Cara Membuat LED Berjalan Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Apa kabar hari ini? Kali ini kita akan membahas cara membuat LED berjalan sederhana. LED atau Light Emitting Diode adalah sebuah perangkat elektronik yang menghasilkan cahaya ketika arus elektrik melewati material semikonduktor di dalamnya.

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai proses pembuatan, pastikan kamu sudah menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan, di antaranya:

Alat
Bahan
Breadboard
LED
Resistor 220 Ohm
Kabel jumper
Listrik 9 Volt
Baterai 9 Volt

Langkah-Langkah Membuat LED Berjalan

1. Siapkan Breadboard dan Kabel Jumper

Pertama-tama, siapkan breadboard dan kabel jumper. Breadboard adalah sebuah papan sirkuit yang memiliki banyak lubang kecil sebagai tempat untuk menempatkan komponen elektronik. Kabel jumper digunakan untuk menghubungkan antar komponen.

2. Pasang LED dan Resistor 220 Ohm

Pasang LED dan resistor 220 Ohm pada breadboard. Pasangkan resistor pada jalur yang berbeda dengan jalur LED, kemudian hubungkan kaki resistor dengan kabel jumper yang terhubung pada baterai (+9V).

3. Hubungkan Kabel Jumper

Hubungkan kabel jumper dari kaki LED yang satu ke kaki LED yang lain, kemudian hubungkan kaki LED yang satu dengan kabel jumper yang terhubung pada baterai (-9V).

4. Sambungkan Baterai dan Breadboard

Sambungkan baterai dengan breadboard. Pastikan polaritas positif (+) pada baterai terhubung ke breadboard yang sesuai, begitu pula dengan polaritas negatif (-).

5. Tes LED yang Sudah Dihubungkan

Setelah semua komponen terhubung, tes LED dengan memutar potensiometer di sekitar breadboard. Jika LED sudah terhubung dengan benar, maka kamu akan melihat cahaya yang bergerak atau berjalan. Jika LED tidak menyala, cek kembali penyambungan antar komponen.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Air Mancur Sederhana

FAQ Tentang Cara Membuat LED Berjalan Sederhana

1. Apa itu LED?

LED atau Light Emitting Diode adalah sebuah perangkat elektronik yang menghasilkan cahaya ketika arus elektrik melewati material semikonduktor di dalamnya.

2. Apa saja alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat LED berjalan sederhana?

Alat dan bahan yang dibutuhkan antara lain breadboard, LED, resistor 220 Ohm, kabel jumper, listrik 9 Volt, dan baterai 9 Volt.

3. Bagaimana cara menghubungkan kaki LED dengan breadboard?

Kaki LED dapat dihubungkan dengan breadboard menggunakan kabel jumper. Hubungkan kaki LED yang satu dengan kaki LED yang lain, kemudian hubungkan kaki LED yang satu dengan kabel jumper yang terhubung pada baterai (-9V).

4. Apa yang harus dilakukan jika LED tidak menyala?

Jika LED tidak menyala, cek kembali penyambungan antar komponen dan pastikan semuanya terhubung dengan benar.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Itulah cara membuat LED berjalan sederhana. Dengan menggunakan alat dan bahan yang sederhana, kamu dapat membuatnya dengan mudah. Jangan ragu untuk mencoba sendiri dan semoga bermanfaat untuk Sobat Sederhana semua. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat LED Berjalan Sederhana