Cara Membuat Makrame Sederhana

Hello Sobat Sederhana! Sudah pernah mencoba membuat makrame? Makrame adalah seni mengikat simpul tali atau benang untuk membuat berbagai macam bentuk seperti gantungan pot, tali kunci, hiasan dinding, dan masih banyak lagi. Dalam artikel ini, kita akan belajar cara membuat makrame sederhana. Jangan khawatir, meskipun Anda pemula, Anda masih bisa mengikuti langkah-langkah ini dengan mudah.

1. Bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai, pastikan Anda sudah menyiapkan beberapa bahan yang diperlukan untuk membuat makrame sederhana ini. Berikut adalah daftar bahan-bahan yang akan Anda butuhkan:

Bahan
Jumlah
Tali Makrame
1 Roll
Gunting
1 buah
Papan Gantung
1 buah

Anda bisa membeli tali makrame di toko-toko khusus kerajinan atau di toko online seperti Tokopedia dan Shopee. Pastikan Anda memilih tali yang memiliki ketebalan yang sesuai dengan proyek makrame Anda.

2. Memulai Proyek Makrame Anda

Sekarang, mari kita mulai proyek makrame sederhana ini. Ikuti langkah-langkah ini:

Step 1

Potong 8 helai tali makrame sepanjang 90 cm. Ambil 4 helai dan lipat menjadi dua. Ikatan simpul di ujung lipatan sehingga Anda memiliki loop di satu sisi dan ujung tali di sisi lainnya.

Step 2

Gantung loop pada papan gantung dan pisahkan tali menjadi empat bagian. Ikuti diagram simpul dasar berikut dan buat simpul seperti gambar:

O
O
O
O

Anda harus memutar simpul ini dengan cara mengambil dua tali dari simpul kiri dan dua tali dari simpul kanan dan mengikat simpul di tengah-tengah. Ulangi ini sebanyak 5 kali.

Step 3

Kemudian, gunakan dua helai tali dari simpul sebelah kiri dan dua helai tali dari simpul sebelah kanan untuk membuat simpul dasar lagi. Ulangi ini sebanyak 3 kali.

TRENDING 🔥  Cara Buat Submenu Sederhana

Step 4

Setelah simpul dasar selesai, Anda bisa membuat simpul-simpul yang lebih rumit untuk membentuk bentuk makrame yang berbeda-beda. Ada banyak variasi simpul yang bisa Anda gunakan. Beberapa simpul yang umum digunakan adalah double half hitch, square knot, dan spiral knot.

3. Mengakhiri Proyek Makrame

Setelah selesai membuat bentuk makrame yang diinginkan, Anda perlu mengakhiri proyek dengan menjahit ujung-ujung tali agar tidak terurai. Caranya adalah dengan merajut ujung-ujung tali dengan benang dan jarum. Kemudian, potong ujung-ujung tali yang berlebihan dengan gunting dan jahitkan benang yang terikat pada tali di sepanjang celah di antara simpul terakhir.

FAQ

1. Apa jenis tali yang cocok untuk membuat makrame?

Tali makrame yang paling umum digunakan adalah tali katun, tali linen, dan tali nilon. Namun, Anda dapat menggunakan jenis tali lain sesuai dengan proyek makrame Anda.

2. Apakah saya bisa membuat makrame tanpa papan gantung?

Tentu saja. Anda bisa menggunakan benda apa pun yang bisa digantung dan ditempel, seperti tongkat atau cabang pohon.

3. Di mana saya bisa membeli tali makrame?

Anda bisa membeli tali makrame di toko-toko khusus kerajinan atau di toko online seperti Tokopedia dan Shopee.

4. Apakah saya bisa membuat makrame untuk dijual?

Tentu saja. Makrame adalah kerajinan yang sangat populer dan banyak diminati oleh masyarakat. Namun, pastikan Anda mematuhi semua regulasi dan persyaratan hukum yang berlaku.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Membuat Makrame Sederhana