Cara Membuat Mikrometer Sekrup Sederhana

Halo Sobat Sederhana, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara membuat mikrometer sekrup sederhana. Mikrometer sekrup adalah alat ukur yang biasa digunakan untuk mengukur benda dengan ketelitian tinggi. Dalam pembuatan mikrometer sekrup sederhana ini, kita akan memerlukan beberapa bahan dan peralatan yang mudah didapatkan di sekitar kita. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Alat dan Bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai pembuatan mikrometer sekrup sederhana, pastikan bahwa kamu sudah menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan. Berikut ini adalah daftar alat dan bahan yang akan dibutuhkan:

Alat
Bahan
Sekrup
Besi kotak berukuran 5×5 cm
Lem tembak
Plat aluminium berukuran 2×2 cm
Mikrometer manual
Bolt dan mur
Pisau
Kancing baju

Dengan menyiapkan semua bahan dan alat yang dibutuhkan, kamu siap untuk memulai pembuatan mikrometer sekrup sederhana.

Langkah-langkah Pembuatan Mikrometer Sekrup Sederhana

1. Potonglah bahan yang digunakan

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memotong besi kotak berukuran 5×5 cm menggunakan pisau. Setelah itu, potong plat aluminium berukuran 2×2 cm dengan ukuran yang sama seperti besi kotak yang sudah dipotong.

2. Pasang plat aluminium pada besi kotak

Lakukan pemasangan plat aluminium pada besi kotak menggunakan lem tembak. Pastikan agar plat aluminium pas di atas besi kotak dengan rapi.

3. Pasang bolt dan mur pada sesi bawah mikrometer

Sekarang kamu siap untuk memasang bolt dan mur pada sesi bawah mikrometer. Pasang bolt pada bagian tengah besi kotak dan pasang mur pada salah satu sisi besi kotak. Pastikan bahwa bolt dan mur pas di atas besi kotak.

4. Pasang sekrup pada sesi atas mikrometer

Pasang sekrup pada sesi atas mikrometer pada salah satu sisi besi kotak. Sekrup harus pas di atas plat aluminium yang sudah dipasang sebelumnya.

TRENDING 🔥  Cara Buat Desain Brosur atau Pamflet Sederhana tapi Bagus untuk Sobat Sederhana

5. Pasang kancing baju pada sesi atas mikrometer

Pasang kancing baju pada sesi atas mikrometer di atas sekrup. Pastikan kancing baju pas di atas sekrup dengan rapi.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa kegunaan mikrometer sekrup?

Mikrometer sekrup adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur benda dengan ketelitian tinggi. Biasanya digunakan di laboratorium atau di pabrik yang memproduksi barang dengan ketelitian tinggi, seperti komponen elektronik atau peralatan medis.

2. Apakah pembuatan mikrometer sekrup sederhana sulit dilakukan?

Tidak, pembuatan mikrometer sekrup sederhana cukup mudah dilakukan jika kamu sudah menyiapkan semua bahan dan alat yang dibutuhkan.

3. Berapa ketelitian mikrometer sekrup sederhana?

Ketelitiannya tergantung pada ukuran sekrup yang digunakan. Semakin kecil ukuran sekrup, semakin tinggi ketelitiannya.

Penutup

Demikian artikel tentang cara membuat mikrometer sekrup sederhana. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, kamu dapat membuat alat ukur ini dengan mudah dan tidak membutuhkan biaya yang besar. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Mikrometer Sekrup Sederhana