Cara Membuat Mesin Cocopeat Sederhana

Halo Sobat Sederhana, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara membuat mesin cocopeat sederhana. Cocopeat atau sering disebut sabut kelapa adalah bahan organik yang banyak digunakan sebagai media tanam. Cocopeat memiliki banyak kelebihan seperti mudah didapat, ringan, berserat halus, dan memiliki daya serap air yang baik. Namun, meskipun cocopeat mudah didapat, namun harganya masih cukup mahal di pasaran. Oleh karena itu, membuat mesin cocopeat sederhana sendiri bisa menjadi pilihan yang tepat.

Persiapan Bahan dan Alat

Sebelum memulai membuat mesin cocopeat sederhana, ada beberapa bahan dan alat yang harus disiapkan. Berikut adalah beberapa bahan dan alat yang dibutuhkan:

Bahan
Alat
Balok kayu 5x10x100cm sebanyak 2 buah
Gergaji kayu
Roda sepeda bekas
Baut dan mur
Papan kayu 1,5 cm tebal
Bor
Plat besi tebal
Sekrup dan obeng
Pipa besi ukuran 3 cm dan 1,5 cm
Alat las
Motor bekas
Wiremesh

Dengan menyiapkan bahan dan alat dengan benar, langkah selanjutnya adalah memulai membuat mesin cocopeat sederhana.

Langkah-Langkah Membuat Mesin Cocopeat Sederhana

Berikut adalah langkah-langkah membuat mesin cocopeat sederhana:

1. Membuat Rangka Mesin

Pertama, buatlah rangka mesin menggunakan balok kayu dengan ukuran 5x10x100cm. Sambungkan balok kayu menggunakan baut dan mur agar rangka mesin menjadi kokoh dan stabil. Setelah rangka mesin terbentuk, pasang roda sepeda pada kedua ujung rangka agar mesin dapat dipindahkan dengan mudah.

2. Menyiapkan Alat Penghancur Sabut Kelapa

Untuk menyiapkan alat penghancur sabut kelapa, gunakan pipa besi dengan ukuran 3 cm dan 1,5 cm. Potong pipa besi dengan ukuran yang telah ditentukan dan las pipa besi tersebut hingga terbentuk bentuk seperti kipas. Pasang kipas tersebut pada motor bekas dan sambungkan dengan rangka mesin menggunakan plat besi tebal dan sekrup. Pastikan kipas dapat berputar dengan lancar dan stabil.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Ice Cream dengan Bahan Sederhana

3. Membuat Tempat Pengumpulan Cocopeat

Membuat tempat pengumpulan cocopeat cukup mudah. Gunakan papan kayu dengan ketebalan 1,5 cm dan potong dengan ukuran 60×60 cm. Pasang wiremesh pada bagian bawah papan kayu untuk mencegah cocopeat jatuh. Letakkan tempat pengumpulan cocopeat pada rangka mesin dekat alat penghancur sabut kelapa.

4. Menjalankan Mesin Cocopeat

Terakhir, pasang sabut kelapa ke dalam alat penghancur dan nyalakan motor bekas. Putar sabut kelapa hingga benar-benar hancur dan cocopeat terkumpul pada tempat yang telah disiapkan. Setelah mesin selesai digunakan, bersihkan dengan menggunakan air dan sabun agar mesin selalu bersih dan siap digunakan kembali.

FAQ Tentang Mesin Cocopeat Sederhana

1. Apa keuntungan membuat mesin cocopeat sederhana sendiri?

Membuat mesin cocopeat sederhana sendiri dapat menghemat biaya dan memudahkan dalam mendapatkan bahan baku cocopeat.

2. Apa saja bahan dan alat yang dibutuhkan untuk membuat mesin cocopeat sederhana?

Bahan dan alat yang dibutuhkan antara lain balok kayu, roda sepeda bekas, papan kayu, plat besi, pipa besi, motor bekas, baut dan mur, bor, sekrap, obeng, dan wiremesh.

3. Bagaimana cara membuat rangka mesin?

Cara membuat rangka mesin cukup mudah, yaitu dengan menggunakan balok kayu dengan ukuran 5x10x100cm dan disambung dengan baut dan mur.

4. Apa fungsi dari alat penghancur sabut kelapa?

Alat penghancur sabut kelapa berfungsi untuk menghancurkan sabut kelapa menjadi cocopeat.

5. Apakah mesin cocopeat sederhana ini ramah lingkungan?

Ya, mesin cocopeat sederhana ini ramah lingkungan karena menggunakan bahan organik dan menghemat energi.

Penutup

Dengan membuat mesin cocopeat sederhana sendiri, Sobat Sederhana dapat menghemat biaya dan memudahkan dalam mendapatkan bahan baku cocopeat. Selain itu, mesin cocopeat sederhana ini juga ramah lingkungan karena menggunakan bahan organik dan menghemat energi. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

TRENDING 🔥  Cara Menghias Mobil Pengantin Sederhana

Cara Membuat Mesin Cocopeat Sederhana