Cara Membuat Penjernih Air dari Bahan Sederhana

Cara Membuat Penjernih Air dari Bahan Sederhana – Jurnal Sobat Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Air adalah sumber daya alam yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Namun, tidak semua air yang tersedia di lingkungan sekitar kita bisa langsung dikonsumsi. Air yang tercemar bisa menyebabkan banyak masalah kesehatan jika diminum. Oleh karena itu, kita perlu melakukan penyaringan pada air yang akan kita konsumsi. Di artikel ini, saya akan berbagi cara membuat penjernih air dari bahan sederhana yang bisa kalian coba sendiri di rumah.

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai, pastikan kalian menyiapkan alat dan bahan-bahan berikut ini:

Alat yang Dibutuhkan
Bahan yang Dibutuhkan
Wadah plastik
Batu kerikil
Wadah keramik
Pasir kasar
Wadah kaca atau plastik bening
Arang kayu
Karung atau kain saring
Batu arang
Infus bekas
Benda-benda yang bisa disaring (misalnya daun teh atau kopi)

Dengan menyiapkan alat dan bahan yang tepat, kita bisa membuat penjernih air dengan mudah dan efektif.

Langkah-Langkah Membuat Penjernih Air

Berikut adalah langkah-langkah mudah yang harus kalian ikuti untuk membuat penjernih air dari bahan sederhana:

1. Persiapan Alat dan Bahan

Pertama-tama, pastikan semua alat dan bahan yang dibutuhkan telah disiapkan. Letakkan batu kerikil di wadah plastik, pasir kasar di wadah keramik, dan arang kayu di wadah kaca atau plastik bening. Taruh juga batu arang di dalam wadah plastik yang sama dengan batu kerikil. Sisihkan infus bekas untuk tahap selanjutnya.

2. Penyaringan Pertama

Ambil wadah yang berisi batu kerikil dan batu arang. Letakkan kain saring di atas wadah tersebut dan saring air melalui kain saring tersebut. Tahap ini bertujuan untuk menghilangkan kotoran-kotoran kasar dalam air.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Pondok Sederhana

3. Penyaringan Kedua

Setelah kotoran-kotoran kasar telah dihilangkan, saring air melalui wadah yang berisi pasir kasar. Tahap ini akan membantu menghilangkan partikel-partikel halus dalam air.

4. Penyaringan Ketiga

Terakhir, saring air melalui wadah yang berisi arang kayu. Tahap ini akan membantu menghilangkan kuman-kuman dan bau tak sedap dalam air.

5. Penyaringan Terakhir

Jika kalian ingin menambahkan rasa pada air yang telah disaring, bisa dilakukan dengan cara menambahkan daun teh atau kopi pada infus bekas. Saring air yang telah ditambahkan dengan daun teh atau kopi tersebut melalui kain saring yang telah disiapkan sebelumnya.

FAQ

1. Apakah penjernih air ini bisa digunakan untuk air kolam renang?

Tidak sebaiknya. Penjernih air ini lebih cocok digunakan untuk air minum sehari-hari. Untuk air kolam renang, sebaiknya menggunakan bahan-bahan khusus yang lebih kuat menghilangkan zat-zat kimia pada air kolam renang.

2. Berapa lama penjernih air dari bahan sederhana ini bisa digunakan?

Penjernih air dari bahan sederhana ini sebaiknya diganti setiap 6 bulan sekali atau ketika air yang keluar dari penjernih terlihat keruh. Pastikan juga untuk membersihkan alat dan bahan yang digunakan secara berkala.

3. Apakah penjernih air ini bisa menghilangkan logam berat dalam air?

Tidak. Penjernih air dari bahan sederhana ini lebih cocok digunakan untuk menghilangkan partikel-partikel halus, kotoran, dan kuman. Untuk menghilangkan logam berat dalam air, sebaiknya menggunakan bahan-bahan khusus yang lebih kuat.

4. Apakah penjernih air ini bisa menghilangkan bau pada air?

Ya. Penjernih air dari bahan sederhana ini dapat membantu menghilangkan bau tak sedap pada air. Pastikan untuk menggunakan arang kayu yang masih segar.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Siomay Sederhana Tanpa Kulit Pangsit

5. Bagaimana cara membuang bahan-bahan yang telah digunakan dalam proses penyaringan?

Jangan membuang bahan-bahan bekas penyaringan ke dalam saluran air atau lingkungan sekitar. Buang bahan-bahan tersebut ke dalam tempat sampah yang tepat atau gunakan kembali menjadi pupuk organik.

Penutup

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian yang ingin membuat penjernih air dari bahan sederhana. Ingatlah untuk selalu menjaga kebersihan air yang akan kita konsumsi. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Penjernih Air dari Bahan Sederhana