Cara Membuat Pemurnian Air Sederhana

Hello Sobat Sederhana! Air adalah kebutuhan dasar bagi kehidupan manusia. Namun, tidak semua air yang tersedia di sekitar kita sudah bersih dan siap untuk dikonsumsi. Oleh karena itu, dalam artikel ini kita akan membahas tentang cara membuat pemurnian air sederhana agar Sobat Sederhana dapat memperoleh air yang lebih bersih dan aman untuk digunakan. Yuk, simak!

Apa itu Pemurnian Air?

Pemurnian air merupakan proses menghilangkan kotoran, bau, dan rasa yang tidak diinginkan dari air sehingga air menjadi lebih bersih dan aman untuk digunakan. Ada banyak cara untuk melakukan pemurnian air, mulai dari yang sederhana hingga yang kompleks. Namun, dalam artikel ini kita akan membahas tentang cara membuat pemurnian air sederhana yang dapat Sobat Sederhana praktikkan di rumah.

Apa Saja yang Dibutuhkan untuk membuat Pemurnian Air Sederhana?

Bahan
Keterangan
Batuan Arang Aktif
Batuan arang aktif berfungsi untuk menyerap zat-zat kimia yang terdapat pada air
Pasir Silika
Pasir silika berfungsi untuk menyaring kotoran-kotoran kasar pada air
Kerikil Halus
Kerikil halus berfungsi untuk menyaring kotoran-kotoran halus pada air
Botol Plastik Bekas
Botol plastik bekas berfungsi sebagai wadah untuk menyaring air

Cara Membuat Pemurnian Air Sederhana

Langkah 1: Persiapan Alat dan Bahan

Persiapkan alat dan bahan yang diperlukan, yaitu batuan arang aktif, pasir silika, kerikil halus, dan botol plastik bekas.

Langkah 2: Membuat Lapisan Filtrasi

Siapkan botol plastik bekas yang sudah dipotong bagian bawahnya. Letakkan lapisan pasir silika pada bagian bawah botol, kemudian di atasnya letakkan lapisan batuan arang aktif, dan di atas batuan arang aktif letakkan lagi lapisan kerikil halus.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Pop Up Frame Sederhana

Langkah 3: Membersihkan Air

Tuangkan air yang ingin dipurnikan ke dalam botol plastik bekas yang sudah disiapkan. Air akan melewati lapisan batuan arang aktif, pasir silika, dan kerikil halus sehingga kotoran dan zat-zat kimia yang terkandung dalam air dapat disaring.

Langkah 4: Menyimpan dan Menggunakan Air yang Sudah Dipurnikan

Setelah air berhasil dipurnikan, simpan air dalam botol plastik bekas atau wadah yang bersih dan tertutup rapat. Air yang sudah dipurnikan dapat digunakan untuk kebutuhan sehari-hari seperti mandi, mencuci, atau memasak.

FAQ

1. Apakah cara membuat pemurnian air sederhana ini aman digunakan?

Ya, cara membuat pemurnian air sederhana ini aman digunakan karena bahan-bahan yang digunakan merupakan bahan-bahan yang aman dan sudah banyak digunakan dalam industri pemurnian air.

2. Bisakah cara membuat pemurnian air sederhana ini menghilangkan semua zat kimia yang ada di dalam air?

Tidak, cara membuat pemurnian air sederhana ini hanya dapat menghilangkan sebagian zat kimia yang terkandung dalam air. Untuk memperoleh air yang benar-benar murni, dibutuhkan alat pemurni air yang lebih canggih.

3. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memperoleh air yang sudah dipurnikan?

Waktu yang dibutuhkan untuk memperoleh air yang sudah dipurnikan tergantung pada banyaknya air yang ingin dipurnikan.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Itulah cara membuat pemurnian air sederhana yang dapat Sobat Sederhana praktikkan di rumah. Dengan mempraktikkan cara ini, Sobat Sederhana dapat memperoleh air yang lebih bersih dan aman untuk digunakan. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Pemurnian Air Sederhana