Cara Membuat Mesin Pemipil Cengkeh Sederhana

Hello Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas tentang cara membuat mesin pemipil cengkeh sederhana. Mesin ini sangat berguna untuk memudahkan proses pemipilan cengkeh yang biasanya dilakukan secara manual. Dengan mesin ini, pekerjaan Anda akan menjadi lebih efisien dan cepat. Mari kita simak pembahasannya di bawah ini.

1. Persiapan Alat dan Bahan

Untuk membuat mesin pemipil cengkeh sederhana, Anda memerlukan beberapa alat dan bahan yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Berikut ini adalah alat dan bahan yang diperlukan:

Alat
Bahan
1. Gergaji besi
1. Pipa besi dengan diameter 10 cm dan panjang 30 cm
2. Mesin bor
2. Plastik pvc berukuran 20 x 30 cm
3. Mata bor besi 8 mm
3. Motor listrik dengan daya 500 watt
4. Saklar on/off
4. Karet gelang
5. Ayakan saringan
5. Korek api gas

Setelah semua alat dan bahan terpenuhi, maka langkah selanjutnya adalah mulai membuat mesin pemipil cengkeh sederhana.

2. Membuat Rangka Mesin

Langkah pertama dalam membuat mesin pemipil cengkeh sederhana adalah membuat rangka mesin. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Potong Pipa Besi

Potonglah pipa besi dengan ukuran 10 cm menggunakan gergaji besi. Pipa besi ini akan menjadi rangka utama dari mesin pemipil cengkeh sederhana.

Langkah 2: Lubangi Pipa Besi

Lubangi pipa besi dengan mata bor besi 8 mm menggunakan mesin bor. Lakukan lubangan sebanyak-banyaknya pada pipa besi ini, karena lubangan inilah yang akan digunakan untuk memipil cengkeh.

Langkah 3: Pasang Motor Listrik

Pasang motor listrik dengan daya 500 watt pada pipa besi yang sudah dilubangi tadi. Pastikan motor ini dipasang pada bagian bawah pipa besi, karena motor inilah yang akan menggerakkan mesin pemipil cengkeh sederhana.

TRENDING 🔥  Cara Cara dan Bahan Sederhana Pembuatan Pedang

Langkah 4: Pasang Ayakan Saringan

Pasang ayakan saringan pada bagian atas pipa besi. Ayakan ini akan berfungsi untuk menyaring cangkang cengkeh.

Langkah 5: Pasang Saklar On/Off

Pasang saklar on/off pada motor listrik. Saklar ini akan digunakan untuk menghidupkan dan mematikan mesin pemipil cengkeh sederhana.

3. Membuat Penyangga Mesin

Setelah rangka mesin selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah membuat penyangga mesin. Penyangga ini berfungsi untuk menjaga mesin pemipil cengkeh sederhana agar tidak goyah saat digunakan. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Potong Plastik PVC

Potong plastik PVC berukuran 20 x 30 cm menjadi dua bagian yang sama besar. Plastik PVC ini akan menjadi penyangga mesin.

Langkah 2: Lubangi Plastik PVC

Lubangi plastik PVC dengan mata bor besi 8 mm menggunakan mesin bor. Lakukan lubangan pada keempat sudut plastik PVC.

Langkah 3: Pasang Karet Gelang

Pasang karet gelang pada keempat sudut plastik PVC. Karet gelang ini berfungsi untuk menjaga mesin agar tidak goyah dan stabil saat digunakan.

4. Merakit Mesin Pemipil Cengkeh Sederhana

Setelah semua komponen mesin selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah merakit mesin pemipil cengkeh sederhana. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Pasang Rangka Mesin pada Penyangga

Pasang rangka mesin pada penyangga yang sudah dibuat tadi. Pastikan rangka mesin sudah terpasang dengan kokoh dan stabil di atas penyangga.

Langkah 2: Pasang Korek Api Gas

Pasang korek api gas pada bagian atas ayakan saringan. Korek api ini berfungsi untuk membakar cangkang cengkeh yang sudah terpisah dari biji cengkeh.

Langkah 3: Sambungkan Motor Listrik dengan Saklar On/Off

Sambungkan motor listrik dengan saklar on/off yang sudah dipasang pada langkah sebelumnya. Pastikan kabel sudah terpasang dengan baik dan tidak ada kabel yang terjepit.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Program Sederhana dengan NetBeans Bahasa Java

5. Cara Menggunakan Mesin Pemipil Cengkeh Sederhana

Setelah mesin sudah selesai dirakit, langkah selanjutnya adalah menggunakan mesin pemipil cengkeh sederhana. Berikut ini adalah cara penggunaannya:

Langkah 1: Siapkan Cengkeh

Siapkan cengkeh yang akan dipipil. Pastikan cengkeh sudah dicuci bersih dan dikeringkan terlebih dahulu sebelum digunakan.

Langkah 2: Masukkan Cengkeh ke dalam Mesin

Masukkan cengkeh ke dalam mesin pemipil cengkeh sederhana melalui bagian atas ayakan saringan. Pastikan cengkeh masuk ke dalam lubang pipa besi yang sudah dilubangi tadi.

Langkah 3: Hidupkan Mesin

Hidupkan mesin pemipil cengkeh sederhana dengan menekan saklar on/off. Motor listrik akan berputar dan menggerakkan pipa besi yang sudah dilubangi tadi.

Langkah 4: Saring Cangkang Cengkeh

Cangkang cengkeh akan terpisah dari biji cengkeh dan jatuh ke dalam ayakan saringan. Pastikan cangkang cengkeh sudah terpisah secara sempurna dari biji cengkeh.

Langkah 5: Bakar Cangkang Cengkeh

Bakar cangkang cengkeh yang sudah terpisah dari biji cengkeh menggunakan korek api gas. Setelah dibakar, cangkang cengkeh akan berubah menjadi abu.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah mesin ini bisa digunakan untuk memipil bahan lain selain cengkeh?

Tidak, mesin ini hanya dapat digunakan untuk memipil cengkeh saja. Jangan mencoba memipil bahan lain dengan mesin ini karena dapat merusak mesin.

2. Berapa banyak cengkeh yang bisa dipipil oleh mesin ini dalam sehari?

Kapasitas mesin ini sekitar 5-10 kg cengkeh per hari tergantung dari kecepatan dan kualitas cengkeh yang dipipil.

3. Apakah mesin ini mudah dirawat dan diperbaiki?

Ya, mesin ini cukup mudah dirawat dan diperbaiki asalkan dilakukan dengan benar. Pastikan untuk selalu membersihkan mesin setelah digunakan dan mengganti suku cadang yang rusak dengan yang baru.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Rumah Sederhana Baja Ringan di Perengan Gunung

4. Berapa lama garansi mesin ini?

Garnasi mesin ini sekitar 6 bulan sampai 1 tahun tergantung dari produsen atau penjual.

5. Apakah mesin ini aman digunakan?

Ya, mesin ini cukup aman digunakan asalkan dilakukan dengan benar dan sesuai dengan petunjuk penggunaan yang ada. Pastikan untuk menghindari penggunaan yang salah atau tidak sesuai petunjuk.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Membuat Mesin Pemipil Cengkeh Sederhana