Cara Membuat Penjernih Air Sederhana

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas tentang cara membuat penjernih air sederhana. Air adalah kebutuhan pokok manusia, namun tidak semua air yang kita temukan aman untuk dikonsumsi. Oleh karena itu, diperlukan penjernih air agar air yang kita konsumsi lebih aman dan bersih.

Apa itu Penjernih Air?

Penjernih air adalah alat atau sistem yang digunakan untuk membersihkan air dari kontaminan atau kotoran agar air yang dihasilkan aman untuk dikonsumsi. Biasanya, penjernih air digunakan di daerah yang airnya tercemar atau tidak layak untuk dikonsumsi langsung.

Penjernih air dapat dibuat dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan di sekitar kita, seperti pasir, kerikil, dan arang. Dalam pembuatan penjernih air sederhana, bahan-bahan tersebut dapat digunakan sebagai media penyaringan air.

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Berikut adalah alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat penjernih air sederhana:

Alat
Bahan
Bak Plastik
Pasir
Pipa Plastik
Kerikil
Alat Pengukur
Arang

Cara Membuat Penjernih Air Sederhana

Berikut adalah langkah-langkah dalam membuat penjernih air sederhana:

1. Persiapkan Bahan dan Alat

Siapkan bak plastik, pipa plastik, pasir, kerikil, arang, dan alat pengukur yang diperlukan untuk membuat penjernih air sederhana.

2. Potong Pipa Plastik

Potong pipa plastik menjadi tiga bagian dengan ukuran yang sama. Pastikan potongan pipa memiliki diameter yang sama untuk hasil yang maksimal.

3. Buat Lapisan Penyaringan

Isi pipa plastik pertama dengan arang hingga setengah bagian. Kemudian, tambahkan lapisan pasir pada bagian atas arang hingga pipa penuh setengah bagian. Lakukan hal yang sama pada pipa kedua dan ketiga dengan urutan: kerikil dan pasir.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Buket Coklat Sederhana

4. Sambungkan Pipa Plastik

Sambungkan ketiga pipa plastik yang telah diisi dengan pasir, kerikil, dan arang menggunakan pipa plastik yang lebih besar. Pastikan sambungan pipa rapat agar tidak bocor.

5. Uji Coba Penjernih Air

Setelah penjernih air selesai dibuat, uji coba dengan mencoba menuangkan air kotor ke dalam sistem dan lihat hasilnya. Air yang keluar dari pipa plastik terakhir harus sudah bersih dan aman untuk dikonsumsi.

FAQ

1. Apakah Penjernih Air Sederhana Efektif?

Penjernih air sederhana dapat membersihkan air dari kontaminan dan kotoran, namun tidak selalu efektif dalam membersihkan semua jenis zat yang terkandung di dalam air. Namun, penjernih air sederhana tetap dapat digunakan untuk membersihkan air dan membuatnya lebih aman untuk dikonsumsi.

2. Berapa Lama Media Penyaringan Harus Diganti?

Media penyaringan harus diganti setiap 6 bulan atau ketika sudah terlihat kotor dan mengurangi efektivitas sistem.

3. Dapatkah Penjernih Air Sederhana Digunakan di Daerah yang Airnya Sudah Bersih?

Penjernih air sederhana dapat digunakan di daerah yang airnya sudah bersih untuk meningkatkan kualitas air menjadi lebih baik dan aman untuk dikonsumsi.

Kesimpulan

Penjernih air sederhana dapat dibuat dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan di sekitar kita. Meskipun tidak selalu efektif dalam membersihkan semua jenis zat yang terkandung di dalam air, penjernih air sederhana tetap dapat digunakan untuk membersihkan air dan membuatnya lebih aman untuk dikonsumsi.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Penjernih Air Sederhana