Cara Membuat Mie Tek Tek Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat mie tek tek sederhana yang bisa kamu coba di rumah. Mie tek tek merupakan salah satu jajanan khas dari Jawa Timur yang terbuat dari tepung terigu dan dicampur dengan bumbu yang gurih. Selain rasanya yang enak, mie tek tek juga mudah dibuat dan cocok dijadikan sebagai camilan saat kumpul bersama keluarga.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum mulai membuat mie tek tek, pastikan kamu sudah menyiapkan bahan-bahan berikut:

Bahan
Jumlah
Tepung terigu
500 gram
Garam
1 sendok teh
Kaldu ayam bubuk
1 sendok teh
Air matang
250 ml
Minyak goreng
secukupnya

Setelah semua bahan sudah disiapkan, selanjutnya kita bisa mulai membuat mie tek tek sederhana.

Cara Membuat Mie Tek Tek Sederhana

Berikut adalah langkah-langkah yang perlu kamu ikuti untuk membuat mie tek tek sederhana:

1. Campurkan Tepung Terigu dengan Garam dan Kaldu Ayam Bubuk

Pertama-tama, tuang tepung terigu ke dalam sebuah wadah. Tambahkan garam dan kaldu ayam bubuk ke dalam tepung terigu, kemudian aduk hingga semua bahan tercampur sempurna.

2. Tambahkan Air Matang Secara Perlahan

Selanjutnya, tambahkan air matang ke dalam campuran tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan. Jangan terlalu banyak menambahkan air agar adonan tidak terlalu cair. Aduk adonan sampai tercampur rata dan tidak ada gumpalan tepung.

3. Diamkan Adonan Selama 30 Menit

Setelah adonan sudah tercampur rata, diamkan adonan selama 30 menit agar adonan lebih kenyal dan mudah diolah.

4. Rebus Air dan Masukkan Adonan Mie Tek Tek

Setelah adonan sudah didiamkan selama 30 menit, siapkan panci dan isi dengan air matang. Masukkan adonan mie tek tek ke dalam panci, kemudian rebus selama 5-7 menit hingga matang.

TRENDING 🔥  Cara Menyaring Air Keruh Menjadi Jernih Secara Sederhana

5. Tiriskan dan Taburi Minyak Goreng

Setelah mie tek tek matang, tiriskan air rebusannya dan biarkan mie tek tek sedikit dingin. Setelah itu, taburi mie tek tek dengan minyak goreng supaya tidak lengket dan lebih gurih.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah bisa membuat mie tek tek tanpa kaldu ayam bubuk?

Tentu saja bisa. Kaldu ayam bubuk hanya ditambahkan untuk memberi rasa gurih pada mie tek tek. Jika kamu tidak suka atau tidak punya kaldu ayam bubuk, kamu bisa tidak menambahkannya.

2. Bagaimana cara membuat mie tek tek menjadi lebih renyah?

Untuk membuat mie tek tek menjadi lebih renyah, kamu bisa menambahkan sedikit air es saat mengaduk adonan. Selain itu, pastikan mie tek tek sudah didiamkan selama cukup lama dan diolah dengan cara yang tepat agar matang secara merata.

3. Bisakah mie tek tek disimpan dalam kulkas?

Bisa, namun mie tek tek akan menjadi lebih kering dan keras. Sebaiknya, jika tidak langsung dikonsumsi, mie tek tek bisa disimpan dalam wadah tertutup di suhu ruangan.

Penutup

Selamat, Sobat Sederhana! Kamu sudah berhasil membuat mie tek tek sederhana dan enak. Mie tek tek bisa menjadi alternatif camilan yang cocok dinikmati bersama keluarga di akhir pekan atau saat berkumpul. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Mie Tek Tek Sederhana