Cara Membuat Mesin Pencacah Sampah Sederhana

Salam Sobat Sederhana! Pernahkan kamu merasa kesulitan dalam membuang sampah organik yang menumpuk di rumah? Sampah organik seperti sisa makanan, daun-daun kering, dan lain sebagainya memang cukup membingungkan untuk diolah. Namun, jangan khawatir karena kita bisa membuat mesin pencacah sampah sederhana sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan. Berikut adalah cara-cara membuat mesin pencacah sampah sederhana!

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat mesin pencacah sampah sederhana, ada beberapa alat dan bahan yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Berikut adalah daftar alat dan bahan yang dibutuhkan:

Alat
Bahan
1. Gunting
1. Potongan kayu atau pipa PVC
2. Bor
2. Pisau
3. Obeng
3. Motor listrik atau dinamo
4. Kabel listrik dan saklar
4. Ranting pohon atau cabang kayu
5. Pengikat kabel
5. Kain kasa

Setelah semua alat dan bahan terkumpul, langkah selanjutnya adalah memulai membuat mesin pencacah sampah sederhana.

Membuat Kerangka Mesin Pencacah Sampah

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat kerangka mesin pencacah sampah. Berikut adalah langkah-langkah membuat kerangka mesin pencacah sampah:

Langkah 1

Siapkan potongan kayu atau pipa PVC sepanjang 50 cm sebagai bahan utama untuk kerangka mesin pencacah sampah.

Langkah 2

Buatlah lubang di tengah potongan kayu atau pipa PVC menggunakan bor. Lubang ini akan menjadi tempat untuk memasukkan motor listrik atau dinamo yang akan digunakan untuk menggerakan pisau.

Langkah 3

Pasang motor listrik atau dinamo pada lubang yang sudah dibuat sebelumnya. Pastikan motor listrik atau dinamo terpasang dengan kuat dan tidak bergerak saat dijalankan.

Langkah 4

Buatlah pangkal mesin pencacah sampah dengan memasang ranting pohon atau cabang kayu pada salah satu ujung potongan kayu atau pipa PVC. Ranting atau cabang kayu ini akan menjadi tempat untuk meletakkan sampah organik yang akan dihancurkan.

TRENDING 🔥  Cara Masak Udang yang Enak dan Sederhana untuk Sobat Sederhana

Membuat Pisau Pencacah Sampah

Setelah kerangka mesin pencacah sampah selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah membuat pisau pencacah sampah. Berikut adalah langkah-langkah membuat pisau pencacah sampah:

Langkah 1

Pasanglah pisau pada motor listrik atau dinamo yang sudah dipasang pada kerangka mesin pencacah sampah sebelumnya. Pastikan pisau terpasang dengan kuat dan tidak bergoyang saat dijalankan.

Langkah 2

Sediakan sehelai kain kasa sebagai bahan untuk menahan sampah organik yang akan dihancurkan oleh pisau. Lipat kain kasa menjadi beberapa lapisan agar lebih kuat dan tahan lama.

Cara Menggunakan Mesin Pencacah Sampah

Setelah mesin pencacah sampah selesai dibuat, berikut adalah langkah-langkah penggunaan mesin pencacah sampah:

Langkah 1

Siapkan sampah organik seperti sisa makanan, daun-daun kering, dan lain sebagainya. Pastikan sampah organik telah dicuci dan dipotong menjadi ukuran kecil-kecil agar proses penghancuran lebih mudah.

Langkah 2

Letakkan sampah organik pada pangkal mesin pencacah sampah yang sudah disediakan.

Langkah 3

Nyalakan mesin pencacah sampah dengan menekan saklar pada kabel listrik.

Langkah 4

Sampah organik akan dihancurkan oleh pisau yang berputar dengan kecepatan tinggi. Pastikan untuk menahan kain kasa agar sampah organik tidak menyembur saat dihancurkan.

Langkah 5

Setelah proses penghancuran selesai, matikan mesin pencacah sampah dengan melepas kabel listrik dari sumber listrik.

FAQ Mesin Pencacah Sampah Sederhana

1. Apa saja sampah organik yang dapat dihancurkan oleh mesin pencacah sampah sederhana?

Mesin pencacah sampah sederhana dapat digunakan untuk menghancurkan berbagai macam sampah organik seperti sisa makanan, daun-daun kering, ranting pohon, dan lain sebagainya.

2. Bagaimana cara merawat mesin pencacah sampah sederhana?

Untuk merawat mesin pencacah sampah sederhana, pastikan untuk membersihkan pisau dan kain kasa setelah digunakan. Selain itu, pastikan motor listrik atau dinamo selalu dalam keadaan kering dan tidak basah.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Rainbow Cake Sederhana

3. Apa yang harus dilakukan jika mesin pencacah sampah sederhana tidak bekerja dengan baik?

Jika mesin pencacah sampah sederhana tidak bekerja dengan baik, pastikan untuk memeriksa kembali semua bagian mesin dan memastikan semuanya terpasang dengan benar. Jika masalah masih berlanjut, sebaiknya membawa mesin ke bengkel atau tukang yang dapat memperbaikinya.

Kesimpulan

Demikianlah cara membuat mesin pencacah sampah sederhana yang bisa kamu coba di rumah. Mesin pencacah sampah sederhana ini sangat mudah dibuat dan cocok untuk mengolah sampah organik di rumah. Dengan mengolah sampah organik menjadi bahan yang lebih kecil, kita bisa mengurangi volume sampah dan memanfaatkannya untuk berbagai keperluan lainnya. Semoga tips ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Mesin Pencacah Sampah Sederhana