Cara Membuat Pancake Rumahan Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Siapa yang tidak suka dengan pancake? Makanan yang satu ini memang sangat populer di kalangan semua orang, dari anak-anak hingga dewasa. Walaupun makanan ini berasal dari luar negeri, namun siapa bilang kita tidak bisa membuatnya di rumah dengan mudah?

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum kita mulai membuat pancake rumahan, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu dipersiapkan:

Bahan
Jumlah
Tepung Terigu
200 gram
Gula Pasir
2 sendok makan
Baking Powder
1 sendok teh
Garam
1/4 sendok teh
Telur Ayam
2 butir
Susu Cair
200 ml
Mentega Cair
2 sendok makan
Vanili
1 sendok teh

Pastikan semua bahan sudah tersedia di dapur dan siap digunakan. Setelah itu, mari kita mulai membuat pancake rumahan yang sederhana namun enak ini.

Langkah Pertama: Mencampurkan Bahan Kering

Langkah pertama adalah mencampurkan semua bahan kering seperti tepung terigu, gula pasir, baking powder, dan garam dalam satu wadah. Aduk rata hingga semua bahan tercampur dengan baik.

Memilih Tepung Terigu yang Tepat

Untuk mendapatkan pancake yang lezat, pilihlah tepung terigu yang memiliki kadar protein yang sedang. Tepung terigu dengan kadar protein yang tinggi akan membuat pancake menjadi keras dan kering, sedangkan tepung terigu dengan kadar protein yang rendah akan membuat pancake menjadi terlalu lembut dan mudah hancur.

Menggunakan Baking Powder

Baking powder adalah bahan yang sangat penting dalam pembuatan pancake, karena bahan ini yang akan membuat pancake mengembang dan menjadi empuk. Jangan lupa untuk menggunakan baking powder yang masih segar dan belum kadaluarsa untuk hasil yang maksimal.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Donat Sederhana untuk Sobat Sederhana

Langkah Kedua: Mencampurkan Bahan Basah

Setelah semua bahan kering tercampur dengan baik, langkah selanjutnya adalah mencampurkan semua bahan basah seperti telur ayam, susu cair, mentega cair, dan vanili dalam wadah yang berbeda. Aduk semua bahan hingga tercampur dengan baik.

Memilih Susu Cair

Untuk mendapatkan pancake yang lezat dan lembut, pilihlah susu cair yang memiliki kadar lemak yang tinggi. Susu cair yang memiliki kadar lemak yang rendah akan membuat pancake menjadi keras dan kering.

Langkah Ketiga: Menggabungkan Bahan Kering dan Bahan Basah

Setelah semua bahan tercampur dengan baik, saatnya untuk menggabungkan bahan kering dan bahan basah. Tuang bahan basah ke dalam wadah bahan kering sedikit demi sedikit sambil terus diaduk dengan whisk atau sendok kayu hingga semua bahan tercampur dengan baik dan tidak ada gumpalan.

Tekstur Adonan yang Ideal

Adonan pancake yang ideal harus memiliki tekstur yang sedikit kental namun tidak terlalu padat. Jika adonan terlalu kental, tambahkan sedikit susu cair. Sedangkan jika adonan terlalu encer, tambahkan sedikit tepung terigu.

Langkah Keempat: Membuat Pancake di atas Wajan

Setelah adonan pancake siap, panaskan wajan dengan api sedang dan olesi dengan sedikit mentega. Tuang adonan pancake ke atas wajan secukupnya dan tunggu hingga muncul gelembung kecil di atas permukaan pancake. Setelah itu, balik pancake dan tunggu hingga matang sempurna.

Memilih Wajan yang Tepat

Untuk membuat pancake yang sempurna, pastikan wajan yang digunakan memiliki permukaan yang datar dan anti lengket. Wajan dengan permukaan yang tidak datar akan membuat adonan pancake menyebar tidak merata dan tidak bergelembung dengan baik.

Langkah Kelima: Sajikan Pancake

Setelah semua pancake matang sempurna, angkat dari wajan dan sajikan dengan topping sesuai selera seperti sirup maple, madu, atau buah-buahan segar. Selamat menikmati pancake rumahan sederhana yang enak dan lezat!

TRENDING 🔥  Cara Membuat Seblak Kerupuk Basah Sederhana

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa yang membuat pancake menjadi keras?

Pancake yang keras biasanya disebabkan oleh adonan yang terlalu banyak dipadatkan atau terlalu lama diaduk. Pastikan juga tidak menggoreng pancake terlalu lama.

2. Bagaimana cara membuat pancake tanpa baking powder?

Untuk membuat pancake tanpa baking powder, bisa menggunakan soda kue atau ragi sebagai pengganti. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan bahan pengganti bisa memengaruhi rasa dan tekstur pancake.

3. Apakah susu cair bisa diganti dengan susu bubuk?

Bisa. Namun, pastikan untuk mencampurkan susu bubuk dengan air terlebih dahulu agar teksturnya sama dengan susu cair.

4. Berapa lama pancake bisa disimpan?

Pancake bisa disimpan dalam freezer atau kulkas selama beberapa hari. Namun, pastikan untuk menyimpan pancake dalam kemasan yang kedap udara agar tidak cepat basi.

5. Apa yang bisa dijadikan topping pancake selain sirup maple?

Banyak sekali topping yang bisa dijadikan pilihan, seperti madu, selai kacang, keju, buah-buahan segar, dan lain sebagainya.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Membuat Pancake Rumahan Sederhana