Cara Membuat Pengeras Suara Sederhana

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas cara membuat pengeras suara sederhana yang dapat digunakan untuk menguatkan suara pada speaker smartphone atau laptop. Pengeras suara ini sangat mudah dibuat dan dapat digunakan oleh siapa saja dengan biaya yang terjangkau. Mari kita simak langkah-langkahnya!

1. Pilih Bahan Yang Dibutuhkan

Untuk membuat pengeras suara sederhana ini, kita membutuhkan beberapa bahan yang dapat ditemukan di sekitar kita. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan
Jumlah
Botol plastik bekas
1 buah
Pisau cutter
1 buah
Kertas karton bekas
1 lembar
Lem tembak
1 buah
Speaker mini
1 buah

Setelah semua bahan terkumpul, kita bisa mulai membuat pengeras suara sederhana ini.

2. Potong Botol Plastik

Pertama-tama, kita harus memotong botol plastik bekas yang akan digunakan sebagai casing pengeras suara. Caranya, gunakan pisau cutter untuk memotong bagian bawah botol plastik hingga tersisa sekitar 3 cm dari dasar botol. Buatlah potongan yang rapi dan sesuai ukuran speaker mini yang akan kita gunakan.

3. Buat Lubang pada Kertas Karton

Selanjutnya, gunakan kertas karton bekas untuk membuat saluran suara pada pengeras suara ini. Caranya, lipat kertas karton menjadi tiga bagian dan buatlah potongan kecil pada bagian tengahnya. Potongan ini harus sesuai dengan ukuran speaker mini yang kita gunakan.

4. Pasang Speaker Mini

Setelah potongan kertas karton siap, kita bisa meletakkan speaker mini pada bagian bawah botol plastik yang sudah dipotong. Letakkan speaker pada tengah-tengah potongan kertas karton yang sudah dibuat tadi.

5. Pasang Saluran Suara

Selanjutnya, tempelkan potongan kertas karton yang sudah dibuat pada bagian atas speaker mini. Pastikan potongan kertas karton benar-benar menutupi speaker mini dan bagian potongan bawah botol plastik yang sudah dipotong tadi. Tempelkan potongan kertas karton tersebut menggunakan lem tembak.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Lumpia Semarang Sederhana

6. Pasang Casing

Setelah saluran suara terpasang dengan rapi, kita bisa memasukkan speaker mini beserta potongan kertas karton ke dalam botol plastik yang sudah dipotong tadi. Pastikan speaker mini berada di bagian bawah botol dan potongan kertas karton berada di tengah-tengah botol. Tempelkan potongan botol plastik yang sudah dipotong tadi ke bagian atas botol plastik menggunakan lem tembak.

7. Tes Pengeras Suara

Sebelum digunakan, tes terlebih dahulu pengeras suara yang sudah dibuat. Hubungkan speaker mini dengan smartphone atau laptop melalui kabel audio. Pastikan suara yang dihasilkan lebih keras dibandingkan tanpa menggunakan pengeras suara ini. Jika hasilnya sudah memuaskan, pengeras suara sederhana ini siap digunakan.

FAQ

1. Apakah Pengeras Suara Sederhana Ini Bisa Digunakan untuk Semua Jenis Smartphone dan Laptop?

Ya, pengeras suara sederhana ini bisa digunakan untuk semua jenis smartphone dan laptop yang memiliki output audio jack 3.5 mm.

2. Berapa Biaya Yang Dibutuhkan Untuk Membuat Pengeras Suara Sederhana Ini?

Harga bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat pengeras suara sederhana ini sangat terjangkau, sekitar Rp. 20.000 – Rp. 30.000.

3. Apakah Pengeras Suara Sederhana Ini Bisa Digunakan Untuk Kegiatan Outdoor?

Tergantung pada kebutuhan suara yang diinginkan. Namun, pengeras suara sederhana ini lebih cocok digunakan untuk kegiatan indoor karena suara yang dihasilkan tidak terlalu keras.

4. Apa Saja Keuntungan Menggunakan Pengeras Suara Sederhana Ini?

Keuntungan menggunakan pengeras suara sederhana ini adalah biaya yang lebih terjangkau dibandingkan dengan membeli speaker mini yang sudah jadi, mudah dibuat dan dapat digunakan oleh siapa saja tanpa harus memiliki keahlian khusus dalam bidang elektronik.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

TRENDING 🔥  Cara Membuat Mesin Spinner Peniris Minyak Sederhana

Cara Membuat Pengeras Suara Sederhana

https://youtube.com/watch?v=0-Gff9B7gKU