Cara Membuat Pentol Udang Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Bagaimana kabarmu hari ini? Kali ini kita akan belajar cara membuat pentol udang sederhana yang enak dan mudah di rumah. Pentol udang adalah salah satu hidangan yang cukup populer di Indonesia. Biasanya, pentol udang disajikan di berbagai acara seperti pernikahan, hajatan atau acara keluarga. Pentol udang ini memiliki cita rasa yang gurih, lezat dan pastinya membuat orang ketagihan. Yuk, simak cara membuatnya di bawah ini.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai cara membuat pentol udang sederhana ini, Sobat Sederhana harus menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu. Berikut ini adalah bahan-bahan yang harus disiapkan:

Bahan
Jumlah
Udang segar
500 gram
Tepung sagu
200 gram
Tepung terigu
50 gram
Bawang putih, haluskan
3 siung
Garam
secukupnya
Gula pasir
1 sendok teh
Kecap manis
1 sendok makan
Air
secukupnya
Minyak goreng
secukupnya

Cara Membuat Pentol Udang Sederhana

1. Bersihkan Udang

Pertama-tama Sobat Sederhana harus membersihkan udang terlebih dahulu. Cuci udang dengan air bersih dan kupas kulitnya. Setelah itu, bersihkan bagian kepala dan ekornya dan belah bagian punggung udang menggunakan pisau kecil. Keluarkan bagian isi udang dengan hati-hati dan jangan sampai ada serat-serat kecil yang tertinggal di dalamnya. Lakukan hal ini hingga semua udang bersih dari serat kecil.

2. Haluskan Udang

Setelah semua udang bersih, haluskan udang yang sudah dipisahkan dari kulit dan serat-serat kecil dengan menggunakan food processor ataupun blender. Haluskan udang sampai benar-benar halus dan tidak ada gumpalan daging udang yang tersisa di dalam adonan.

3. Campurkan Bahan Lainnya

Setelah udang halus, campurkan beberapa bahan lainnya seperti tepung sagu, tepung terigu, bawang putih yang telah dihaluskan, garam, gula pasir, kecap manis dan air. Aduk rata hingga tercampur semua.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Keju Mozarella Sederhana

4. Bentuk Adonan Pentol dan Goreng

Selanjutnya, ambil satu sendok makan adonan pentol udang yang sudah dibuat dan bentuk menjadi bulat-bulat kecil. Panaskan minyak goreng di atas wajan yang anti lengket dan goreng pentol udang hingga matang dan berwarna kecoklatan.

5. Tiriskan dan Sajikan

Terakhir, angkat pentol udang yang sudah matang dari wajan dan tiriskan minyaknya. Sajikan pentol udang dengan saus sambal ataupun saus tomat atau sesuai dengan selera Saudara.

FAQ tentang Cara Membuat Pentol Udang Sederhana

1. Apakah bisa menggunakan udang yang sudah dikupas?

Bisa, tapi sebaiknya menggunakan udang segar agar rasanya lebih enak.

2. Apa bedanya tepung sagu dan tepung terigu?

Tepung sagu biasanya digunakan untuk membuat makanan yang kenyal, seperti pentol atau bakwan, sedangkan tepung terigu biasanya digunakan untuk membuat roti atau kue.

3. Berapa lama pentol udang harus digoreng?

Pentol udang harus digoreng hingga matang dan berwarna kecoklatan. Waktu yang dibutuhkan sekitar 3-4 menit.

4. Apakah bisa dibuat tanpa kecap manis?

Bisa, tapi penggunaan kecap manis memberikan rasa yang khas pada pentol udang.

5. Apakah bisa disimpan dalam freezer?

Bisa, pentol udang bisa disimpan dalam freezer selama 1-2 minggu. Saat akan digunakan, tinggal dicairkan terlebih dahulu dan digoreng kembali.

Kesimpulan

Nah, itu dia cara membuat pentol udang sederhana yang enak dan mudah di rumah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat Sederhana yang ingin mencoba membuat pentol udang sendiri. Selamat mencoba!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya

Cara Membuat Pentol Udang Sederhana