Cara Membuat Mixer Adonan Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Bagi Anda yang gemar memasak, khususnya membuat kue, pasti membutuhkan mixer untuk mengaduk adonan dengan baik. Namun, tidak semua orang memiliki mixer terbaik dan tercanggih. Oleh karena itu, kali ini kita akan membahas cara membuat mixer adonan sederhana yang bisa Anda coba sendiri di rumah.

Bahan dan Alat yang Dibutuhkan

Sebelum memulai proses pembuatan mixer adonan, pastikan Anda telah menyiapkan bahan dan alat yang diperlukan di bawah ini:

Bahan
Jumlah
Motor listrik bekas
1 buah
Batang besi dengan diameter 8 mm
2 buah, masing-masing berukuran 25 cm dan 12 cm
Baut dan mur
Beberapa buah
Kawat baja atau stainless steel
1 meter
Papan kayu
1 buah, ukuran 20 x 30 cm
Pasir kasar
Secukupnya
Plat besi setebal 1,5 mm
1 buah, ukuran 10 x 15 cm
Lem besi atau pengelasan
Secukupnya

Adapun alat yang diperlukan antara lain:

  • Bor
  • Obeng
  • Pisau
  • Penggaris
  • Pensil
  • Gergaji besi
  • Alat pengukur sudut
  • Alat las atau solder

Langkah-Langkah Pembuatan Mixer Adonan

Berikut adalah langkah-langkah pembuatan mixer adonan sederhana:

1. Siapkan Motor Listrik Bekas

Langkah pertama adalah menyiapkan motor listrik bekas sebagai penggerak mixer adonan. Pastikan motor listrik yang Anda gunakan masih dalam kondisi baik dan bisa dioperasikan dengan lancar.

2. Potong Batang Besi

Selanjutnya, potong batang besi dengan diameter 8 mm menjadi dua bagian dengan ukuran yang berbeda, yaitu 25 cm dan 12 cm. Bagian yang lebih panjang akan digunakan sebagai penggerak dan bagian yang lebih pendek sebagai pengaduk.

3. Buat Pegangan Penggerak

Untuk membuat pegangan penggerak, bentuk ujung batang besi yang lebih panjang dengan membengkokkan sekitar 2 cm di ujungnya. Kemudian, potong bagian ujung yang membengkok dengan gergaji besi agar terlihat rapi.

TRENDING 🔥  Cara Menjahit Blouse Model Sederhana

4. Buat Pengaduk

Buat pengaduk dengan cara membelah batang besi yang lebih pendek di tengah-tengah hingga membentuk sudut 90 derajat. Lalu, bengkokkan ujung batang besi menjadi bentuk L yang akan digunakan sebagai pengaduk.

5. Pasang Penggerak dan Pengaduk

Selanjutnya, pasang penggerak dan pengaduk pada motor listrik bekas dengan menggunakan baut dan mur. Pastikan keduanya terpasang dengan kuat dan stabil.

6. Buat Meja untuk Mixer Adonan

Siapkan papan kayu dengan ukuran 20 x 30 cm sebagai meja untuk mixer adonan. Untuk membuatnya, potong kayu sesuai ukuran dan ratakan permukaannya dengan amplas. Lalu, letakkan penggerak dan pengaduk pada papan kayu dan tandai posisi baut dan mur untuk dipasang pada meja.

7. Pasang Motor pada Meja

Pasang motor listrik yang telah terpasang penggerak dan pengaduk pada meja kayu dengan menggunakan baut dan mur yang telah ditandai sebelumnya. Pastikan motor terpasang dengan kuat dan tidak bergoyang.

8. Buat Penyangga Mixer Adonan

Untuk mendukung mixer adonan agar tidak bergoyang saat digunakan, buat penyangga dari plat besi setebal 1,5 mm dengan ukuran 10 x 15 cm. Setelah itu, pasang penyangga pada meja kayu menggunakan lem besi atau pengelasan.

9. Letakkan Pasir pada Meja

Setelah semua bagian terpasang dengan baik, letakkan pasir kasar pada meja kayu sekitar 2-3 cm agar mixer adonan lebih stabil saat digunakan. Selesai!

FAQ

1. Bisakah saya menggunakan bahan-bahan lain selain yang tertera di atas?

Tentu saja! Anda bisa menggunakan bahan yang lebih mudah didapat atau lebih sesuai dengan kebutuhan Anda.

2. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat mixer adonan sederhana?

Waktu yang dibutuhkan tergantung pada pengalaman dan keterampilan Anda. Namun, dengan keahlian dasar, biasanya membutuhkan waktu sekitar 2-3 jam.

TRENDING 🔥  Cara Menghilangkan Bekas Bintik di Tangan dengan Jara Sederhana

3. Apa yang harus dilakukan jika mixer adonan tidak bekerja dengan baik?

Jika mixer adonan tidak bekerja dengan baik, periksa kembali setiap bagian dan pastikan semuanya terpasang dengan kuat dan stabil. Jangan ragu untuk mengulang lagi dari awal jika perlu.

4. Apakah mixer adonan sederhana ini cukup kuat untuk mengaduk adonan kue yang keras?

Iya, meskipun sederhana, mixer adonan ini mampu untuk mengaduk adonan kue yang keras dengan baik.

5. Bagaimana cara membersihkan mixer adonan sederhana ini?

Setelah digunakan, bersihkan mixer adonan dengan menggosokkan spons basah dan sedikit sabun pencuci piring. Setelah itu, bilas dengan air bersih dan keringkan dengan lap kering. Pastikan mixer adonan dalam keadaan mati dan terlepas dari soket listrik sebelum dibersihkan.

Kesimpulan

Semoga pembahasan tentang cara membuat mixer adonan sederhana di atas bermanfaat bagi Anda, terutama bagi yang ingin membuat mixer adonan sendiri di rumah. Dengan adanya mixer adonan sederhana ini, Anda bisa mengaduk adonan kue dengan lebih mudah dan praktis tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar. Selamat mencoba!

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Mixer Adonan Sederhana