Cara Membuat Pempek Sederhana Tanpa Ikan untuk Sobat Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Apa kabar? Pempek adalah makanan khas Palembang yang sudah terkenal di seluruh Indonesia. Namun, tidak semua orang suka dengan aroma dan rasa ikan pada pempek. Nah, bagi Sobat Sederhana yang tidak suka dengan rasa ikan, jangan khawatir! Kali ini Kami akan memberikan resep membuat pempek sederhana tanpa ikan. Yuk, simak pembahasannya di bawah ini.

1. Bahan-bahan untuk membuat pempek sederhana tanpa ikan

Sebelum mencoba membuat pempek sederhana tanpa ikan, tentunya Sobat harus menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan:

Bahan
Jumlah
Tepung sagu
500 gram
Tepung terigu
250 gram
Bawang putih (haluskan)
4 siung
Garam
secukupnya
Air matang
500 ml

Setelah semua bahan tersedia, Sobat Sederhana bisa langsung mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

2. Cara membuat pempek sederhana tanpa ikan

Untuk membuat pempek sederhana tanpa ikan, pertama-tama Sobat Sederhana harus mencampurkan tepung sagu, tepung terigu, bawang putih yang sudah dihaluskan, dan garam. Kemudian, tambahkan air matang sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga adonan tercampur rata.

Setelah adonan tercampur rata, diamkan selama 10-20 menit. Selanjutnya, bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan kecil atau sesuai dengan selera. Jangan lupa untuk membuat lubang di tengah-tengah bulatan adonan agar nantinya bisa diisi dengan saus.

Setelah bulatan adonan jadi, rebus dalam air mendidih hingga bulatan adonan tersebut mengapung. Angkat bulatan adonan dan tiriskan. Pempek sederhana tanpa ikan pun siap disajikan.

3. Tips agar pempek sederhana tanpa ikan lebih enak

Agar pempek sederhana tanpa ikan yang Sobat buat lebih enak, ada beberapa tips yang bisa Sobat lakukan, antara lain:

  1. Gunakan air matang untuk membuat adonan agar hasilnya lebih empuk dan tidak bau amis.
  2. Untuk hasil yang lebih renyah, Sobat bisa menambahkan telur ayam pada adonan.
  3. Jika tidak suka dengan rasa bawang putih yang terlalu kuat, Sobat bisa menambahkan bawang merah yang sudah dihaluskan sebagai pengganti.
  4. Sajikan dengan saus yang disukai. Ada banyak jenis saus yang bisa Sobat coba, seperti saus cuka, saus kecap, atau saus sambal.
TRENDING 🔥  Cara Membuat Jebakan Tokek Sederhana

4. FAQ tentang cara membuat pempek sederhana tanpa ikan

Apakah pempek sederhana tanpa ikan bisa disimpan dalam freezer?

Tentu saja bisa. Setelah pempek sederhana tanpa ikan matang dan ditiriskan, Sobat Sederhana bisa menyimpannya dalam freezer selama maksimal 1 bulan. Sebelum disajikan, pempek sederhana tanpa ikan bisa dioven terlebih dahulu hingga renyah.

Bisa tidak menggunakan tepung terigu dan hanya menggunakan tepung sagu saja?

Sudah pasti bisa. Namun, hasil akhirnya akan berbeda. Jika Sobat menggunakan tepung sagu saja, pempek sederhana tanpa ikan yang dihasilkan akan lebih kenyal dan tidak terlalu renyah.

Apakah pempek sederhana tanpa ikan bisa dijual?

Tentu saja bisa. Bagi Sobat Sederhana yang ingin membuka usaha pempek sederhana tanpa ikan, pastikan untuk memperhatikan kualitas bahan dan rasa yang dihasilkan agar pelanggan semakin tertarik.

5. Kesimpulan

Nah, itulah cara membuat pempek sederhana tanpa ikan yang mudah dan praktis. Dengan mencoba resep di atas, Sobat Sederhana bisa menikmati pempek sederhana tanpa ikan kapan saja tanpa perlu khawatir dengan aroma dan rasa ikan. Selamat mencoba!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Pempek Sederhana Tanpa Ikan untuk Sobat Sederhana