Cara Membuat Mesin Roasting Kopi Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Apakah kamu hobi minum kopi dan ingin mencoba untuk memanggang biji kopi sendiri di rumah? Jika iya, kamu bisa membuat mesin roasting kopi sederhana sendiri. Mesin roasting kopi merupakan mesin yang digunakan untuk memanggang biji kopi menjadi kopi siap seduh. Dalam artikel ini, kamu akan belajar cara membuat mesin roasting kopi sederhana yang dapat kamu gunakan di rumah.

1. Mengenal Mesin Roasting Kopi

Sebelum memulai membuat mesin roasting kopi sederhana, kamu perlu mengenal terlebih dahulu mesin roasting kopi itu sendiri. Mesin roasting kopi terdiri dari beberapa komponen utama yaitu drum, motor, sumber panas, dan kontrol suhu.

Drum merupakan wadah untuk menampung biji kopi yang akan dipanggang. Motor berfungsi untuk menggerakkan drum agar biji kopi terus bergerak dan tercampur dengan baik ketika dipanggang. Sumber panas dapat berasal dari berbagai jenis bahan bakar seperti gas, listrik, atau kayu. Kontrol suhu berfungsi untuk mengatur suhu saat memanggang biji kopi.

Cara Kerja Mesin Roasting Kopi

Proses memanggang biji kopi pada mesin roasting kopi terdiri dari beberapa tahap. Pertama, biji kopi dimasukkan ke dalam drum dan drum dipanaskan dengan suhu tertentu. Selama proses pemanggangan, biji kopi akan mengalami perubahan warna dan aroma. Pada saat yang tepat, biji kopi diangkat dari drum dan didinginkan dengan cepat.

2. Bahan dan Alat yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat mesin roasting kopi sederhana, kamu perlu menyiapkan bahan dan alat yang dibutuhkan. Berikut adalah bahan dan alat yang dibutuhkan:

Bahan
Alat
Besi plat tebal
Pisau pemotong
Baling-baling kipas
Gunting
Metal mesh
Arc welder
Thermocouple
Alat ukur
Bearing
Bolt dan mur
Motor gearbox
Alat pengukur sudut
Sumber panas (bisa menggunakan kompor gas atau listrik)
Alat las
TRENDING 🔥  Cara Buat Nastar Sederhana

3. Langkah-Langkah Membuat Mesin Roasting Kopi Sederhana

1. Persiapan Alat dan Bahan

Sebelum memulai pembuatan mesin roasting kopi, pastikan semua alat dan bahan sudah siap. Potong besi plat tebal dengan ukuran 40×40 cm untuk bagian atas dan bawah mesin. Potong juga besi plat tebal dengan ukuran 40×10 cm untuk bagian samping mesin. Potong metal mesh dengan ukuran sama dengan besi plat tebal untuk bagian drum. Kemudian las besi plat tebal dan metal mesh sesuai dengan gambar yang diinginkan.

2. Pasang Motor dan Bearing

Pasang motor gearbox pada sisi yang kosong pada besi plat tebal yang sudah dipotong untuk bagian atas mesin. Pastikan motor gearbox tersambung dengan baik pada bearing.

3. Pasang Drum dan Baling-Baling Kipas

Pasang drum yang sudah dibuat sebelumnya pada motor gearbox. Kemudian pasang juga baling-baling kipas pada sisi berlawanan dengan motor gearbox. Baling-baling kipas berfungsi untuk mengatur suhu pada mesin roasting kopi.

4. Pasang Sumber Panas

Pasang sumber panas pada tempat yang sudah disediakan pada mesin. Sumber panas dapat berupa kompor gas atau listrik. Pastikan sumber panas tersambung dengan baik dan aman.

5. Pasang Kontrol Suhu

Pasang thermocouple pada mesin untuk mengukur suhu saat memanggang biji kopi. Kemudian pasang juga kontrol suhu yang akan digunakan untuk mengatur suhu saat pemanggangan biji kopi.

4. FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa saja bahan dan alat yang dibutuhkan untuk membuat mesin roasting kopi sederhana?

Bahan yang dibutuhkan adalah besi plat tebal, baling-baling kipas, metal mesh, thermocouple, bearing, motor gearbox, dan sumber panas. Sedangkan alat yang dibutuhkan adalah pisau pemotong, gunting, arc welder, alat ukur, bolt dan mur, alat pengukur sudut, dan alat las.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Rambu Lalu Lintas Sederhana

2. Apa fungsi dari drum pada mesin roasting kopi?

Drum pada mesin roasting kopi berfungsi untuk menampung biji kopi yang akan dipanggang dan terus diaduk selama proses pemanggangan.

3. Bagaimana cara mengatur suhu pada mesin roasting kopi?

Suhu pada mesin roasting kopi dapat diatur dengan menggunakan kontrol suhu yang terpasang pada mesin. Kontrol suhu akan mengatur sumber panas dan baling-baling kipas untuk menjaga suhu tetap stabil selama proses pemanggangan.

5. Kesimpulan

Dalam artikel ini, kamu telah belajar cara membuat mesin roasting kopi sederhana yang dapat kamu gunakan di rumah. Mesin roasting kopi merupakan mesin yang digunakan untuk memanggang biji kopi menjadi kopi siap seduh. Dengan membuat mesin roasting kopi sederhana sendiri, kamu dapat menghemat biaya dan menikmati kopi segar hasil roastingmu sendiri. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Mesin Roasting Kopi Sederhana