Cara Membuat Pancake Sederhana di Rumah

Hello Sobat Sederhana! Siapa yang tidak suka dengan pancake? Makanan ini sangat populer dan bisa dijadikan sarapan atau camilan yang enak. Namun, terkadang kita kesulitan mencari pancake yang enak di luar sana. Nah, kali ini kita akan berbagi cara membuat pancake yang sederhana di rumah. Yuk, simak langkah-langkahnya!

Bahan-bahan

Sebelum memulai membuat pancake, pastikan Sobat Sederhana memiliki bahan-bahan di bawah ini:

1 1/2 gelas tepung terigu
1 sendok makan gula pasir
1/2 sendok teh garam
1 1/4 gelas susu cair
1 butir telur
3 sendok makan mentega cair
1 sendok teh baking powder
1/2 sendok teh baking soda

Pastikan semua bahan sudah dalam suhu ruangan.

Langkah Pembuatan

Langkah 1: Mencampurkan Bahan

Pertama-tama, sobat sederhana harus mencampurkan semua bahan seperti tepung terigu, gula pasir, baking powder, baking soda, dan garam dalam sebuah mangkuk besar. Aduk rata.

Langkah 2: Mencampurkan Susu, Telur, dan Mentega

Selanjutnya, sobat sederhana harus mencampurkan susu cair, telur, dan mentega cair dalam sebuah mangkuk kecil. Aduk rata sampai kental.

Langkah 3: Mencampurkan Adonan

Tuang campuran susu ke dalam campuran tepung dan aduk rata hingga tidak ada gumpalan adonan.

Langkah 4: Memanggang Pancake

Setelah campuran adonan siap, panaskan wajan datar dengan api sedang. Oleskan sedikit minyak atau mentega. Tuangkan adonan pancake dengan sendok sayur ke dalam wajan. Tunggu hingga muncul gelembung di permukaan pancake dan bagian bawah pancake berwarna kecoklatan, kemudian balik dan panggang hingga kedua sisi berwarna kecoklatan. Lakukan proses ini terus hingga adonan pancake habis.

Langkah 5: Sajikan

Sajikan pancake di atas piring dan bisa disajikan bersama dengan madu, sirup maple, atau selai.

TRENDING 🔥  Cara Mencari Barang Antik Sederhana

FAQ

1. Apa yang bisa saya gunakan jika tidak punya baking powder?

Anda bisa menggunakan baking soda dan menambahkan sedikit air lemon atau cuka ke dalam campuran adonan sebagai pengganti baking powder. Namun, pastikan takaran yang digunakan sesuai dengan resep untuk menghindari penyebab rasa yang tidak enak.

2. Apakah saya bisa menggunakan susu kedelai sebagai pengganti susu sapi?

Tentu saja bisa! Anda bisa mengganti susu sapi dengan susu kedelai atau susu almond, tapi pastikan takarannya tetap sama seperti resep di atas.

3. Apa yang harus saya lakukan jika pancake saya tidak merata?

Pastikan adonan pancake sudah dicampurkan dengan baik untuk menjamin adonan tercampur rata. Selain itu, jangan terlalu banyak mencampurkan adonan saat proses pengadukan. Biarkan adonan mengembang sendiri di atas wajan saat proses pembuatan pancake agar bisa merata di seluruh bagian.

4. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat pancake?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat pancake sederhana adalah sekitar 30 menit.

5. Bisakah saya menyimpan pancake yang sudah jadi?

Tentu saja. Sobat sederhana bisa menyimpan pancake di dalam kulkas selama 2-3 hari. Jangan lupa untuk memanaskannya kembali sebelum disajikan.

Kesimpulan

Sekarang Sobat Sederhana sudah tahu cara membuat pancake yang sederhana di rumah. Pastikan bahan-bahan yang digunakan dalam kondisi yang baik dan ikuti langkah-langkahnya dengan benar untuk menghasilkan pancake yang sempurna. Selamat mencoba!

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Membuat Pancake Sederhana di Rumah