Cara Membuat Magnetic Stirrer Sederhana

Hello Sobat Sederhana! Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara membuat magnetic stirrer sederhana. Magnetic stirrer adalah alat yang digunakan untuk mengaduk larutan atau campuran senyawa kimia dengan cara memutar magnet di bawah wadah yang berisi campuran tersebut. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara membuat magnetic stirrer sederhana yang bisa kamu coba di rumah dengan mudah.

1. Mengenal Magnetic Stirrer

Sebelum kita membahas cara membuat magnetic stirrer sederhana, ada baiknya kita mengenal dulu apa itu magnetic stirrer dan fungsinya. Magnetic stirrer adalah alat yang digunakan untuk mengaduk larutan atau campuran senyawa kimia dengan cara memutar magnet di bawah wadah yang berisi campuran tersebut. Pada umumnya, magnetic stirrer digunakan dalam industri kimia atau laboratorium untuk mempermudah proses pengadukan senyawa kimia atau larutan.

Magnetic stirrer terdiri dari dua komponen utama, yaitu platform pengaduk dan magnet pengaduk. Platform pengaduk adalah tempat untuk meletakkan wadah yang berisi larutan atau campuran senyawa kimia yang akan diaduk. Sedangkan magnet pengaduk adalah magnet yang diputar di bawah platform pengaduk untuk mengaduk campuran senyawa kimia yang berada di atasnya.

Dengan menggunakan magnetic stirrer, proses pengadukan senyawa kimia atau larutan akan lebih efektif dan efisien, karena kita tidak perlu mengaduk secara manual dan terus-menerus.

2. Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum kita mulai membuat magnetic stirrer sederhana, ada beberapa alat dan bahan yang harus kamu siapkan terlebih dahulu, antara lain:

Alat
Bahan
Motor DC 12V
Magnet neodymium
Transistor NPN TIP41C
Timah solder
Resistor 2K2 Ohm
Kabel jumper
Papan sirkuit
Adaptor 12V DC
TRENDING 🔥  Cara Membuat Bungkus Jalu Sederhana untuk Sobat Sederhana

Proses pembuatan magnetic stirrer sederhana ini membutuhkan sedikit keahlian dan keterampilan dalam bidang elektronika dan pemrograman. Jadi, pastikan kamu memahami cara kerja setiap komponen dan mengikuti instruksi dengan teliti.

3. Membuat Platform Pengaduk

Platform pengaduk adalah tempat untuk meletakkan wadah yang berisi larutan atau campuran senyawa kimia yang akan diaduk. Untuk membuat platform pengaduk, kamu dapat menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan dan murah, antara lain:

  • Plat akrilik atau plastik tebal
  • Bearing atau bantalan
  • Paku

Letakkan bearing atau bantalan di tengah-tengah plat akrilik atau plastik tebal, lalu pasang paku di atas bearing atau bantalan tersebut. Pastikan paku atau pengaduk yang kamu gunakan terbuat dari magnet neodymium agar mudah diputar oleh motor.

4. Membuat Sirkuit Elektronik

Setelah platform pengaduk selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah membuat sirkuit elektronik untuk mengendalikan motor dan magnet pengaduk. Berikut ini adalah diagram sirkuit elektronik yang dapat kamu gunakan untuk membuat magnetic stirrer sederhana:

Sebelum kamu mulai membuat sirkuit elektronik, pastikan kamu memahami fungsi setiap komponen dan mengikuti instruksi dengan teliti. Jangan lupa untuk memeriksa koneksi kabel dan sambungan pada sirkuit sebelum kamu menghidupkan motor.

5. Membuat Box dan Memasang Komponen

Setelah sirkuit elektronik selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah membuat box dan memasang komponen-komponen pada box tersebut. Berikut ini adalah langkah-langkah pembuatan box magnetic stirrer sederhana:

  1. Potong kotak plastik sesuai dengan ukuran yang diinginkan.
  2. Buat lubang untuk switch on/off, socket adaptor, dan potensiometer.
  3. Tempelkan heat sink ke transistor TIP41C.
  4. Solder motor, transistor, dan resistor pada papan sirkuit.
  5. Pasang papan sirkuit ke dalam kotak plastik.
  6. Hubungkan kabel dari adaptor ke socket adaptor pada kotak plastik.
  7. Pasang potensiometer pada kotak plastik.
  8. Hubungkan kabel motor ke papan sirkuit dan pasang magnet pada motor yang sudah terpasang di platform pengaduk.
TRENDING 🔥  Cara Membuat Risol Mayo Sederhana

6. Uji Coba Magnetic Stirrer

Setelah semua komponen terpasang dengan baik, langkah terakhir adalah melakukan uji coba magnetic stirrer sederhana yang telah kamu buat. Pastikan semua koneksi dan sambungan telah terpasang dengan benar dan kuat sebelum kamu menghidupkan motor.

Untuk menghidupkan magnetic stirrer, colokkan adaptor ke socket adaptor dan putar potensiometer untuk mengatur kecepatan putaran magnet pengaduk. Jangan lupa untuk selalu memantau putaran magnet pengaduk dan larutan atau campuran senyawa kimia yang sedang diaduk.

FAQ

1. Apa itu magnetic stirrer?

Magnetic stirrer adalah alat yang digunakan untuk mengaduk larutan atau campuran senyawa kimia dengan cara memutar magnet di bawah wadah yang berisi campuran tersebut.

2. Bagaimana cara membuat magnetic stirrer sederhana?

Untuk membuat magnetic stirrer sederhana, kamu membutuhkan beberapa alat dan bahan seperti motor DC 12V, magnet neodymium, transistor NPN TIP41C, resistor 2K2 Ohm, papan sirkuit, dan adaptor 12V DC. Selain itu, kamu juga perlu membuat platform pengaduk dan box untuk memasang komponen-komponen tersebut.

3. Apa saja komponen utama pada magnetic stirrer?

Komponen utama pada magnetic stirrer adalah platform pengaduk dan magnet pengaduk. Platform pengaduk adalah tempat untuk meletakkan wadah yang berisi larutan atau campuran senyawa kimia yang akan diaduk. Sedangkan magnet pengaduk adalah magnet yang diputar di bawah platform pengaduk untuk mengaduk campuran senyawa kimia yang berada di atasnya.

4. Apa keuntungan menggunakan magnetic stirrer?

Dengan menggunakan magnetic stirrer, proses pengadukan senyawa kimia atau larutan akan lebih efektif dan efisien, karena kita tidak perlu mengaduk secara manual dan terus-menerus.

5. Apakah saya perlu keahlian khusus dalam bidang elektronika untuk membuat magnetic stirrer sederhana?

Ya, proses pembuatan magnetic stirrer sederhana membutuhkan sedikit keahlian dan keterampilan dalam bidang elektronika dan pemrograman. Jadi, pastikan kamu memahami cara kerja setiap komponen dan mengikuti instruksi dengan teliti.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Bel Otomatis Sederhana

6. Apa yang harus dilakukan jika ada masalah pada magnetic stirrer?

Jika terjadi masalah pada magnetic stirrer, pastikan kamu memeriksa semua koneksi dan sambungan pada sirkuit elektronik dan komponen-komponen yang terpasang pada box. Jika masih belum bisa diperbaiki, sebaiknya bawa ke ahli elektronika terdekat untuk diperbaiki.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Membuat Magnetic Stirrer Sederhana