Cara Membuat Macaroni Schotel Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Bagaimana kabar kamu hari ini? Apakah kamu lagi mencari resep masakan yang sederhana tapi enak? Kalau iya, kamu berada di tempat yang tepat! Kali ini kita akan berbagi cara membuat macaroni schotel sederhana yang pasti bisa membuat keluarga kamu tercengang dengan kelezatannya.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum kita memulai, ada baiknya kita persiapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat macaroni schotel ini. Berikut adalah daftar lengkapnya:

Bahan
Jumlah
Macaroni
250 gram
Daging sapi giling
200 gram
Bawang bombay
1 buah
Bawang putih
3 siung
Telur ayam
4 butir
Susu full cream
250 ml
Margarin
50 gram
Keju parut
100 gram
Garam
secukupnya
Lada bubuk
secukupnya
Kaldu ayam
secukupnya

Cara Membuat Macaroni Schotel

Setelah semua bahan telah disiapkan, kamu bisa mulai membuat macaroni schotel ini dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Mengolah Macaroni

Pertama-tama, rebus macaroni dalam air yang telah ditambahkan garam dan minyak goreng. Setelah matang, tiriskan dan sisihkan.

2. Membuat Saus

Panaskan margarin di dalam wajan, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum. Selanjutnya, tambahkan daging sapi giling dan masak hingga berubah warna. Bumbui dengan garam, lada bubuk, dan kaldu ayam. Aduk rata.

3. Membuat Adonan Telur

Kocok telur ayam bersama susu full cream hingga tercampur rata.

4. Menyusun Schotel

Siapkan loyang oven, olesi margarin dan letakkan macaroni di dasar loyang. Kemudian, tuang saus daging sapi giling di atasnya. Siram dengan adonan telur. Terakhir, taburi keju parut di atasnya.

5. Memanggang Schotel

Panaskan oven suhu 180 derajat Celsius. Panggang schotel selama 30 menit atau hingga matang.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Air Cooler Sederhana untuk Menyegarkan Ruangan di Rumah

6. Menyajikan Schotel

Sajikan macaroni schotel sederhana ini dengan taburan parsley di atasnya. Siap untuk disantap!

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Bisa pakai daging sapi cincang?

Bisa, tapi jangan digoreng terlebih dahulu. Masak bersama bawang bombay dan bawang putih hingga berubah warna sebelum ditambahkan ke dalam saus.

2. Harus pakai susu full cream?

Bisa diganti dengan susu segar atau susu skim, tapi rasa dan tekstur schotel mungkin akan berbeda.

3. Berapa lama durasi memanggang schotel?

Durasi memanggang bisa berbeda-beda tergantung oven dan ukuran loyang yang digunakan. Sebaiknya cek keadaan schotel setelah 20 menit dan lanjutkan memanggang hingga matang.

4. Apakah bisa menyimpan schotel di dalam kulkas?

Bisa, simpan dalam wadah tertutup dan masukkan ke dalam kulkas. Ketika ingin memanaskan, taruh di dalam oven dan panggang selama 10-15 menit.

Kesimpulan

Sudah tahu kan cara membuat macaroni schotel sederhana yang enak ini? Yuk, segera coba di rumah dan rasakan sensasi kelezatannya. Jangan lupa untuk bagikan resep ini kepada teman-teman kamu ya. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Macaroni Schotel Sederhana