Cara Membuat Mesin Mixer Roti Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Bagi Anda yang suka membuat kue roti atau kue lainnya, pastinya sudah tidak asing lagi dengan mesin mixer roti. Mesin ini sangat membantu dalam mengaduk adonan roti agar menjadi lebih cepat dan mudah. Namun, tidak semua orang memiliki mesin mixer roti di rumah karena harganya yang cukup mahal. Oleh karena itu, dalam artikel kali ini, saya akan berbagi cara membuat mesin mixer roti sederhana yang dapat Anda buat sendiri di rumah.

Mengapa Membuat Mesin Mixer Roti Sederhana?

Sebelum kita mulai, alangkah baiknya jika kita mengetahui alasan mengapa kita perlu membuat mesin mixer roti sederhana. Pertama, harga mesin mixer roti yang mahal membuat banyak orang enggan untuk membelinya. Dengan membuat mesin mixer roti sederhana, kita bisa menghemat uang dan memiliki mesin mixer roti sendiri tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.

Kedua, mesin mixer roti sederhana bisa dibuat dengan bahan-bahan yang mudah didapat di sekitar kita. Bahan-bahan tersebut antara lain kayu, motor listrik, dan beberapa benda lainnya yang dapat diolah menjadi mesin mixer roti.

Alat dan Bahan yang Diperlukan

Sebelum kita mulai membuat mesin mixer roti sederhana, ada beberapa alat dan bahan yang diperlukan. Berikut ini adalah daftarnya:

1.
Motor listrik 50 watt
2.
Baterai 12V 7Ah
3.
Switch ON/OFF
4.
Pinion gear
5.
Gear box
6.
Bolt, mur, dan sekrup
7.
Kayu triplek
8.
Bantalan
9.
Penggerak karet
10.
Tempat adonan dari stainless steel

Setelah Anda mempersiapkan semua bahan dan alat yang diperlukan, sekarang saatnya kita mulai membuat mesin mixer roti sederhana.

TRENDING 🔥  Proses Pengolahan Air dengan Cara Sederhana

Tahap Membuat Mesin Mixer Roti Sederhana

Tahap 1: Membuat Rangka Mesin

Langkah pertama adalah membuat rangka mesin mixer roti sederhana. Anda bisa menggunakan kayu triplek untuk membuat rangka mesin tersebut. Potong kayu triplek menjadi beberapa bagian sesuai dengan ukuran yang diinginkan dan satukan dengan menggunakan mur dan sekrup.

Pastikan rangka mesin sudah cukup kuat dan stabil untuk menahan beban yang akan digunakan saat mesin dioperasikan.

Tahap 2: Memasang Motor Listrik dan Gear Box

Setelah rangka mesin selesai dibuat, sekarang saatnya memasang motor listrik dan gear box. Pasang motor listrik pada rangka mesin dengan menggunakan baut dan mur. Lalu pasang pinion gear pada motor listrik dan pasangkan gear box pada pinion gear.

Pastikan motor listrik dan gear box dipasang dengan kokoh dan tidak goyang saat mesin dioperasikan.

Tahap 3: Memasang Penggerak Karet

Setelah motor listrik dan gear box terpasang dengan baik, langkah selanjutnya adalah memasang penggerak karet. Buat penggerak karet dari kayu dan potongan ban bekas. Tempelkan penggerak karet pada gear box dan pasangkan penggerak karet dengan bantalan pada rangka mesin.

Anda bisa menggunakan sekrup dan mur untuk mempertahankan penggerak karet agar tidak bergeser saat mesin dioperasikan.

Tahap 4: Memasang Tempat Adonan

Langkah terakhir dalam membuat mesin mixer roti sederhana adalah memasang tempat adonan. Potong stainless steel sesuai dengan ukuran yang diinginkan dan pasang pada rangka mesin dengan menggunakan baut dan mur.

Pastikan tempat adonan sudah terpasang dengan kokoh dan tidak bergeser saat mesin dioperasikan.

FAQ

1. Apakah Mesin Mixer Roti Sederhana Dapat Digunakan Untuk Membuat Roti?

Ya, mesin mixer roti sederhana dapat digunakan untuk membuat roti. Mesin ini bekerja seperti mesin mixer roti pada umumnya dan akan membantu Anda dalam mengaduk adonan roti.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Alarm Otomatis Sederhana

2. Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Membuat Mesin Mixer Roti Sederhana?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat mesin mixer roti sederhana sekitar 2-3 jam tergantung dengan keahlian dan pengalaman Anda dalam membuat mesin.

3. Apakah Harga Membuat Mesin Mixer Roti Sederhana Lebih Murah Dibandingkan Membeli Mesin Mixer Roti Baru?

Ya, harga membuat mesin mixer roti sederhana lebih murah dibandingkan dengan membeli mesin mixer roti baru. Namun, Anda harus mempersiapkan beberapa bahan dan alat yang diperlukan untuk membuat mesin tersebut.

Kesimpulan

Demikianlah artikel tentang cara membuat mesin mixer roti sederhana. Mesin ini bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin membuat kue roti atau kue lainnya dengan lebih cepat dan mudah di rumah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari cara membuat mesin mixer roti sederhana.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya!

Cara Membuat Mesin Mixer Roti Sederhana