Cara Membuat Martabak Sederhana

Hello Sobat Sederhana! Siapa yang tidak suka martabak? Makanan yang satu ini sudah menjadi favorit banyak orang di Indonesia. Tidak hanya enak, martabak juga mudah dibuat dengan cara yang sederhana. Berikut ini adalah cara membuat martabak sederhana yang bisa Sobat Sederhana coba di rumah.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai membuat martabak sederhana, ada beberapa bahan yang harus disiapkan terlebih dahulu.

Daftar Bahan
Jumlah
Tepung terigu
500 gram
Telur
4 butir
Garam
1 sendok teh
Gula pasir
2 sendok makan
Ragi instan
1 sendok makan
Air hangat
400 ml
Minyak sayur
secukupnya
Bawang merah
5 butir
Bawang putih
3 siung
Daging sapi giling
300 gram
Telur ayam
2 butir
Kecap manis
2 sendok makan
Lada bubuk
secukupnya
Garam
secukupnya
Air matang
100 ml
Minyak sayur
secukupnya

Tepung Terigu

Tepung terigu adalah bahan utama dalam pembuatan martabak sederhana. Tepung terigu yang baik adalah tepung terigu yang terbuat dari gandum dengan kadar protein tinggi. Selain itu, pastikan tepung terigu yang digunakan tidak mengandung bahan pengawet atau bahan kimia lainnya.

Ketika membeli tepung terigu, pastikan juga tanggal kadaluarsanya masih cukup lama agar tepung terigu tersebut tidak basi atau tercemar oleh kuman dan bakteri.

Saat membuat adonan, tepung terigu harus diayak terlebih dahulu untuk menghindari adanya gumpalan yang sulit larut dalam air. Setelah diayak, tepung terigu bisa dicampur dengan garam, gula pasir, ragi instan, dan telur.

Daging Sapi Giling

Dalam membuat adonan martabak sederhana, daging sapi giling bisa dijadikan salah satu bahan isi. Pastikan daging sapi yang digunakan segar dan bebas dari bau tidak sedap atau warna yang coklat kehitaman.

TRENDING 🔥  Cara Buat Mobil Listrik Sederhana

Sebelum digunakan, daging sapi harus dicuci terlebih dahulu dengan air mengalir agar bersih dari kotoran dan bakteri. Setelah itu, daging sapi bisa digiling atau dipotong-potong kecil sesuai dengan selera.

Setelah itu, tumis daging sapi dengan bawang merah, bawang putih, kecap manis, garam, dan lada bubuk. Tambahkan juga air matang agar daging sapi tidak kering. Setelah matang, sisihkan terlebih dahulu.

Cara Membuat Adonan Martabak Sederhana

Setelah semua bahan siap, berikut ini adalah cara membuat adonan martabak sederhana.

1. Siapkan Wadah

Siapkan wadah yang cukup besar untuk membuat adonan. Wadah yang terlalu kecil akan menyulitkan saat adonan hendak diuleni.

2. Campurkan Tepung Terigu dengan Bahan Lainnya

Setelah tepung terigu diayak dan tercampur dengan garam, gula pasir, ragi instan, dan telur, masukkan air hangat sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan hingga tercampur rata dan tidak ada adonan yang menggumpal.

3. Biarkan Adonan Mengembang

Setelah adonan tercampur rata, biarkan selama kurang lebih 1 jam atau hingga adonan mengembang dua kali lipat. Pastikan adonan diletakan di tempat yang hangat dan tidak terkena angin.

4. Panaskan Teflon atau Penggorengan

Panaskan teflon atau penggorengan dengan api kecil. Setelah cukup panas, olesi sedikit minyak sayur agar adonan tidak lengket pada wajan atau teflon.

5. Tuangkan Adonan ke Teflon atau Penggorengan

Setelah teflon atau penggorengan cukup panas dan sudah diolesi minyak sayur, tuangkan adonan ke teflon atau penggorengan. Pastikan adonan tersebar merata dan tidak terlalu tebal.

6. Beri Isian

Setelah adonan setengah matang, taruhlah isian daging sapi yang sudah dipersiapkan tadi di atas adonan. Setelah itu, tutuplah dengan bagian sisi adonan yang belum dibalik supaya isian tidak tumpah.

TRENDING 🔥  Cara Buat Denah Rumah Sederhana

7. Balik Adonan

Setelah adonan dan isian sudah terbalut dengan sempurna, baliklah adonan dengan hati-hati supaya tidak tumpah. Biarkan adonan matang sempurna di kedua sisinya.

8. Angkat dan Sajikan

Setelah adonan matang sempurna di kedua sisinya, angkatlah adonan dari teflon atau penggorengan. Potong adonan menjadi beberapa bagian sesuai dengan selera dan sajikan di atas piring.

FAQ

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan seputar cara membuat martabak sederhana.

1. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat martabak sederhana?

Untuk membuat martabak sederhana, waktu yang dibutuhkan sekitar 2 jam, termasuk waktu untuk mengembangkan adonan.

2. Apakah martabak sederhana bisa disimpan dalam kulkas?

Ya, martabak sederhana bisa disimpan dalam kulkas. Simpanlah dalam wadah tertutup rapat dan pastikan martabak sudah dingin terlebih dahulu.

3. Apa saja bahan yang bisa dijadikan isian pada martabak sederhana?

Selain daging sapi giling, bahan yang bisa dijadikan isian pada martabak sederhana antara lain telur, keju, sayuran seperti wortel, kentang, atau buncis, dan lain sebagainya. Anda bisa menyesuaikan isian dengan selera anda.

4. Apa yang harus dilakukan jika adonan martabak terlalu kental?

Jika adonan martabak terlalu kental, tambahkan sedikit air hangat sampai adonan tercampur rata dan tidak terlalu kental.

5. Apa yang harus dilakukan jika adonan martabak terlalu encer?

Jika adonan martabak terlalu encer, tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit sampai adonan tidak terlalu encer.

Cara Membuat Martabak Sederhana yang Enak

Untuk membuat martabak sederhana yang enak, ada beberapa tips yang bisa Sobat Sederhana lakukan.

1. Gunakan Tepung Terigu yang Berkualitas

Pilihlah tepung terigu yang berkualitas dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Selain itu, tepung terigu yang baik juga memiliki kadar protein yang tinggi sehingga adonan martabak lebih kenyal dan empuk.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Alat Sederhana Pemisah Kuning dan Putih Telur

2. Isian yang Beragam

Tambahkan isian yang beragam agar martabak sederhana terasa lebih nikmat. Jangan hanya menggunakan satu jenis isian saja. Kombinasikan antara daging sapi, telur, keju, dan sayuran agar martabak memiliki rasa yang beragam.

3. Teknik Memasak

Panaskan teflon atau penggorengan terlebih dahulu sebelum memasak adonan agar martabak tidak lengket dan adonan matang dengan baik. Selain itu, baliklah adonan martabak dengan hati-hati agar isian tidak tumpah dan matang sempurna di kedua sisinya.

4. Penyajian

Sajikan martabak sederhana dengan cara yang menarik agar lebih menggugah selera. Anda bisa menambahkan saus sambal atau saus tomat sebagai pelengkap agar martabak terasa semakin nikmat.

Penutup

Itulah cara membuat martabak sederhana yang mudah dan enak. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Sobat Sederhana bisa membuat martabak sederhana sendiri di rumah tanpa harus membeli di luar.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Martabak Sederhana