Cara Membuat Pancake Sederhana Tanpa Telur

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat pancake sederhana tanpa telur. Mungkin kamu sedang mencari alternatif resep pancake yang tidak memerlukan telur, baik karena alergi atau karena stok telur di rumah habis. Tenang saja, resep pancake yang akan kita bahas ini sangat mudah dan praktis untuk diikuti. Yuk simak cara membuatnya!

Bahan-bahan

Sebelum memulai membuat pancake, pastikan kamu sudah menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Berikut bahan-bahan yang perlu kamu siapkan:

1. 2 cangkir tepung terigu
6. 1/4 sendok teh baking soda
2. 2 sendok makan gula pasir
7. 2 cangkir air
3. 1 sendok teh baking powder
8. 2 sendok makan margarin, lelehkan
4. 1/2 sendok teh garam
9. Minyak goreng secukupnya
5. 1 1/2 sendok makan cuka putih

Cara Membuat

1. Campurkan Bahan-bahan

Pertama-tama, campurkan tepung terigu, gula pasir, baking powder, baking soda, dan garam dalam sebuah mangkuk. Aduk rata dengan menggunakan whisk atau sendok kayu.

2. Tambahkan Air dan Cuka Putih

Selanjutnya, tambahkan air dan cuka putih ke dalam campuran tepung terigu tadi. Aduk rata hingga tidak ada gumpalan adonan dan tercampur dengan baik.

3. Tambahkan Margarin Cair

Tambahkan margarin yang sudah dilelehkan ke dalam adonan. Aduk rata hingga tercampur dengan baik.

4. Panaskan Wajan

Panaskan wajan anti lengket dengan sedikit minyak goreng. Pastikan wajan sudah cukup panas sebelum memasukkan adonan pancake.

5. Masak Adonan Pancake

Setelah wajan panas, tuang adonan pancake sekitar 1/4 cup atau 60 ml per pancake. Tunggu hingga muncul gelembung kecil di permukaan adonan, kemudian balik pancake dan masak hingga kedua sisinya kecoklatan.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Pukis Sederhana Tanpa Santan

Tips

1. Pastikan Adonan Tidak Terlalu Kental

Agar pancake tidak keras, pastikan adonan tidak terlalu kental. Kamu bisa menambahkan sedikit air jika adonan terlalu kental, atau tepung terigu jika adonan terlalu cair.

2. Panaskan Wajan dengan Baik

Panaskan wajan dengan baik sebelum memasak adonan. Jika wajan tidak cukup panas, pancake akan sulit matang dan bisa melekat di wajan.

3. Balik Pancake dengan Hat-hati

Balik pancake dengan hati-hati agar tidak hancur. Kamu bisa menggunakan spatula untuk membantu membalik pancake.

4. Penyajian

Pancake sederhana tanpa telur ini bisa disajikan dengan berbagai macam topping sesuai selera, seperti madu, gula halus, atau selai. Kamu juga bisa menambahkan irisan buah-buahan untuk memberikan rasa yang lebih segar.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah Pancake Tanpa Telur Bisa Dimakan Oleh Orang yang Alergi Telur?

Ya, pancake tanpa telur bisa dimakan oleh orang yang alergi telur. Namun pastikan juga bahwa bahan-bahan yang digunakan tidak mengandung telur atau bahan-bahan yang mengandung telur.

2. Apakah Pancake Tanpa Telur Lebih Sehat?

Pancake tanpa telur biasanya lebih rendah kolesterol dan kalori dibandingkan pancake dengan telur. Namun, kandungan nutrisi dan kalori tergantung pada bahan-bahan yang digunakan dan cara penyajiannya.

3. Bolehkah Mengganti Margarin dengan Minyak Goreng?

Boleh, kamu bisa mengganti margarin dengan minyak goreng yang lebih sehat. Namun, pastikan minyak yang digunakan tidak terlalu banyak agar pancake tidak terlalu berminyak.

4. Berapa Banyak Pancake yang Dapat Dihasilkan Dari Resep Ini?

Resep pancake ini dapat menghasilkan sekitar 8-10 pancake dengan ukuran sekitar 10 cm.

5. Apa yang Harus Dilakukan Jika Adonan Terlalu Kental?

Jika adonan terlalu kental, kamu bisa menambahkan sedikit air atau susu hingga adonan mencapai konsistensi yang diinginkan.

TRENDING 🔥  Cara Instalasi Alarm Sederhana Rusunawa

Penutup

Itulah cara membuat pancake sederhana tanpa telur yang bisa kamu coba di rumah. Resep ini sangat mudah dan praktis untuk diikuti, baik untuk kamu yang alergi telur atau hanya ingin mencoba variasi resep pancake. Jangan lupa tambahkan topping sesuai selera, dan selamat mencoba!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Pancake Sederhana Tanpa Telur