Cara Membuat Mesin Pelet Apung Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan pelet ikan, bukan? Nah, kali ini saya akan memberikan tutorial tentang cara membuat mesin pelet apung sederhana. Mesin ini bisa digunakan untuk membuat pelet ikan dengan berbagai bahan dasar, seperti tepung ikan, tepung kedelai, tepung bungkil kelapa, atau bahan dasar lainnya. Dengan mesin ini, pelet ikan yang biasanya sulit ditemukan di pasaran dapat dibuat secara mandiri. Yuk, simak tutorial berikut ini!

Bahan-Bahan

Sebelum memulai, pastikan kalian sudah menyiapkan bahan-bahan berikut:

Bahan
Jumlah
Tabung PVC
1 buah
Pipa PVC
1 meter
Mesin bor
1 buah
Motor DC
1 buah
Bearing
2 buah
Plat besi
1 buah
Kuping besi
2 buah
Baut dan mur
Sesuai kebutuhan
Sekrup
Sesuai kebutuhan

Untuk membuat mesin pelet apung sederhana ini, tidak memerlukan biaya yang besar. Karena mayoritas bahan yang dibutuhkan bisa ditemukan di toko-toko bangunan atau toko online terpercaya. Setelah kalian menyiapkan bahan-bahan tersebut, langkah selanjutnya adalah membuat mesin pelet apungnya.

Cara Membuat

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat mesin pelet apung sederhana:

1. Potong Tabung PVC

Potong tabung PVC sepanjang 30-40 cm dengan mesin bor untuk membuat lubang tengah. Pastikan keliling lubang tengah tersebut seimbang.

2. Pasang Bearing

Pasang bearing pada kedua ujung tabung PVC dengan karet gelang atau double tape agar tidak goyang. Pastikan bearing terpasang dengan baik dan stabil.

3. Buat Rotor

Buat rotor dengan menggunakan plat besi yang dihubungkan dengan motor DC. Pasang kuping pada kedua ujung rotor agar dapat dihubungkan dengan pipa PVC. Pastikan rotor terpasang dengan stabil dan kuat.

4. Pasang Pipa PVC

Pasang pipa PVC pada kedua kuping besi. Pipa PVC tersebut berfungsi sebagai tempat untuk meletakkan bahan dasar pelet.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Sespan Vespa Sederhana

5. Pasang Motor

Pasang motor pada salah satu ujung tabung PVC. Motor akan digunakan untuk menggerakkan rotor agar dapat mengaduk bahan pelet secara merata.

Setelah kalian selesai membuat mesin pelet apung, selanjutnya adalah menggunakannya untuk membuat pelet ikan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Cara Menggunakan

1. Siapkan Bahan Pelet

Siapkan bahan pelet sesuai dengan selera atau jenis ikan yang ingin diberi pelet.

2. Masukkan Bahan Pelet

Masukkan bahan pelet ke dalam pipa PVC yang telah dipasang pada mesin pelet. Pastikan bahan pelet terdistribusi dengan merata di dalam pipa PVC.

3. Hidupkan Mesin

Hidupkan mesin pelet agar rotor dapat mengaduk bahan pelet dengan merata. Pastikan mesin mengaduk dengan baik.

4. Ambil Pelet

Setelah adonan terasa cukup padat, ambil pelet yang telah jadi dengan tangan atau menggunakan sendok. Jangan lupa untuk menyimpan pelet di tempat yang bersih dan kering.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa saja bahan yang dibutuhkan untuk membuat mesin pelet apung sederhana?

Beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuat mesin pelet apung sederhana antara lain tabung PVC, pipa PVC, mesin bor, motor DC, bearing, plat besi, kuping besi, baut, dan mur.

2. Berapa biaya yang dibutuhkan untuk membuat mesin pelet apung sederhana?

Pembuatan mesin pelet apung sederhana tidak memerlukan biaya yang besar. Mayoritas bahan dapat ditemukan di toko-toko bangunan atau toko online terpercaya dengan total biaya kurang dari Rp 200.000,-

3. Apa fungsi mesin pelet apung sederhana ini?

Mesin pelet apung sederhana ini berfungsi untuk membuat pelet ikan dengan berbagai bahan dasar, seperti tepung ikan, tepung kedelai, tepung bungkil kelapa, atau bahan dasar lainnya. Mesin ini dapat digunakan untuk membuat pelet ikan secara mandiri.

TRENDING 🔥  Cara Mengubah Perhitungan Java Sederhana Menjadi Selection

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Membuat Mesin Pelet Apung Sederhana