Cara Membuat Pemotong Rumput Sederhana

Cara Membuat Pemotong Rumput Sederhana – Jurnal Artikel

Halo Sobat Sederhana! Pemotong rumput adalah alat yang sangat penting untuk menjaga keindahan taman atau pekarangan rumah kita. Namun sayangnya, alat ini seringkali cukup mahal dan sulit ditemukan di pasaran. Oleh karena itu, pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang cara membuat pemotong rumput sederhana dengan mudah dan efisien. Yuk, simak pembahasan lengkapnya di bawah ini!

Persiapan dan Bahan-bahan

Sebelum memulai proses pembuatan pemotong rumput, ada beberapa persiapan dan bahan-bahan yang harus Sobat Sederhana siapkan. Berikut adalah daftarnya:

No
Bahan-bahan
Jumlah
1
Pisau cukur bekas
1 buah
2
Besi plat
1 lembar
3
Kayu bulat
50 cm
4
Palu
1 buah
5
Paku
3 buah

Selain bahan-bahan di atas, Sobat Sederhana juga memerlukan beberapa peralatan seperti gergaji, bor, dan lem kayu.

Langkah-langkah Pembuatan

Setelah semua bahan dan peralatan sudah siap, maka langkah-langkah pembuatan pemotong rumput sederhana adalah sebagai berikut:

1. Membuat Pegangan

Langkah pertama adalah membuat pegangan untuk pemotong rumput. Caranya adalah dengan membentuk kayu bulat menjadi bentuk seperti pegangan pistol dengan ukuran yang sesuai dengan tangan Sobat Sederhana. Kemudian, pasang pisau cukur bekas pada bagian ujung kayu menggunakan paku dan palu. Pastikan pisau cukur terpasang dengan rapat dan tidak goyah.

2. Membuat Pemotong

Setelah pegangan sudah jadi, langkah selanjutnya adalah membuat bagian pemotong pada pemotong rumput. Caranya adalah sebagai berikut:

a. Potong Besi Plat

Pertama-tama, potong besi plat dengan ukuran 20 x 10 cm menggunakan gergaji. Pastikan potongan besi plat sudah rata dan tidak kasar.

b. Bentuk Besi Plat

Setelah potongan besi plat sudah siap, bentuklah sesuai dengan gambar berikut:

TRENDING 🔥  Cara Mengkilapkan Body Mobil dengan Bahan Sederhana

Pada gambar di atas, bagian yang diberi tanda panah adalah bagian yang harus dilipat dengan sudut 90 derajat. Setelah itu, potong bagian yang tidak diperlukan menggunakan gergaji atau mesin bor. Setelah itu, bentuk kembali bagian pemotong sampai memiliki bentuk seperti pada gambar.

c. Pasang Pemotong pada Pegangan

Setelah bagian pemotong sudah jadi, pasang pada ujung pegangan dengan menggunakan paku dan palu. Pastikan bagian pemotong terpasang dengan kuat dan tidak mudah lepas.

FAQ

Q: Apakah bahan-bahan yang digunakan harus sesuai dengan yang tertera pada tabel?

A: Tidak harus. Sobat Sederhana dapat menggunakan bahan-bahan yang sejenis dan memiliki fungsi yang sama.

Q: Apakah ukuran dan bentuk pemotong harus sama dengan yang tertera pada artikel?

A: Tidak harus. Sobat Sederhana dapat menyesuaikan ukuran dan bentuk pemotong dengan kebutuhan masing-masing.

Q: Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat pemotong rumput sederhana?

A: Waktu yang dibutuhkan tergantung pada tingkat keahlian dan pengalaman Sobat Sederhana. Namun secara umum, waktu yang dibutuhkan tidak lebih dari 2 jam.

Kesimpulan

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Sobat Sederhana dapat membuat pemotong rumput sederhana dengan mudah dan efisien. Selain dapat menghemat uang, pembuatan pemotong rumput juga dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Pemotong Rumput Sederhana