Cara Membuat Opor Tahu Sederhana untuk Sobat Sederhana

Hello Sobat Sederhana! Pada kali ini, kami akan membahas tentang resep opor tahu yang sederhana dan mudah untuk dibuat di rumah. Opor tahu merupakan salah satu hidangan yang cocok untuk disajikan di berbagai acara seperti Lebaran, acara keluarga, atau bahkan makan siang atau malam hari. Mari kita simak resepnya!

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Sebelum memulai memasak, Sobat Sederhana perlu menyiapkan bahan-bahan berikut:

Bahan
Jumlah
Tahu kuning
300 gram
Santan kental
500 ml
Bawang putih
4 siung
Bawang merah
5 siung
Kemiri
3 butir
Ketumbar
1 sendok teh
Garam
secukupnya
Gula merah
100 gram
Serai
1 batang
Daun salam
2 lembar
Air
500 ml

Cara Membuat Opor Tahu

Langkah 1: Membuat Bumbu Halus

Langkah pertama dalam membuat opor tahu adalah membuat bumbu halus terlebih dahulu. Sobat Sederhana bisa menyiapkan blender atau ulekan untuk menghaluskan bawang putih, bawang merah, kemiri, dan ketumbar. Setelah itu, tumis bumbu halus hingga harum menggunakan api sedang.

Langkah 2: Menambahkan Santan

Selanjutnya, Sobat Sederhana bisa menambahkan santan ke dalam bumbu yang telah ditumis sebelumnya. Aduk dan masak hingga santan mulai berbuih.

Langkah 3: Menambahkan Garam dan Gula Merah

Setelah santan mulai berbuih, Sobat Sederhana bisa menambahkan garam dan gula merah ke dalam campuran tersebut. Aduk kembali hingga gula merah larut dan campuran tercampur dengan baik.

Langkah 4: Menambahkan Tahu dan Bahan Lainnya

Setelah bumbu dan santan tercampur dengan baik, Sobat Sederhana bisa menambahkan tahu yang telah dipotong-potong menjadi beberapa bagian ke dalam campuran tersebut. Selain itu, bisa juga menambahkan serai yang telah dimemarkan, daun salam, dan air secukupnya ke dalam campuran tersebut. Aduk kembali hingga semua bahan tercampur dengan baik dan masak hingga matang.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Spaghetti La Fonte Sederhana

Langkah 5: Sajikan dan Nikmati

Setelah opor tahu telah matang, angkat dan sajikan pada piring saji. Opor tahu siap dinikmati bersama keluarga atau teman-teman.

FAQ tentang Opor Tahu

1. Apa yang harus dilakukan jika opor tahu terlalu pedas?

Jika opor tahu terlalu pedas, Sobat Sederhana bisa menambahkan santan atau susu ke dalam campuran tersebut. Selain itu, bisa juga menambahkan gula merah atau gula putih untuk mengurangi rasa pedasnya.

2. Apakah tahu yang digunakan harus kuning?

Tidak harus. Sobat Sederhana bisa menggunakan tahu putih atau tahu cokelat jika tidak mendapatkan tahu kuning di pasar atau toko bahan makanan.

3. Apakah daun salam dan serai wajib digunakan?

Tidak wajib, tapi daun salam dan serai dapat memberikan aroma yang khas pada opor tahu. Jika Sobat Sederhana tidak suka, bisa tidak digunakan.

4. Berapa lama opor tahu dapat disimpan?

Opor tahu dapat disimpan dalam lemari es selama 2-3 hari. Namun, sebaiknya dimakan dalam waktu 1-2 hari untuk mendapatkan rasa yang terbaik.

5. Bisakah opor tahu dibuat tanpa santan?

Bisa. Sobat Sederhana bisa membuat opor tahu tanpa santan dengan mengganti santan dengan kaldu sayuran atau kaldu ayam.

Penutup

Demikianlah resep opor tahu sederhana yang bisa Sobat Sederhana coba di rumah. Selamat mencoba dan jangan lupa bagikan resep ini dengan teman-teman atau keluarga lainnya. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Opor Tahu Sederhana untuk Sobat Sederhana