Cara Membuat Pembangkit Listrik Sederhana Menggunakan Batu Batre Bekas

Salam sobat sederhana! Kali ini kita akan membahas cara membuat pembangkit listrik sederhana menggunakan batu batre bekas. Mungkin sebagian dari kita masih merasa sulit untuk memahami teknologi atau bahkan menggunakannya, tapi jangan khawatir! Artikel ini akan membantu sobat sederhana untuk memperoleh pengetahuan dasar tentang pembangkit listrik sederhana.

Pendahuluan

Sebelum kita mulai, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu pembangkit listrik sederhana. Sebenarnya, pembangkit listrik sederhana adalah alat yang dapat menghasilkan listrik dengan sumber daya yang terbatas atau bahkan tanpa sumber daya sama sekali. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara membuat pembangkit listrik sederhana menggunakan batu batre bekas.

Apa itu Batu Batre Bekas?

Batu batre bekas adalah baterai bekas yang sudah tidak dapat digunakan lagi karena sudah habis masa pakainya. Meskipun sudah tidak dapat digunakan lagi, batu batre bekas masih memiliki kandungan bahan kimia tertentu yang dapat digunakan untuk membuat pembangkit listrik sederhana.

Keuntungan Membuat Pembangkit Listrik Sederhana Menggunakan Batu Batre Bekas

Membuat pembangkit listrik sederhana menggunakan batu batre bekas memiliki beberapa keuntungan, antara lain:

  1. Murah dan mudah didapatkan.
  2. Bahan pembuatan mudah didapatkan di sekitar kita.
  3. Memiliki potensi untuk mengurangi penggunaan listrik dari sumber energi yang lebih mahal.

Cara Membuat Pembangkit Listrik Sederhana Menggunakan Batu Batre Bekas

Berikut adalah cara membuat pembangkit listrik sederhana menggunakan batu batre bekas:

Bahan-bahan yang Diperlukan:

No
Bahan
Jumlah
1
Batu batre bekas
4 buah
2
Kawat tembaga
1 meter
3
Kawat besi
1 meter
4
Lem
secukupnya
5
Lampu LED
1 buah
6
Balok kayu
1 buah

Langkah-langkah Pembuatan:

Berikut adalah langkah-langkah pembuatan pembangkit listrik sederhana menggunakan batu batre bekas:

TRENDING 🔥  Cara Membuat Kue Pancong Sederhana

Langkah 1: Persiapan

Persiapkan bahan-bahan yang diperlukan seperti batu batre bekas, kawat tembaga, kawat besi, lem, lampu LED, dan balok kayu. Pastikan bahan-bahan tersebut sudah siap di depan sobat sederhana.

Langkah 2: Potong Batu Batre

Potong batu batre bekas menjadi dua bagian dengan menggunakan gunting. Setelah itu, potong lagi menjadi empat bagian yang sama besar.

Langkah 3: Siapkan Balok Kayu

Siapkan balok kayu sebagai tempat meletakkan batu batre bekas. Pastikan balok kayu telah dibersihkan dari debu atau kotoran yang menempel.

Langkah 4: Buat Lubang pada Balok Kayu

Buat lubang pada balok kayu seukuran dengan batu batre bekas. Lubang tersebut dibuat di tengah balok kayu dan dibuat sebanyak empat buah.

Langkah 5: Masukkan Batu Batre Bekas pada Lubang

Masukkan batu batre bekas ke dalam lubang yang telah disediakan pada balok kayu. Pastikan batu batre bekas telah tertanam dengan kuat pada lubang.

Langkah 6: Sambungkan Kawat pada Batu Batre Bekas

Sambungkan kawat tembaga dan kawat besi pada setiap batu batre bekas. Kawat tembaga dan kawat besi dapat digunakan sebagai konduktor untuk mengalirkan listrik.

Langkah 7: Sambungkan Kawat Tembaga dan Kawat Besi

Sambungkan kawat tembaga dan kawat besi pada batu batre bekas yang bersebelahan hingga terbentuk rangkaian seri. Kemudian, sambungkan kawat yang tersisa pada ujung rangkaian seri pada lampu LED.

Langkah 8: Uji Coba

Uji coba pembangkit listrik sederhana yang telah dibuat dengan memasangkan lampu LED pada ujung rangkaian seri. Pastikan pembangkit listrik sederhana dapat mengalirkan listrik dengan baik sehingga lampu LED dapat menyala.

FAQ

1. Apakah Batu Batre Bekas Berbahaya?

Ya, batu batre bekas mengandung bahan kimia berbahaya seperti asam sulfat. Jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan dan kacamata pelindung saat mengolah batu batre bekas.

TRENDING 🔥  Cara Mendesain Animasi Sederhana

2. Berapa Kapasitas Daya yang Dapat Dihasilkan oleh Pembangkit Listrik Sederhana Ini?

Pembangkit listrik sederhana ini memiliki kapasitas daya yang terbatas, yaitu sekitar 0.5 watt. Namun, pembangkit listrik sederhana ini dapat digunakan untuk mengisi daya ponsel atau benda elektronik lainnya.

3. Apa Saja yang Dapat Digunakan Selain Batu Batre Bekas?

Selain batu batre bekas, Anda juga dapat menggunakan bahan-bahan lain seperti kentang atau lemon. Namun, kapasitas daya yang dihasilkan oleh bahan-bahan tersebut lebih kecil dibandingkan dengan batu batre bekas.

Kesimpulan

Sekarang sobat sederhana telah memahami cara membuat pembangkit listrik sederhana menggunakan batu batre bekas. Dengan pembangkit listrik sederhana ini, sobat sederhana dapat menghemat penggunaan listrik dari sumber energi yang lebih mahal. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati dalam mengolah batu batre bekas karena mengandung bahan kimia berbahaya. Semoga pembahasan ini bermanfaat bagi sobat sederhana!

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Pembangkit Listrik Sederhana Menggunakan Batu Batre Bekas