Cara Membuat Nasi Tim Sederhana

Halo Sobat Sederhana, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara membuat nasi tim sederhana. Nasi tim merupakan salah satu menu masakan yang cukup populer di Indonesia. Biasanya, nasi tim disajikan sebagai menu makan siang atau makan malam. Selain rasanya yang lezat, nasi tim juga mudah dibuat dengan bahan-bahan yang sederhana. Yuk, kita simak cara membuat nasi tim sederhana berikut ini!

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai memasak, pastikan sobat sederhana telah menyiapkan semua bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat nasi tim sederhana ini. Berikut adalah bahan-bahan yang sobat sederhana perlukan:

Bahan
Jumlah
Nasi
2 gelas
Ayam cincang
250 g
Telur
3 butir
Wortel
1 buah
Jagung manis
1 buah
Buncis
100 g
Daun bawang
1 batang
Minyak goreng
secukupnya
Garam
secukupnya
Lada
secukupnya
Kaldu ayam
1 sachet

Pastikan sobat sederhana telah menyiapkan semua bahan-bahan tersebut sebelum memulai memasak.

Cara Membuat Nasi Tim Sederhana

Langkah 1: Membuat Nasi Tim

Langkah pertama dalam membuat nasi tim adalah memasak nasi. Cuci bersih beras yang akan dipakai dan masak dengan air secukupnya sampai matang. Setelah matang, angkat nasi dan sisihkan.

Langkah 2: Menggoreng Ayam Cincang

Setelah nasi matang, selanjutnya sobat sederhana bisa menggoreng ayam cincang. Tumis ayam dengan minyak goreng yang telah dipanaskan hingga berubah warna. Setelah ayam cincang matang, angkat dan sisihkan.

Langkah 3: Merebus Telur

Setelah ayam cincang selesai digoreng, selanjutnya sobat sederhana dapat merebus telur. Rebus telur dengan air hingga matang. Setelah matang, kupas telur dan iris menjadi potongan kecil.

Langkah 4: Memotong Sayuran

Setelah bahan-bahan dasar selesai dipersiapkan, selanjutnya sobat sederhana dapat memotong sayuran. Potong wortel, jagung, buncis, dan daun bawang menjadi potongan kecil-kecil.

TRENDING 🔥  Cara Memakai Pashmina Sederhana untuk Sobat Sederhana

Langkah 5: Membuat Nasi Tim

Setelah semuanya siap, selanjutnya sobat sederhana bisa memulai membuat nasi tim. Caranya, campurkan nasi, ayam cincang, telur, dan sayuran dalam satu wadah. Tambahkan garam, lada, dan kaldu ayam secukupnya. Aduk semua bahan hingga tercampur rata.

Langkah 6: Memasak Nasi Tim

Setelah semua bahan tercampur rata, selanjutnya sobat sederhana dapat memasak nasi tim menggunakan teknik pengukusan. Letakkan campuran nasi tim ke dalam wadah dan tutup dengan alumunium foil. Kukus selama 30-45 menit hingga matang.

FAQ

1. Bisa pakai sayuran lain selain wortel, jagung, dan buncis?

Tentu saja. Sobat sederhana bisa mengganti sayuran tersebut dengan sayuran lain yang disukai seperti kacang polong, jamur, atau tomat.

2. Apa pengganti kaldu ayam?

Untuk sobat sederhana yang tidak ingin menggunakan kaldu ayam dapat menggantinya dengan garam dan lada secukupnya.

3. Bisakah nasi tim diolah dengan cara dipanggang?

Bisa. Setelah nasi tim dikukus, sobat sederhana dapat memindahkan nasi tim ke dalam loyang dan memanggangnya dalam oven selama 10-15 menit atau hingga matang.

4. Apa rekomendasi daging selain ayam cincang?

Sobat sederhana dapat menggunakan daging sapi cincang atau ikan cincang sebagai pengganti ayam cincang.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya!

Cara Membuat Nasi Tim Sederhana