Cara Membuat Pemantik Api Sederhana

Hello Sobat Sederhana, apakah kamu sering kesulitan saat ingin menyalakan api di saat keadaan darurat? Jika iya, kamu tidak sendirian. Namun, jangan khawatir karena artikel ini akan memberikan tips tentang cara membuat pemantik api sederhana yang dapat kamu gunakan dalam keadaan darurat.

Materi yang Dibutuhkan

Sebelum melakukan pembuatan pemantik api sederhana, ada beberapa materi yang harus kamu persiapkan terlebih dahulu. Materi yang dibutuhkan antara lain adalah:

No
Nama Benda
Jumlah
1
Baterai
1 buah
2
Kawat
2 helai
3
Batu api
1 buah

Dengan mempersiapkan semua materi yang dibutuhkan, kamu sudah siap untuk membuat pemantik api sederhana.

Langkah Pembuatan Pemantik Api

Nah, berikut langkah-langkah pembuatan pemantik api sederhana yang bisa kamu coba di rumah:

1. Siapkan Baterai Sebagai Sumber Energi

Baterai adalah salah satu sumber energi yang dibutuhkan pada pembuatan pemantik api sederhana. Pilih baterai yang masih bagus, baik itu baterai AAA atau AA.

2. Siapkan Kawat

Untuk membuat pemantik api sederhana ini, kamu juga memerlukan kawat. Kawat yang digunakan bisa berupa kawat tembaga atau kawat baja. Pastikan kawat yang digunakan tidak terlalu tipis atau terlalu tebal.

3. Siapkan Batu Api

Batu api adalah benda yang digunakan untuk menciptakan api. Pilih batu api yang bagus dan kuat. Ukuran batu api yang akan digunakan tergantung pada kebutuhan kamu.

4. Hubungkan Kawat dengan Baterai

Pertama-tama, hubungkan kawat dengan baterai. Caranya adalah dengan memasukkan ujung kawat ke sisi positif dan negatif dari baterai. Pastikan kedua ujung kawat tidak bertemu.

5. Hubungkan Kawat dengan Batu Api

Setelah itu, hubungkan kedua kawat yang telah terhubung dengan baterai ke bagian batu api yang keras. Caranya adalah dengan memasukkan kedua ujung kawat terhadap batu api dan kemudian menggosokkan kawat tersebut dengan batu api.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Siomay Sederhana Tanpa Ikan

FAQ (Frequently Asked Questions) tentang Pemantik Api Sederhana

1. Apa yang harus dilakukan jika kawat terlalu tipis dan cepat putus?

Jika kawat yang digunakan terlalu tipis dan cepat putus, kamu bisa menambahkan kawat lain atau memilih kawat yang lebih tebal untuk membuat pemantik api sederhana.

2. Apakah benda lain selain batu api bisa digunakan sebagai sumber api?

Tentu saja. Ada banyak benda lain yang bisa digunakan sebagai sumber api, seperti rokok, korek api, dan lain-lain.

3. Apakah pemantik api sederhana bisa digunakan dalam keadaan darurat?

Ya, pemantik api sederhana bisa digunakan dalam keadaan darurat. Namun, perlu diingat bahwa pemantik api sederhana tidak sekuat dan seefektif pemantik api yang dibeli di toko.

4. Apakah pemantik api sederhana aman digunakan?

Ya, pemantik api sederhana aman digunakan jika kamu menggunakan bahan-bahan yang aman dan memperhatikan keamanan saat menggunakan pemantik api tersebut.

5. Bagaimana cara memadamkan api setelah selesai digunakan?

Untuk memadamkan api, kamu bisa menggunakan pasir atau air. Jangan pernah memadamkan api dengan menggunakan tangan atau bahan yang mudah terbakar.

Kesimpulan

Dari artikel ini, sobat sederhana telah mengetahui cara membuat pemantik api sederhana dengan bahan-bahan yang mudah didapat di sekitar kita. Namun, perlu diingat bahwa pemantik api sederhana tidak sekuat dan seefektif pemantik api yang dibeli di toko. Jangan lupa untuk memperhatikan keamanan saat menggunakan pemantik api sederhana ini.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Pemantik Api Sederhana