian klorin atau UV sterilizer.

TRENDING 🔥  Contoh Teks Prosedur Sederhana Cara Memotong Botol Kaca

2. Berapa lama penyaringan air harus diganti?

Penyaringan air harus diganti setiap 3-6 bulan sekali tergantung pada tingkat kekeruhan air di daerah Anda. Jika air di daerah Anda sangat keruh atau kotor, maka penyaringan air harus lebih sering diganti.

3. Apakah penggunaan penyaringan air bisa menghemat biaya bulanan?

Penggunaan penyaringan air bisa menghemat biaya bulanan karena Anda tidak perlu membeli air kemasan atau membayar biaya pemakaian air bersih dari PDAM. Namun, biaya awal untuk membuat penyaringan air bisa cukup mahal tergantung jenis penyaringan air yang digunakan.

Penutup

Demikianlah cara membuat penyaringan air di rumah secara sederhana dengan gambar. Dengan membuat penyaringan air di rumah, kita bisa memastikan air yang kita gunakan bersih dan sehat untuk dikonsumsi. Jangan lupa untuk selalu membersihkan penyaringan air secara rutin agar kinerjanya tetap optimal. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Penyaringan Air di Rumah Secara Sederhana dengan Gambar