Cara Membuat Mobil Remote Control Sederhana

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas tentang cara membuat mobil remote control yang sederhana. Mobil remote control adalah sebuah mainan yang menyenangkan dan bisa mengasah kemampuan dalam membangun dan merakit sebuah alat. Berikut adalah langkah-langkah membuat mobil remote control sederhana.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai pembuatan mobil remote control, berikut adalah beberapa bahan-bahan yang akan dibutuhkan:

No
Nama Bahan
Keterangan
1
Motor DC
2 buah
2
Baterai 9V
1 buah
3
Remote control
1 buah
4
Wheeler
4 buah
5
Body mobil
1 buah
6
Perfboard
1 lembar
7
Solder
Secukupnya
8
Kabel jumper
Secukupnya
9
Double tape
Secukupnya
10
Glue gun
1 buah

Langkah-langkah Pembuatan

Berikut adalah langkah-langkah pembuatan mobil remote control sederhana:

1. Rakit Remote Control

Langkah pertama adalah merakit remote control. Buka casing remote control dan pasang baterai. Kemudian, pasang kabel jumper ke tombol pada remote control, satu kabel jumper untuk satu tombol.

2. Rakit Motor DC

Langkah kedua adalah merakit motor DC. Solder kabel jumper pada motor DC sesuai dengan polaritasnya dan pasang roda pada motor DC. Lakukan langkah yang sama untuk motor DC yang lain.

3. Buat Sirkuit Motor Driver

Langkah ketiga adalah membuat sirkuit motor driver pada perfboard. Sirkuit ini berfungsi untuk mengontrol kecepatan dan arah putaran pada motor DC. Pasang integrated circuit (IC) L298 pada perfboard dan solder semua komponen yang dibutuhkan.

4. Pasang Motor dan Sirkuit pada Body Mobil

Setelah sirkuit motor driver selesai dibuat, pasang motor DC pada body mobil menggunakan double tape. Kemudian, pasang sirkuit motor driver pada body mobil yang sudah dilengkapi motor DC. Sambungkan kabel jumper dari motor DC ke sirkuit motor driver sesuai dengan yang telah diatur pada sirkuit motor driver.

TRENDING 🔥  Cara Buat Mesin Cetak Bakso Sederhana

5. Pasang Remote Control pada Body Mobil

Langkah terakhir adalah memasang remote control pada body mobil. Letakkan remote control pada bagian atas body mobil dan sambungkan kabel jumper dari remote control ke sirkuit motor driver.

FAQ

Apa saja yang harus diperhatikan saat membuat mobil remote control?

Hal yang perlu diperhatikan saat membuat mobil remote control adalah pemilihan bahan-bahan yang berkualitas dan perencanaan pembuatan yang matang. Pastikan juga semua komponen yang dipasang sudah terhubung dengan benar.

Berapa waktu yang dibutuhkan untuk membuat mobil remote control?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat mobil remote control tergantung pada pengalaman dan keterampilan seseorang dalam merakit sebuah alat. Namun, untuk membuat mobil remote control sederhana seperti yang dijelaskan di atas, waktu yang dibutuhkan sekitar 3-4 jam.

Apakah mobil remote control bisa digunakan untuk balapan?

Tentu saja! Mobil remote control yang Anda buat bisa digunakan untuk balapan bersama teman-teman. Pastikan mobil remote control yang dibuat sudah terhubung dengan remote control dengan benar dan bisa berjalan dengan baik.

Penutup

Nah Sobat Sederhana, itulah cara membuat mobil remote control sederhana yang bisa Anda coba di rumah. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Mobil Remote Control Sederhana