Cara Membuat Orek Tempe Sederhana

Cara Membuat Orek Tempe Sederhana – Jurnal Sobat Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Bagaimana kabar kalian hari ini? Masakan Indonesia memiliki beragam jenis hidangan yang lezat dan mudah untuk dipraktekkan di rumah. Salah satu hidangan yang cukup populer di kalangan masyarakat adalah Orek Tempe Sederhana. Orek tempe ini bisa dijadikan sebagai lauk pauk atau sebagai pelengkap makanan. Jika kalian ingin mencoba membuatnya di rumah, berikut adalah cara membuat orek tempe sederhana yang bisa Sobat Sederhana coba di rumah.

Bahan-Bahan Yang Perlu Disiapkan

Sebelum memasak orek tempe, ada beberapa bahan yang perlu disiapkan terlebih dahulu. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan:

Bahan
Jumlah
Keterangan
Tempe
250 gram
potong dadu
Bawang Merah
5 butir
iris tipis
Bawang Putih
3 siung
iris tipis
Cabe Merah
3 buah
iris serong
Cabe Hijau
3 buah
iris serong
Gula Merah
1/2 buah
serut kasar
Kecap Manis
2 sendok makan
Air
300 ml
Minyak Goreng
secukupnya

Bahan-bahan di atas bisa Sobat Sederhana dapatkan dengan mudah di pasar atau supermarket terdekat. Setelah bahan-bahan sudah disiapkan, mari kita mulai membuat orek tempe sederhana.

Cara Membuat Orek Tempe Sederhana

Berikut adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk membuat orek tempe sederhana:

1. Tumis Bawang Merah dan Bawang Putih

Panaskan minyak goreng di atas wajan. Setelah minyak sudah panas, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum dan matang.

2. Tambahkan Cabe Merah dan Cabe Hijau

Setelah bawang merah dan bawang putih sudah matang, tambahkan cabe merah dan cabe hijau. Aduk-aduk hingga cabe mulai layu dan matang.

TRENDING 🔥  Cara Usaha Pemancingan dan Rumah Makan Sederhana dan Efektif

3. Masukkan Tempe dan Gula Merah

Setelah cabe sudah mulai matang, masukkan tempe yang sudah dipotong dadu ke dalam wajan. Aduk rata hingga tempe tercampur dengan bawang merah, bawang putih, dan cabe. Setelah itu, masukkan gula merah yang sudah diserut kasar. Aduk rata.

4. Tambahkan Air dan Kecap Manis

Tuangkan air dan kecap manis ke dalam wajan. Aduk rata hingga semua bahan tercampur dengan baik.

5. Masak Hingga Kuah Menyusut

Masak orek tempe sederhana hingga kuah menyusut dan tempe matang sempurna. Jangan lupa untuk terus mengaduk agar orek tidak gosong.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Apa Saja Variasi Orek Tempe yang Bisa Dibuat?

Selain orek tempe sederhana, terdapat beragam variasi orek tempe yang bisa Sobat Sederhana coba buat di rumah, seperti orek tempe pedas, orek tempe kacang, atau orek tempe kecap.

Apakah Orek Tempe Sederhana Ini Bisa Disimpan di Kulkas?

Ya, orek tempe sederhana bisa disimpan di kulkas selama kurang lebih 2-3 hari. Sebelum disimpan, pastikan orek sudah dingin terlebih dahulu, kemudian simpan di dalam wadah yang tertutup rapat.

Berapa Kira-Kira Waktu yang Dibutuhkan untuk Membuat Orek Tempe Sederhana?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat orek tempe sederhana kurang lebih 30-45 menit, tergantung dari jumlah bahan yang digunakan dan kecepatan dalam memasak.

Penutup

Itulah cara membuat orek tempe sederhana yang bisa Sobat Sederhana coba di rumah. Orek tempe ini bisa dijadikan sebagai pelengkap makanan atau sebagai lauk pauk. Jangan lupa untuk mencoba variasi orek tempe lainnya. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Orek Tempe Sederhana