Cara Membuat Logo Sederhana di CorelDRAW X7

Hello Sobat Sederhana, apakah kamu ingin membuat sebuah logo sederhana yang bisa dipakai untuk brand atau bisnis kamu? Jika iya, kamu berada di artikel yang tepat. Di sini, kami akan memberikan panduan lengkap bagaimana cara membuat logo sederhana di CorelDRAW X7. Tidak perlu khawatir, tutorial ini sangat mudah dan cocok untuk pemula.

Apa itu CorelDRAW X7?

Sebelum masuk ke tutorial cara membuat logo sederhana, kamu harus tahu terlebih dahulu apa itu CorelDRAW X7. CorelDRAW X7 adalah sebuah software desain grafis yang biasa digunakan untuk pembuatan vektor. Dengan CorelDRAW X7, kamu bisa membuat desain seperti logo, banner, poster, brosur, dan masih banyak lagi.

CorelDRAW X7 sangat mudah digunakan dan memiliki banyak fitur yang bisa membantumu membuat desain grafis dengan cepat dan mudah. Salah satu fitur terbaik dari CorelDRAW X7 adalah fitur trace, yang bisa mengubah gambar raster menjadi gambar vektor.

Langkah-langkah Membuat Logo Sederhana di CorelDRAW X7

Langkah 1: Membuka CorelDRAW X7

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka CorelDRAW X7 di laptop atau komputer kamu. Setelah itu, kamu bisa memulai membuat dokumen baru untuk logo kamu.

Langkah 2: Memilih Ukuran Kertas

Pada langkah kedua ini, kamu harus memilih ukuran kertas yang akan digunakan untuk membuat logo kamu. Ukuran kertas yang umum digunakan untuk logo adalah A4 atau Letter. Kamu bisa memilih ukuran kertas tersebut dengan mengklik File -> New -> Pilih ukuran kertas yang diinginkan.

Langkah 3: Membuat Garis Batas Logo

Setelah kamu memilih ukuran kertas, langkah selanjutnya adalah membuat garis batas logo. Garis batas ini nantinya akan menjadi batas gambar logo kamu. Kamu bisa membuat garis batas logo dengan menggunakan Rectangle Tool atau dengan mengklik View -> Guidelines -> New Guidelines. Pastikan garis batas logo berada di tengah kertas.

TRENDING 🔥  Cara Sederhana untuk Membuat Perangkap Tikus di Rumah

Langkah 4: Memilih Warna Latar Belakang

Setelah membuat garis batas logo, kamu perlu memilih warna latar belakang untuk logo kamu. Pilih warna yang sesuai dengan tema brand atau bisnis kamu. Kamu bisa memilih warna latar belakang dengan memilih Rectangle Tool dan mengisi warna pada kotak.

Langkah 5: Memilih Font dan Tulis Teks

Setelah memilih warna latar belakang, langkah selanjutnya adalah memilih font dan menulis teks pada logo kamu. Pilih font yang sesuai dengan tema brand atau bisnis kamu. Kamu bisa menulis teks dengan menggunakan Text Tool pada CorelDRAW X7.

Menambahkan Objek pada Logo Kamu

Langkah 6: Memilih Objek yang Dibutuhkan

Setelah menambahkan teks pada logo kamu, langkah berikutnya adalah menambahkan objek pada logo kamu. Kamu bisa memilih objek yang sesuai dengan tema brand atau bisnis kamu. Beberapa objek yang bisa kamu tambahkan di antaranya adalah gambar, gambar vektor, dan bentuk-bentuk.

Langkah 7: Menambahkan Objek Gambar

Jika kamu ingin menambahkan objek gambar pada logo kamu, kamu bisa menambahkannya dengan cara mengklik File -> Import -> Memilih file gambar yang ingin kamu tambahkan. Setelah kamu import gambar tersebut, kamu bisa mengubah ukuran dan posisinya sesuai dengan keinginan kamu.

Langkah 8: Menambahkan Objek Bentuk

Untuk menambahkan objek bentuk pada logo kamu, kamu bisa menggunakan Rectangle Tool atau Ellipse Tool pada CorelDRAW X7. Setelah membuat bentuk, kamu bisa memberikan warna pada bentuk tersebut atau memberikan efek pencahayaan atau bayangan. Kamu bisa menggunakan fitur Shape Tool pada CorelDRAW X7 untuk memberikan efek pada bentuk.

Langkah 9: Menambahkan Objek Text Art

Jika kamu ingin menambahkan objek text art pada logo kamu, kamu bisa mengklik Text -> Artistic Text pada CorelDRAW X7. Setelah itu, kamu bisa memilih font dan warna yang ingin kamu gunakan pada text art tersebut. Kamu bisa merubah ukuran, posisi, dan efek pada text art tersebut dengan menggunakan Text Tool atau Shape Tool.

TRENDING 🔥  Cara Analisis Sederhana SPSS Metode Observasi Rating

Mengatur Warna pada Logo Kamu

Langkah 10: Menggunakan Tabel Warna

Setelah menambahkan objek pada logo kamu, kamu perlu mengatur warna agar logo kamu terlihat lebih menarik. CorelDRAW X7 memiliki fitur Tabel Warna yang bisa kamu gunakan untuk mengatur warna pada logo kamu. Kamu bisa memilih warna yang sesuai dengan tema brand atau bisnis kamu pada Tabel Warna tersebut.

Langkah 11: Menggunakan Gradient

Salah satu cara untuk membuat logo kamu terlihat lebih menarik adalah dengan menggunakan gradient. Kamu bisa menggunakan fitur Linear atau Radial Gradient pada CorelDRAW X7 untuk memberikan efek gradient pada logo kamu. Setelah itu, kamu bisa memilih warna yang sesuai dengan tema brand atau bisnis kamu pada Tabel Warna.

Mengatur Tampilan Logo Kamu

Langkah 12: Menggunakan Fitur Align and Distribute

Setelah menambahkan objek dan mengatur warna pada logo kamu, kamu perlu mengatur tampilan logo kamu agar terlihat lebih rapi. Kamu bisa menggunakan fitur Align and Distribute pada CorelDRAW X7 untuk mengatur posisi objek pada logo kamu. Pastikan objek-logo kamu terlihat rapi dan simetris.

Langkah 13: Menggunakan Fitur Transformasi

Jika kamu ingin mengubah ukuran atau memutar objek pada logo kamu, kamu bisa menggunakan fitur Transformasi pada CorelDRAW X7. Kamu bisa memilih objek yang ingin diubah dan mengklik Transform pada menu atas CorelDRAW X7.

Langkah 14: Menambahkan Bayangan pada Logo Kamu

Salah satu cara untuk membuat logo kamu terlihat lebih hidup adalah dengan menambahkan bayangan. Kamu bisa menambahkan bayangan pada logo kamu dengan cara mengklik Effects -> Drop Shadow pada CorelDRAW X7. Setelah itu, kamu bisa mengatur jarak, sudut, dan opasitas bayangan tersebut.

Langkah 15: Menambahkan Efek pada Logo Kamu

Logo kamu akan terlihat lebih menarik jika kamu menambahkan efek pada objek-logo kamu. Kamu bisa menambahkan efek pada objek-logo kamu dengan mengklik Effects pada menu atas CorelDRAW X7. Beberapa efek yang bisa kamu gunakan diantaranya adalah PowerClip, Envelope, dan Blend.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Cumi Balado Sederhana

Menyimpan dan Ekspor Logo Kamu

Langkah 16: Menyimpan Logo Kamu

Setelah selesai membuat logo kamu, kamu perlu menyimpan logo kamu untuk penggunaan selanjutnya. Kamu bisa menyimpan logo kamu dengan mengklik File -> Save As pada CorelDRAW X7. Pastikan kamu menyimpan logo kamu dalam format vektor seperti .cdr atau .eps.

Langkah 17: Ekspor Logo Kamu

Jika kamu ingin menggunakan logo kamu di media lain seperti web atau cetak, kamu harus meng-ekspor logo kamu ke format yang sesuai. Kamu bisa meng-ekspor logo kamu dengan cara mengklik File -> Export pada CorelDRAW X7. Pastikan kamu meng-ekspor logo kamu ke format yang sesuai seperti .png atau .jpg.

FAQ

Q: Apakah CorelDRAW X7 gratis?

A: Tidak, CorelDRAW X7 adalah software berbayar. Namun, kamu bisa mencoba versi trial secara gratis selama 15 hari.

Q: Apakah CorelDRAW X7 hanya bisa digunakan di Windows?

A: Ya, CorelDRAW X7 hanya bisa digunakan di Windows.

Q: Apakah CorelDRAW X7 sulit digunakan untuk pemula?

A: Tidak, CorelDRAW X7 sangat mudah digunakan dan cocok untuk pemula.

Q: Apakah CorelDRAW X7 bisa digunakan untuk membuat desain selain logo?

A: Ya, CorelDRAW X7 bisa digunakan untuk membuat desain seperti banner, poster, brosur, dan masih banyak lagi.

Q: Apakah saya bisa membuat logo dengan CorelDRAW X7 di laptop dengan spesifikasi rendah?

A: Ya, CorelDRAW X7 bisa digunakan di laptop dengan spesifikasi rendah. Namun, kamu harus memastikan laptop kamu memiliki spesifikasi yang cukup agar tidak mengalami lag atau crash saat menggunakan CorelDRAW X7.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Membuat Logo Sederhana di CorelDRAW X7