Cara Membuat Mac and Cheese Sederhana

Hello, Sobat Sederhana! Siapa yang tidak suka dengan olahan klasik ini? Mac and Cheese menjadi salah satu makanan favorit banyak orang. Kombinasi keju yang leleh dan pasta yang kenyal, siapa yang bisa menolaknya? Di artikel ini, kita akan membahas cara membuat Mac and Cheese yang sederhana tetapi lezat. Simak terus ya!

Bahan-bahan

Sebelum memasak, pastikan Sobat Sederhana menyiapkan bahan-bahan berikut:

Bahan
Jumlah
Pasta elbow
500 gram
Mentega
50 gram
Tepung terigu
50 gram
Susu cair
500 ml
Keju cheddar parut
150 gram
Keju quickmelt parut
150 gram
Garam
secukupnya
Lada hitam
secukupnya

Setelah bahan-bahan sudah disiapkan, kita bisa mulai memasak Mac and Cheese sederhana ini.

Cara Membuat

1. Rebus Pasta

Rebus pasta elbow hingga lunak, lalu tiriskan dan sisihkan.

2. Buat Saus Keju

Lelehkan mentega di dalam wajan yang sudah dipanaskan. Setelah itu, masukkan tepung terigu dan aduk hingga rata. Tambahkan susu sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga saus mengental dan menggumpal.

3. Tambahkan Keju

Masukkan keju cheddar dan quickmelt parut ke dalam saus keju, aduk hingga keju meleleh dan merata. Tambahkan garam dan lada hitam sesuai selera.

4. Campurkan Pasta

Masukkan pasta yang sudah direbus ke dalam saus keju, aduk hingga pasta terbalut rata oleh saus keju.

5. Panggang

Letakkan campuran pasta dan saus keju dalam loyang yang sudah dioles mentega. Taburkan keju parut di atasnya. Panggang di dalam oven yang sudah dipanaskan suhu 180 derajat Celsius selama 15-20 menit atau hingga keju yang di atasnya meleleh dan kecoklatan.

FAQ

1. Apakah saya bisa menggunakan pasta jenis lain?

Tentu saja. Beberapa jenis pasta yang bisa digunakan untuk memasak Mac and Cheese antara lain fusilli, penne, atau spaghetti. Gunakan jenis pasta yang Sobat Sederhana sukai.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Shampo Motor Sederhana

2. Bolehkah menggunakan keju lain selain cheddar dan quickmelt?

Tentu saja bisa. Sobat Sederhana bisa menggunakan keju apa saja yang disukai. Namun, perlu diingat bahwa kombinasi cheddar dan quickmelt memberikan rasa yang paling lezat pada Mac and Cheese.

3. Bisakah saya membuat saus keju tanpa tepung terigu?

Tepung terigu berfungsi sebagai pengental pada saus keju. Jika Sobat Sederhana ingin membuat saus keju tanpa tepung terigu, bisa menggunakan jagung atau pati singkong sebagai pengganti.

Kesimpulan

Dengan menggunakan bahan dan langkah-langkah yang sederhana, Sobat Sederhana sudah bisa membuat Mac and Cheese yang lezat di rumah. Selamat mencoba dan nikmati sajian yang hangat dan lezat ini bersama keluarga dan teman-teman. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Mac and Cheese Sederhana