Cara Membuat Mie Aceh Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Mie Aceh adalah salah satu makanan khas Indonesia yang dikenal dengan cita rasa pedas dan gurih yang khas. Tidak sedikit orang yang ingin mencoba membuat mie aceh sendiri di rumah untuk menikmati kelezatannya. Nah, dalam artikel kali ini, kita akan membahas cara membuat mie aceh sederhana yang bisa kamu coba di rumah. Yuk, simak!

Persiapan Bahan-bahan

Sebelum mulai membuat mie aceh, ada beberapa bahan yang perlu kamu persiapkan terlebih dahulu. Berikut ini adalah daftar bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan
Jumlah
Mie basah
250 gram
Daging sapi
150 gram
Bawang merah
3 siung
Bawang putih
2 siung
Cabai merah keriting
5 buah
Cabai rawit
3 buah
Kunyit
1 ruas jari
Jahe
1 ruas jari
Daun bawang
2 batang
Daun jeruk purut
3 lembar
Garam
secukupnya
Gula pasir
secukupnya
Air
secukupnya

Dengan bahan-bahan di atas, kamu sudah siap untuk membuat mie aceh sederhana sendiri di rumah. Selanjutnya, mari kita mulai proses pembuatan mie aceh.

Proses Pembuatan Mie Aceh

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat mie aceh sederhana:

1. Masak mie sampai matang

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah merebus mie sampai matang. Kamu bisa melakukannya dengan cara merebus air di panci dan kemudian masukkan mie ke dalam air mendidih. Rebus mie selama sekitar 3-4 menit atau sampai matang. Setelah matang, tiriskan mie dan sisihkan.

2. Tumis bumbu halus

Langkah selanjutnya adalah menumis bumbu halus. Untuk membuat bumbu halus, kamu bisa menghaluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, cabai rawit, kunyit, dan jahe dengan blender atau ulekan. Setelah itu, tumis bumbu halus dengan minyak goreng sampai harum.

TRENDING 🔥  Cara Menghitung Penarikan Akar Sederhana dari 64

3. Masukkan daging sapi

Selanjutnya, masukkan daging sapi ke dalam tumisan bumbu halus. Tumis daging sapi sampai berubah warna dan matang.

4. Tambahkan air

Setelah daging matang, tambahkan air secukupnya ke dalam tumisan. Kamu bisa menyesuaikan jumlah air dengan selera kamu. Setelah itu, masukkan daun jeruk purut dan daun bawang ke dalam tumisan.

5. Tambahkan garam dan gula pasir

Tambahkan garam dan gula pasir secukupnya ke dalam tumisan. Kamu bisa menyesuaikan jumlah garam dan gula pasir dengan selera kamu. Aduk rata dan masak hingga bumbu meresap dan tumisan mengeluarkan aroma yang harum.

6. Siapkan mangkuk dan tata mie

Siapkan mangkuk dan tata mie di dalamnya. Tuang tumisan daging sapi dan bumbu halus di atas mie. Sajikan mie aceh sederhana yang pedas dan gurih ini selagi masih hangat.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat mie aceh sederhana?

Untuk membuat mie aceh sederhana, kamu membutuhkan mie basah, daging sapi, bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, cabai rawit, kunyit, jahe, daun bawang, daun jeruk purut, garam, gula pasir, dan air.

2. Bagaimana cara membuat bumbu halus untuk mie aceh?

Untuk membuat bumbu halus, kamu bisa menghaluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, cabai rawit, kunyit, dan jahe dengan blender atau ulekan.

3. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat mie aceh sederhana?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat mie aceh sederhana adalah sekitar 30-45 menit, tergantung pada kecepatan kamu dalam mempersiapkan bahan-bahan dan mengolahnya.

4. Apakah mie basah bisa diganti dengan mie kering?

Ya, kamu bisa mengganti mie basah dengan mie kering. Namun, pastikan kamu merebus mie kering terlebih dahulu sebelum dijadikan mie aceh.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Crossover Aktif Sederhana

5. Bisakah mie aceh disimpan dalam kulkas?

Ya, mie aceh bisa disimpan dalam kulkas. Namun, sebaiknya mie aceh dimakan segera setelah diolah agar tidak kehilangan kelezatannya.

Penutup

Nah, demikianlah cara membuat mie aceh sederhana yang bisa kamu coba di rumah. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu bisa menikmati mie aceh pedas dan gurih yang enak. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Mie Aceh Sederhana