Cara Membuat Penghisap Asap Dapur Sederhana

Hai Sobat Sederhana! Apa kabar? Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat penghisap asap dapur sederhana. Memasak memang sangat menyenangkan, tapi masalahnya adalah asapnya yang sering kusut. Nah, dengan penghisap asap dapur sederhana, masalah ini bisa teratasi. Yuk, simak cara membuatnya!

Bahan-Bahan

Sebelum mulai membuat penghisap asap dapur sederhana, ada beberapa bahan yang perlu disiapkan. Berikut ini adalah bahan-bahannya:

1.
Karung beras bekas
2.
Pisau
3.
Penjepit kain
4.
Paku
5.
Palu
6.
Kawat
7.
Kain bekas
8.
Gergaji

Nah, setelah semua bahan tersebut sudah disiapkan, kita bisa mulai membuat penghisap asap dapur sederhana.

Langkah-Langkah

Berikut ini adalah langkah-langkah membuat penghisap asap dapur sederhana:

1. Siapkan Karung Beras Bekas

Pertama-tama, siapkan karung beras bekas. Bersihkan dan potong bagian atas karung sehingga menjadi sebuah sarung.

2. Buat Lubang di Atas Karung

Setelah karung siap, buatlah sebuah lubang di atas karung. Lubang ini nantinya akan digunakan sebagai tempat keluarnya asap yang dihisap oleh penghisap asap dapur sederhana.

3. Pasang Kawat di Sekeliling Lubang

Pasang kawat di sekeliling lubang untuk mencegah asap masuk ke dalam ruangan saat dipompa keluar. Pastikan kawat tersebut cukup kuat dan bisa menahan asap yang keluar.

4. Buat Pompa Udara

Selanjutnya, buatlah pompa udara dengan menggunakan kain bekas dan kayu. Potong kain bekas menjadi beberapa ukuran dan letakkan di atas kayu. Gunakan penjepit kain untuk menjepit kain tersebut agar kain tidak bergerak saat dipompa.

5. Sambungkan Pompa dengan Karung

Sambungkan pompa udara dengan karung beras bekas yang sudah disiapkan. Gunakan kawat untuk menyambungkan kedua benda tersebut. Pastikan kawat tersebut kuat sehingga tidak mudah putus saat dipakai.

TRENDING 🔥  Tutorial Cara Membuat Proyektor Sederhana

6. Test Seberapa Baik Penghisap Asap Dapur Sederhana yang Sudah Dibuat

Sebelum menggunakan penghisap asap dapur sederhana yang sudah dibuat, test seberapa baik kinerjanya. Nyalakan kompor dan hisap asapnya dengan menggunakan penghisap asap dapur sederhana. Jika kinerjanya baik, artinya penghisap asap dapur sederhana sudah siap dipakai.

Frequently Asked Questions (FAQ)

1. Apa Manfaat dari Membuat Penghisap Asap Dapur Sederhana?

Membuat penghisap asap dapur sederhana sangat bermanfaat untuk mencegah asap masuk ke dalam ruangan dan mengganggu kenyamanan kita saat memasak. Selain itu, penghisap asap dapur sederhana juga bisa membantu mengurangi kotoran di dapur akibat dari asap yang sering menempel di dinding dan plafon.

2. Apakah Sulit Membuat Penghisap Asap Dapur Sederhana?

Tidak sulit. Kamu hanya perlu menyiapkan bahan-bahannya dan mengikuti langkah-langkahnya dengan baik. Penghisap asap dapur sederhana yang dihasilkan pun bisa kamu gunakan kapan saja saat memasak.

3. Apa Saja Bahan yang Diperlukan untuk Membuat Penghisap Asap Dapur Sederhana?

Bahan yang diperlukan untuk membuat penghisap asap dapur sederhana antara lain karung beras bekas, pisau, penjepit kain, paku, palu, kawat, kain bekas, dan gergaji.

4. Apakah Penghisap Asap Dapur Sederhana Bisa Dipakai untuk Kompor Gas dan Kompor Listrik?

Ya, penghisap asap dapur sederhana bisa dipakai untuk kompor gas dan kompor listrik.

5. Apakah Penghisap Asap Dapur Sederhana Harus Diikat ke Plafon?

Tidak harus. Kamu bisa meletakkan penghisap asap dapur sederhana di atas kompor atau tempat yang kamu suka.

Kesimpulan

Nah, itulah cara membuat penghisap asap dapur sederhana yang bisa kamu coba di rumah. Dengan membuat penghisap asap dapur sederhana, kamu bisa memasak dengan nyaman tanpa khawatir asap masuk ke dalam ruangan. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

TRENDING 🔥  Cara Buat APK PC Pencari Sederhana

Cara Membuat Penghisap Asap Dapur Sederhana