Cara Membuat Mesin Arum Manis Sederhana untuk Sobat Sederhana

Salam Sobat Sederhana, apakah kalian pernah mencicipi arum manis? Ya, makanan yang satu ini memang sangat disukai oleh banyak orang, terutama anak-anak. Namun, untuk membeli arum manis di tempat-tempat wisata terkadang cukup mahal dan tidak semua orang mampu membelinya.

Nah, kali ini kami akan memberikan panduan Cara Membuat Mesin Arum Manis Sederhana yang dapat Sobat Sederhana buat sendiri di rumah dengan biaya yang lebih murah. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Persiapan Alat dan Bahan

Sebelum memulai pembuatan mesin arum manis, Sobat Sederhana perlu menyiapkan beberapa alat dan bahan berikut:

Alat
Bahan
Mesin bor listrik
Gula pasir
Pisau cutter
Pewarna makanan
Plat besi
Air
Kawat kemudian dijadikan hanger
Sari buah atau es batu (opsional)
Kardus untuk tempat mesin dan perlengkapan

Setelah menyiapkan alat dan bahan di atas, maka Sobat Sederhana siap memulai pembuatan mesin arum manis sederhana!

Langkah-Langkah Pembuatan Mesin Arum Manis Sederhana

1. Membuat Rangka Mesin Arum Manis

Langkah pertama adalah membuat rangka mesin arum manis. Caranya adalah dengan memotong plat besi menggunakan pisau cutter menjadi empat potongan yang ukurannya masing-masing 10 x 20 cm.

Selanjutnya, lubangi masing-masing potongan besi di ujungnya menggunakan mesin bor listrik. Kemudian sambungkan potongan-potongan besi tersebut menggunakan kawat yang telah dibentuk menjadi hanger.

Setelah itu, buatlah alas mesin arum manis dengan menggunakan kardus dengan ukuran yang cukup besar. Tempatkan rangka mesin arum manis pada atas kardus tersebut.

2. Membuat Pengaduk Gula

Setelah rangka mesin arum manis selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah membuat pengaduk gula. Caranya adalah dengan memotong plat besi menjadi dua potongan dengan ukuran masing-masing 10 x 20 cm.

TRENDING 🔥  Cara Sederhana Membuat Aliran Air dari Dataran Rendah

Lubangi ujung dua potongan besi tersebut menggunakan mesin bor listrik. Selanjutnya, satukan kedua potongan besi tersebut dengan cara membentuk hook dan sambungkan dengan kawat.

3. Memasang Motor pada Mesin Arum Manis

Setelah rangka mesin arum manis dan pengaduk gula selesai dibuat, lanjutkan dengan memasang motor pada mesin arum manis. Caranya adalah dengan memasang motor pada rangka mesin arum manis menggunakan baut dan sekrup.

Pastikan motor yang dipilih memiliki kekuatan yang cukup untuk memutar pengaduk gula yang telah dibuat.

4. Membuat Panci Gula

Setelah motor terpasang, langkah selanjutnya adalah membuat panci gula. Caranya adalah dengan membeli panci stainless steel yang berukuran sedang.

Lalu, masukkan gula pasir ke dalam panci tersebut dan tambahkan air secukupnya. Kemudian, panaskan panci di atas kompor dengan api kecil hingga gula larut sempurna.

Selanjutnya, tambahkan pewarna makanan secukupnya untuk memberikan warna pada gula. Setelah itu, tutup panci dan biarkan hingga gula mencapai suhu 160 derajat Celsius.

5. Membuat Arum Manis

Setelah panci gula siap, langkah selanjutnya adalah membuat arum manis. Caranya adalah dengan menyalakan motor dan memutar pengaduk gula menggunakan tangan.

Kemudian, tuangkan gula cair ke dalam pengaduk gula yang telah terpasang pada mesin arum manis. Biarkan mesin berputar hingga gula membentuk benang halus.

Setelah mendapatkan benang halus, ambil kawat hanger dan celupkan pada gula cair. Kemudian, gerakkan kawat hanger di atas mesin arum manis secara perlahan untuk membentuk arum manis.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa saja bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat mesin arum manis sederhana?

Untuk membuat mesin arum manis sederhana, Sobat Sederhana memerlukan beberapa bahan seperti gula pasir, pewarna makanan, air, serta sari buah atau es batu sebagai pendamping arum manis.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Bistik Daging Sapi Sederhana

2. Berapa biaya yang diperlukan untuk membuat mesin arum manis sederhana ini?

Biaya yang diperlukan untuk membuat mesin arum manis sederhana cukup terjangkau. Bahan-bahan yang diperlukan seperti gula pasir, pewarna makanan, dan air bisa dibeli dengan harga yang relatif murah. Biaya terbesar mungkin terdapat pada mesin bor listrik dan motor, namun Sobat Sederhana dapat meminjam atau membeli mesin bekas dengan harga yang lebih terjangkau.

3. Bagaimana cara membersihkan mesin arum manis sederhana setelah digunakan?

Setelah digunakan, bersihkan mesin arum manis sederhana dengan menggunakan air bersih dan sikat. Pastikan semua bagian mesin terlihat bersih sebelum disimpan kembali untuk penggunaan berikutnya.

4. Bisakah mesin arum manis sederhana ini digunakan untuk keperluan berjualan?

Tentu saja! Mesin arum manis sederhana ini cocok digunakan untuk keperluan berjualan di sekitar lingkungan tempat tinggal Sobat Sederhana. Mesin ini juga dapat dijadikan sebagai peluang usaha yang menarik, terutama di saat-saat tertentu seperti hari libur atau acara tertentu seperti pameran atau pasar malam.

Penutup

Itulah cara membuat mesin arum manis sederhana yang dapat Sobat Sederhana coba di rumah. Dengan membuat sendiri mesin arum manis, pastinya akan lebih seru dan menyenangkan daripada membelinya di luar. Selain itu, Sobat Sederhana juga bisa menghemat biaya dan memiliki kebebasan untuk menentukan berbagai macam rasa dan warna arum manis yang ingin dibuat.

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Mesin Arum Manis Sederhana untuk Sobat Sederhana