Cara Membuat Mesin Pengaduk Beton Sederhana

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas tentang cara membuat mesin pengaduk beton sederhana. Mesin pengaduk beton adalah alat yang sangat penting dalam pembuatan beton karena memudahkan penggunaan dan menghasilkan campuran beton yang seragam dan berkualitas tinggi. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara detil langkah-langkah membuat mesin pengaduk beton dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan, serta FAQ yang sering diajukan seputar mesin pengaduk beton.

1. Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat mesin pengaduk beton, ada beberapa bahan yang harus disiapkan terlebih dahulu. Berikut ini adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan
Jumlah
Motor listrik AC
1 buah
Roda besi
2 buah
As besi berdiameter 1 inch
1 batang dengan panjang 50 cm
Baut dan mur
Sesuai kebutuhan
Plat besi tebal
1 buah dengan ukuran 30 cm x 50 cm
Pipa besi berdiameter 1 inch
2 buah dengan panjang 50 cm
Corong besi berukuran 10 inch
1 buah
Bearing
2 buah
Plat besi tipis
1 buah dengan ukuran 10 cm x 20 cm
Switch on/off
1 buah
Kabel listrik
Sesuai kebutuhan
Perkakas seperti mesin bor, pemotong besi, dan pengelas
Sesuai kebutuhan

Dengan bahan-bahan di atas, kita bisa mulai membuat mesin pengaduk beton sederhana.

2. Langkah-Langkah Membuat Mesin Pengaduk Beton Sederhana

2.1. Membuat Roda

Langkah pertama dalam membuat mesin pengaduk beton sederhana adalah membuat roda. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1. Potong pipa besi berdiameter 1 inch menjadi 2 bagian dengan panjang 50 cm.

2. Potong plat besi tebal dengan ukuran 30 cm x 50 cm menjadi lingkaran seukuran roda. Potong juga bagian tengah plat besi tersebut dengan diameter sama dengan pipa besi yang akan digunakan sebagai as.

3. Pasang pipa besi yang telah dipotong pada lingkaran plat besi yang telah dipotong bagian tengahnya. Kencangkan dengan baut dan mur.

4. Pasang bearing pada ujung pipa besi yang telah dipasang pada lingkaran plat besi. Pastikan bearing dapat berputar dengan lancar.

TRENDING 🔥  Cara Analisis Regresi Linier Sederhana

5. Ulangi langkah 1-4 untuk membuat roda kedua.

Dengan cara tersebut, kita telah berhasil membuat roda untuk mesin pengaduk beton sederhana kita. Selanjutnya, kita akan memasang as dan motor pada mesin pengaduk beton.

2.2. Memasang As dan Motor

Setelah roda selesai dibuat, langkah berikutnya adalah memasang as dan motor pada mesin pengaduk beton. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1. Potong as besi berdiameter 1 inch dengan panjang 50 cm.

2. Pasang as besi pada kedua roda yang telah dibuat sebelumnya. Kencangkan dengan baut dan mur agar as besi tidak mudah bergoyang.

3. Pasang motor pada plat besi tipis ukuran 10 cm x 20 cm. Pasang juga switch on/off pada plat besi tersebut.

4. Pasang corong besi pada ujung as besi yang telah dipasang pada roda. Pastikan corong besi dapat digunakan untuk menuangkan bahan-bahan beton ke dalam mesin pengaduk beton.

5. Pasang plat besi tipis yang telah dipasang motor pada ujung as besi yang tidak terpasang roda. Kencangkan dengan baut dan mur.

6. Sambungkan kabel listrik dari motor ke switch on/off. Pasang juga kabel listrik yang terhubung dengan sumber listrik ke switch on/off.

Dengan langkah-langkah tersebut, kita telah berhasil memasang as dan motor pada mesin pengaduk beton sederhana kita. Selanjutnya, kita akan membuat kerangka mesin pengaduk beton.

2.3. Membuat Kerangka Mesin Pengaduk Beton

Kerangka mesin pengaduk beton adalah tempat untuk memasang roda, as, dan motor. Berikut ini adalah langkah-langkah membuat kerangka mesin pengaduk beton:

1. Potong pipa besi berukuran 2 meter menjadi 4 bagian dengan panjang masing-masing 50 cm, 70 cm, 80 cm, dan 100 cm.

2. Las kedua pipa berukuran 50 cm pada ujung pipa berukuran 70 cm untuk membentuk huruf ‘L’.

3. Las kedua pipa berukuran 70 cm pada ujung pipa berukuran 80 cm untuk membentuk huruf ‘U’ terbalik.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Penampung Listrik Tenaga Angin Sederhana

4. Las kedua pipa berukuran 80 cm pada ujung pipa berukuran 100 cm untuk membentuk huruf ‘U’ dengan posisi normal.

5. Sambungkan kedua pipa berukuran 70 cm dengan pipa berukuran 80 cm pada bentuk huruf ‘L’ yang telah dibuat. Kencangkan dengan baut dan mur.

6. Sambungkan pipa berukuran 100 cm pada pipa berukuran 80 cm yang membentuk huruf ‘U’. Kencangkan dengan baut dan mur.

7. Pasang roda pada ujung-ujung pipa berukuran 70 cm. Pastikan roda dapat berputar dengan lancar.

8. Pasang as besi yang telah dipasang pada roda ke dalam pipa berukuran 100 cm. Pastikan as besi tidak bergoyang.

9. Pasang motor pada pipa berukuran 80 cm. Kencangkan dengan baut dan mur.

10. Pasang corong besi pada ujung as besi yang telah dipasang pada roda. Pastikan corong besi dapat digunakan untuk menuangkan bahan-bahan beton ke dalam mesin pengaduk beton.

11. Pasang plat besi tipis yang telah dipasang motor pada ujung pipa berukuran 80 cm yang tidak terhubung dengan pipa berukuran 70 cm. Kencangkan dengan baut dan mur.

12. Pasang switch on/off pada pipa berukuran 80 cm yang terhubung dengan motor.

Dengan cara tersebut, kita telah berhasil membuat kerangka mesin pengaduk beton sederhana kita. Selanjutnya, kita akan melakukan finishing pada mesin pengaduk beton.

2.4. Finishing Mesin Pengaduk Beton

Selain membuat mesin pengaduk beton dengan benar dan tepat, finishing mesin pengaduk beton juga penting agar hasilnya lebih maksimal. Berikut ini adalah langkah-langkah melakukan finishing pada mesin pengaduk beton:

1. Cat mesin pengaduk beton dengan cat anti karat. Pastikan mesin pengaduk beton benar-benar kering sebelum dicat.

2. Pasang baut dan mur pada seluruh bagian mesin pengaduk beton yang perlu dikencangkan.

3. Tes kembali seluruh bagian mesin pengaduk beton untuk memastikan semua bagian berfungsi dengan baik.

Dengan cara tersebut, kita telah berhasil membuat mesin pengaduk beton sederhana yang siap digunakan.

TRENDING 🔥  Cara Memasak Kepiting Asam Manis Sederhana

3. FAQ: Pertanyaan yang Sering Diajukan Mengenai Mesin Pengaduk Beton

3.1. Apa Fungsi Mesin Pengaduk Beton?

Mesin pengaduk beton berfungsi untuk mencampurkan bahan-bahan beton seperti semen, pasir, dan air secara bersamaan dan menghasilkan campuran beton yang seragam dan berkualitas tinggi.

3.2. Bagaimana Cara Menggunakan Mesin Pengaduk Beton?

Untuk menggunakan mesin pengaduk beton, pertama-tama masukkan bahan-bahan beton ke dalam corong besi yang terdapat pada mesin. Nyalakan mesin pengaduk beton dan biarkan mesin bekerja selama kurang lebih 5-10 menit atau hingga bahan-bahan beton tercampur secara merata. Setelah itu, matikan mesin pengaduk beton dan keluarkan campuran beton dari mesin.

3.3. Adakah Cara Membersihkan Mesin Pengaduk Beton?

Untuk membersihkan mesin pengaduk beton, pertama-tama keluarkan semua campuran beton yang masih tersisa pada mesin. Kemudian bilas mesin dengan air bersih hingga bersih dan keringkan mesin dengan lap kering.

3.4. Mengapa Mesin Pengaduk Beton Perlu Dibuat dengan Bahan yang Berkualitas?

Mesin pengaduk beton yang dibuat dengan bahan yang berkualitas akan lebih awet dan lebih tahan lama. Selain itu, mesin pengaduk beton yang berkualitas juga menghasilkan campuran beton yang seragam dan berkualitas tinggi.

3.5. Berapa Lama Mesin Pengaduk Beton Bisa Digunakan?

Mesin pengaduk beton yang dibuat dengan bahan-bahan berkualitas dan dirawat dengan baik bisa digunakan selama bertahun-tahun.

4. Kesimpulan

Dari pembahasan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa membuat mesin pengaduk beton sederhana tidaklah sulit dan dapat dilakukan dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan. Mesin pengaduk beton sangat penting dalam pembuatan beton karena memudahkan penggunaan dan menghasilkan campuran beton yang seragam dan berkualitas tinggi. Dengan menggunakan mesin pengaduk beton yang berkualitas, hasil beton yang dihasilkan juga akan lebih baik.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Mesin Pengaduk Beton Sederhana