Cara Membuat Mie Goreng Jawa Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Apa kabar? Kali ini kita akan berbicara tentang cara membuat mie goreng Jawa yang sederhana. Mie goreng Jawa merupakan salah satu makanan favorit di Indonesia, terutama di daerah Jawa. Biasanya, mie goreng Jawa dijual di warung-warung kecil dan harga nya terjangkau. Tanpa berlama-lama lagi, mari kita mulai!

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Untuk membuat mie goreng Jawa yang sederhana, ada beberapa bahan yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan:

1 bungkus mie instan
1 butir telur
2 siung bawang putih
2 sdm kecap manis
1 sdm minyak goreng
garam secukupnya
merica secukupnya
saus sambal (optional)
daun bawang (optional)

Setelah semua bahan tersedia, kita bisa memulai langkah-langkah selanjutnya.

Langkah-langkah Membuat Mie Goreng Jawa Sederhana

Langkah 1: Merebus Mie Instan

Langkah pertama adalah merebus mie instan. Rebus mie dalam air mendidih selama 3-4 menit hingga matang. Setelah matang, tiriskan mie dan sisihkan.

Langkah 2: Membuat Telur Dadar

Selanjutnya, buatlah telur dadar dengan cara mengocok telur dan sedikit garam hingga tercampur rata. Panaskan minyak di wajan dan tuangkan adonan telur ke dalam wajan. Goreng telur hingga matang dan sisihkan.

Langkah 3: Menumis Bawang Putih

Cincang bawang putih dan tumis dalam minyak goreng hingga harum. Setelah itu, masukkan mie ke dalam wajan dan aduk rata dengan bawang putih.

Langkah 4: Memasak Mie Goreng

Tambahkan kecap manis ke dalam mie dan aduk kembali hingga tercampur rata. Kemudian tambahkan telur dadar yang sudah dipotong-potong ke dalam mie dan aduk kembali. Berikan garam dan merica secukupnya untuk memberi rasa pada mie goreng. Aduk kembali hingga semua bahan tercampur rata dan matang. Sajikan mie goreng di atas piring dan berikan saus sambal atau daun bawang sesuai selera.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Aplikasi Input Data Sederhana

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah saya bisa menggunakan mie instan merek apa saja?

Ya, Anda bisa menggunakan merek mie instan apa saja. Namun, pastikan mie instan dalam keadaan matang sebelum digunakan untuk membuat mie goreng.

2. Apakah harus menggunakan kecap manis untuk membuat mie goreng Jawa?

Ya, kecap manis adalah bahan penting dalam membuat mie goreng Jawa. Kecap manis memberi rasa manis yang khas pada mie goreng Jawa.

3. Apakah saus sambal diperlukan dalam membuat mie goreng Jawa?

Tidak, saus sambal bukan bahan wajib dalam membuat mie goreng Jawa. Namun, jika Anda suka pedas, bisa menambahkan saus sambal sebagai pelengkap.

Kesimpulan

Berikut adalah cara membuat mie goreng Jawa yang sederhana. Dengan bahan-bahan yang mudah didapat dan langkah-langkah yang mudah diikuti, Anda bisa membuat mie goreng Jawa di rumah dengan mudah. Selamat mencoba!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Mie Goreng Jawa Sederhana