Cara Membuat Papan Reklame Sederhana

Selamat datang, Sobat Sederhana! Apakah Anda ingin membuat papan reklame dengan mudah dan sederhana? Pada artikel kali ini, kami akan memberikan 20 langkah mudah untuk membuat papan reklame sederhana yang bisa Anda coba sendiri di rumah. Berikut adalah cara yang dapat Anda ikuti.

1. Siapkan Bahan dan Alat

Sebelum memulai membuat papan reklame, Anda harus menyiapkan bahan dan alat yang diperlukan terlebih dahulu. Beberapa bahan yang harus Anda siapkan adalah triplek, cat, kuas, baut, kabel, dan lampu neon. Adapun alat yang diperlukan antara lain gergaji, bor, obeng, meteran, dan tang.

Setelah semua bahan dan alat sudah disiapkan, Anda siap memulai langkah berikutnya.

2. Ukur dan Potong Triplek Sesuai Ukuran

Pertama-tama, Anda harus mengukur dan memotong triplek sesuai ukuran yang Anda inginkan. Pastikan Anda memotong triplek dengan tepat dan rapi agar papan reklame yang dihasilkan nantinya terlihat bagus.

Setelah triplek dipotong, lanjutkan ke langkah berikutnya.

3. Gambar Desain Papan Reklame

Selanjutnya, Anda perlu membuat desain papan reklame yang ingin Anda buat. Anda bisa menggunakan software desain grafis seperti Adobe Photoshop atau CorelDRAW untuk membuat desain tersebut. Pastikan Anda membuat desain yang menarik dan sesuai dengan tujuan Anda.

Setelah desain selesai dibuat, lanjutkan ke langkah berikutnya.

4. Transfer Desain ke Triplek

Selanjutnya, Anda perlu mentransfer desain yang sudah dibuat ke triplek yang sudah dipotong. Anda bisa menggunakan teknik tracing atau memindahkan desain dengan cara melukisnya langsung pada triplek.

Setelah desain ditransfer, Anda bisa melanjutkan ke langkah berikutnya.

5. Cat Triplek

Setelah desain ditransfer ke triplek, langkah berikutnya adalah mengecat triplek dengan cat yang sudah dipilih sebelumnya. Pastikan Anda mengecat dengan rapi dan merata agar hasilnya terlihat bagus.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Kincir Air untuk Pembangkit Listrik Sederhana

Setelah triplek dicat, biarkan cat kering terlebih dahulu sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.

6. Pasang Lampu Neon

Setelah cat kering, langkah berikutnya adalah memasang lampu neon pada papan reklame. Pastikan Anda memasang lampu neon dengan benar dan sesuai desain agar hasilnya sesuai dengan yang diinginkan.

Setelah lampu neon terpasang, lanjutkan ke langkah berikutnya.

7. Bor Lubang untuk Kabel

Selanjutnya, Anda perlu mengebor lubang pada bagian belakang papan reklame untuk melewatkan kabel. Pastikan Anda mengebor dengan ukuran yang sesuai agar kabel bisa melewati dengan mudah.

Setelah lubang selesai diberikan, lanjutkan ke langkah berikutnya.

8. Pasang Kabel

Setelah lubang diberikan, langkah berikutnya adalah memasang kabel pada papan reklame. Pastikan Anda memasang kabel dengan benar dan aman agar tidak terjadi korsleting pada kabel.

Setelah kabel terpasang, lanjutkan ke langkah berikutnya.

9. Sambungkan Kabel ke Sumber Listrik

Selanjutnya, Anda perlu menyambungkan kabel papan reklame ke sumber listrik. Pastikan Anda menyambungkan dengan benar dan aman agar tidak terjadi korsleting pada kabel.

Setelah kabel terhubung ke sumber listrik, lanjutkan ke langkah berikutnya.

10. Pasang Papan Reklame di Tempat yang Sesuai

Setelah semua bagian sudah dipasang, langkah terakhir adalah memasang papan reklame di tempat yang sesuai. Pastikan papan reklame terpasang dengan kuat dan tidak mudah jatuh agar tidak membahayakan pengguna jalan.

Demikianlah 10 langkah mudah untuk membuat papan reklame sederhana. Tetapi, masih ada beberapa tips tambahan yang dapat membantu Anda dalam membuat papan reklame. Berikut beberapa tips tambahan yang dapat Anda coba:

11. Pilih Jenis Lampu yang Sesuai

Anda dapat memilih jenis lampu yang sesuai dengan desain papan reklame Anda. Beberapa jenis lampu yang sering digunakan pada papan reklame antara lain neon, LED, dan TL.

TRENDING 🔥  Cara Ternak Kambing Sederhana

12. Gunakan Warna yang Kontras

Pilih warna yang kontras agar papan reklame lebih mudah dilihat oleh orang yang melintas. Warna yang kontras juga membuat papan reklame terlihat lebih menarik dan mencolok.

13. Sesuaikan Ukuran Papan Reklame dengan Tempat

Pilih ukuran papan reklame yang sesuai dengan tempat pemasangan. Jangan membuat papan reklame yang terlalu besar atau terlalu kecil untuk tempat yang dituju.

14. Letakkan Papan Reklame pada Tempat yang Strategis

Letakkan papan reklame pada tempat yang strategis agar mudah dilihat oleh banyak orang. Pastikan papan reklame terlihat dari jarak jauh dan dari berbagai sudut pandang.

15. Perhatikan Ketentuan dan Regulasi

Perhatikan ketentuan dan regulasi yang berlaku untuk pemasangan papan reklame. Pastikan papan reklame Anda tidak melanggar peraturan yang ada.

16. Gunakan Teknik Pencahayaan yang Tepat

Anda dapat menggunakan teknik pencahayaan yang tepat agar papan reklame terlihat lebih menarik. Beberapa teknik pencahayaan yang umum digunakan pada papan reklame antara lain backlit, frontlit, dan sidelit.

17. Buat Desain yang Menarik dan Menggugah

Buatlah desain papan reklame yang menarik dan menggugah agar orang tertarik untuk melihatnya. Desain yang menarik juga dapat membantu promosi produk atau jasa yang ditawarkan.

18. Tentukan Tempat Pemasangan yang Sesuai

Tentukan tempat pemasangan yang sesuai agar papan reklame dapat menarik banyak perhatian. Anda dapat memasang papan reklame di dekat tempat usaha atau di jalur yang sering dilalui orang.

19. Jangan Tumpuk Terlalu Banyak Informasi

Jangan tumpuk terlalu banyak informasi pada papan reklame agar mudah dipahami oleh orang yang melintas. Sampaikan informasi yang penting dan menarik saja agar orang tertarik untuk melihat papan reklame.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Program Sederhana Transaksi Penjualan Menggunakan Java Netbeans

20. Perhatikan Kualitas Material yang Digunakan

Perhatikan kualitas material yang digunakan untuk membuat papan reklame. Pastikan material yang digunakan tahan lama dan tidak mudah rusak agar papan reklame dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

FAQ

Pertanyaan
Jawaban
Brapa ukuran ideal papan reklame?
Ukuran ideal papan reklame tergantung pada tempat pemasangan dan jenis usaha yang Anda miliki. Untuk ukuran rata-rata, biasanya papan reklame memiliki panjang sekitar 1-2 meter dan lebar sekitar 0,5 meter.
Bolehkah membuat papan reklame sendiri?
Tentu saja. Anda dapat membuat papan reklame sendiri jika memiliki keterampilan dan alat yang diperlukan.
Berapa biaya yang diperlukan untuk membuat papan reklame?
Biaya yang diperlukan untuk membuat papan reklame tergantung pada ukuran dan bahan yang digunakan. Untuk membuat papan reklame sederhana, biaya yang diperlukan biasanya sekitar 500 ribu hingga 1 juta rupiah.
Bagaimana cara memasang papan reklame?
Anda dapat memasang papan reklame dengan menggunakan baut dan memasangnya pada dinding atau tiang yang kuat. Pastikan papan reklame terpasang dengan benar dan stabil agar tidak membahayakan pengguna jalan.

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda dalam membuat papan reklame sederhana. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Papan Reklame Sederhana

https://youtube.com/watch?v=EaPTii-7Hek