Cara Membuat Mie Ayam Pangsit Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Siapa yang tidak suka mie ayam pangsit? Makanan yang satu ini selalu menjadi favorit banyak orang. Tidak hanya lezat, namun juga mudah dibuat. Dalam artikel kali ini, kita akan membahas cara membuat mie ayam pangsit sederhana yang bisa kamu coba di rumah. Yuk, langsung saja disimak!

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Sebelum memulai membuat mie ayam pangsit, tentunya kamu harus menyiapkan bahan-bahan terlebih dahulu. Berikut ini adalah daftar bahan-bahan yang kamu butuhkan:

Bahan
Jumlah
Mie telur
250 gram
Daging ayam
150 gram
Putih telur
1 butir
Bawang putih
3 siung
Bawang merah
2 siung
Wortel
1 buah
Kucai
Secukupnya
Garam
Secukupnya
Mericah bubuk
Secukupnya
Kecap manis
Secukupnya

Cara membuat mie ayam pangsit

1. Rebus mie

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah merebus mie telur. Caranya cukup mudah, tinggal rebus mie dengan air mendidih sampai empuk. Setelah empuk, tiriskan dan sisihkan terlebih dahulu.

2. Buat adonan ayam pangsit

Selanjutnya, buat adonan ayam pangsit. Haluskan daging ayam dengan menggunakan blender atau chopper. Tambahkan putih telur, bawang putih, garam, dan merica bubuk ke dalam daging ayam yang telah dihaluskan tadi. Aduk hingga rata.

3. Masak isi pangsit

Setelah adonan ayam pangsit telah siap, selanjutnya masak isi pangsit. Iris wortel dan kucai menjadi potongan kecil-kecil. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Tambahkan daging ayam yang telah dihaluskan dan aduk rata. Tambahkan wortel dan kucai yang telah diiris. Aduk hingga tercampur rata.

4. Bentuk pangsit

Setelah isi pangsit telah matang, selanjutnya bentuk adonan ayam pangsit menjadi bulatan kecil-kecil. Ambil selembar kulit pangsit, letakkan sedikit isi pangsit di tengahnya, lalu lipat kulit pangsit menjadi segitiga. Rekatkan bagian tepi pangsit dengan menggunakan air.

TRENDING 🔥  Cara Sederhana Masak Cumi Krispi

5. Rebus pangsit

Setelah adonan ayam pangsit telah dibentuk, selanjutnya rebus pangsit hingga matang. Angkat dan tiriskan.

6. Tata mie dan ayam pangsit

Setelah mie dan ayam pangsit matang, selanjutnya tata mie di dalam mangkuk saji. Letakkan pangsit di atas mie. Siram pangsit dan mie dengan kuah ayam yang telah disiapkan. Tambahkan kecap manis secukupnya.

FAQ (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

1. Berapa lama merebus mie telur?

Mie telur bisa direbus selama 3-4 menit atau sampai empuk. Jangan terlalu lama merebusnya karena bisa membuat mie menjadi lembek.

2. Apa saja varian isi pangsit yang bisa digunakan?

Selain menggunakan daging ayam, kamu juga bisa menggunakan daging sapi atau udang sebagai isi pangsit. Kamu juga bisa menambahkan sayuran seperti jamur atau kacang hijau sebagai bahan isian.

3. Apakah pangsit bisa digoreng?

Ya, pangsit juga bisa digoreng. Setelah pangsit dibentuk, goreng pangsit dalam minyak panas hingga matang dan berwarna kecokelatan.

4. Apa saja bahan-bahan yang bisa ditambahkan ke dalam kuah mie ayam pangsit?

Kamu bisa menambahkan irisan daun bawang, seledri, atau kucai ke dalam kuah mie ayam pangsit untuk menambah aroma dan rasa yang segar.

5. Bagaimana cara membuat kuah mie ayam pangsit?

Untuk membuat kuah mie ayam pangsit, kamu bisa merebus tulang ayam dengan bawang bombay, bawang putih, dan merica hingga air menjadi kaldu. Tambahkan garam dan penyedap rasa secukupnya. Saring kaldu yang telah matang dan tambahkan irisan daun bawang atau seledri untuk memberikan aroma segar pada kuah mie ayam pangsit.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Mie Ayam Pangsit Sederhana