Cara Membuat Pengiris Singkong Sederhana

Salam hangat untuk Sobat Sederhana! Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang cara membuat pengiris singkong sederhana. Singkong adalah salah satu makanan pokok di Indonesia yang sering diolah menjadi berbagai macam hidangan. Salah satu olahan singkong yang cukup populer di kalangan masyarakat adalah pengiris singkong. Pengiris singkong yang sederhana namun enak dan gurih dapat menjadi pilihan sebagai antara atau makanan ringan. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat pengiris singkong sederhana:

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai proses pembuatan pengiris singkong, pastikan Anda telah menyiapkan bahan-bahan berikut:

1 kilogram singkong 2 sendok teh garam Air secukupnya

Langkah-langkah Pembuatan

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat pengiris singkong sederhana:

1. Bersihkan Singkong

Bersihkan singkong dari kulit, cabang dan bagian yang tidak diinginkan. Cuci singkong sampai bersih dan potong-potong sesuai dengan keinginan.

2. Rendam Singkong

Rendam singkong yang telah dipotong ke dalam air selama kurang lebih 2-3 jam agar bau singkong tidak terlalu kuat dan warna singkong menjadi putih.

3. Rebus Singkong

Tuangkan air secukupnya di dalam panci dan tambahkan garam. Rebus air hingga mendidih lalu masukkan singkong yang telah direndam. Masak singkong hingga cukup empuk, sekitar 30-45 menit.

4. Tiriskan Singkong

Setelah singkong matang, tiriskan air dan biarkan singkong dingin.

5. Iris Singkong

Iris singkong dengan ketebalan kurang lebih 1-2 cm. Jika ingin pinggiran singkong lurus, gunakan pengiris singkong. Namun, jika tidak memiliki pengiris, gunakan pisau yang tajam.

FAQ: Pertanyaan yang Sering Diajukan

1. Apakah pengiris singkong bisa dibuat dengan gula?

Tidak, pengiris singkong tidak bisa dibuat dengan gula karena pengiris singkong adalah makanan yang gurih dan asin. Tetapi, jika ingin menambahkan rasa manis, bisa disajikan dengan saus manis seperti saus sambal atau saus tomat.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Bumbu Sate Sapi Sederhana

2. Berapa lama pengiris singkong bisa disimpan?

Pengiris singkong dapat disimpan di dalam kulkas selama kurang lebih 3-4 hari.

3. Apa yang terjadi jika singkong tidak direndam terlebih dahulu?

Jika singkong tidak direndam terlebih dahulu, bau singkong akan semakin kuat dan warnanya akan kuning kecoklatan. Selain itu, pengiris singkong juga akan empuk dan mudah hancur.

4. Bisakah singkong diganti dengan ubi jalar?

Ya, singkong dapat diganti dengan ubi jalar untuk membuat pengiris yang juga enak dan lezat.

5. Apakah pengiris singkong harus digoreng?

Tidak, pengiris singkong tidak harus digoreng. Pengiris singkong yang dimasak dengan cara direbus atau dikukus juga enak dan gurih.

Cara Menyajikan

Pengiris singkong yang telah selesai dibuat dapat langsung disajikan sebagai camilan atau sebagai pendamping makanan utama. Sajikan pengiris singkong dengan saus sambal atau saus tomat sebagai pelengkap.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Pengiris Singkong Sederhana